Arjuna Cafe: Bernostalgia dengan Ayam Arjuna dan Kari Ayam Berbumbu Melayu

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 11 Jul 2018 16:54 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Mau mencicip sajian Nusantara yang enak? Datang saja ke sini. Tak hanya makanannya, tempatnya pun antik dengan interior zaman dulu yang unik.

Arjuna Cafe And Photo Studio merupakan salah satu kafe yang berlokasi di Jalan Wijaya Timur 1 No. 6, Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Kafe ini bisa jadi pilihan bersantai sambil makan enak. Kalau sulit menemukannya, Anda bisa berpatokan pada SMP Tarakanita 1.

Arjuna Cafe: Bernostalgia dengan Ayam Arjuna dan Kari Ayam Berbumbu MelayuBagian dalam Arjuna Cafe. Foto: Dok. detikFood

Mulai dari camilan, makanan berat hingga hidangan penutup, semuanya adalah masakan Indonesia. Tak hanya menunya, interior bangunan kafe ini juga lebih mirip dengan rumah tradisional Jawa yang jadul. Dengan konsep 'unfinished', terlihat dari susunan batu bata yang asimetris hingga tembok yang hanya di plamir tanpa cat.

Arjuna Cafe: Bernostalgia dengan Ayam Arjuna dan Kari Ayam Berbumbu MelayuInterior Arjuna Cafe yang unik. Foto: Dok. detikFood

Kami juga disambut dengan tulisan 'Slamet Datang Ya Toean & Njonja' ketika masuk ke kafe ini. Berbentuk seperti rumah, banyak juga hiasan foto iklan zaman dulu hingga teko dan kaleng teh yang antik. Dengan kursi hingga meja kayu jati yang mengingatkan kami pada rumah nenek khas Jawa.

Baca juga: Agneya: Bebek Betutu dan Sate Maranggi Autentik dengan Sentuhan Modern

Melihat buku menunya, hampir semua sajian Indonesia populer ada di sini. Mulai dari Ayam Lengkuas, Ayam Bakar Madu, Kari Ayam, Mie Goreng, Bakso, Soto Ayam, Kari Ayam hingga aneka minuman yang hangat dan dingin.

Arjuna Cafe: Bernostalgia dengan Ayam Arjuna dan Kari Ayam Berbumbu MelayuTempe goreng Arjuna dengan cocolan sambal kecap. Foto: Dok. detikFood

Penasaran dengan makanan beratnya, kami pun memesan Kari Ayam, Tongseng Sapi, Ayam Arjuna dan juga Soto Lesehan. Sambil menunggu makanan datang, kami memutuskan untuk ngemil sepiring Tempe Goreng Arjuna (Rp 30.000). Tempe yang dipotong tipis ini dibalut dengan adonan yang renyah. Tak lupa juga dicocol dengan sambal kecap yang dibuat dengan irisan cabai, bawang merah dan bawang putih.

Kari ayam.Kari ayam. Foto: Dok. detikFood

Menunggu agak lama, akhirnya pesanan kami mendarat di meja. Semangkuk Kari Ayam (Rp 60.000) dengan kuah berwarna oranye membuat perut keroncongan. Potongan daging ayam yang agak besar disajikan dengan kuah kari hangat tentu tak sabar untuk dicoba.

Kuahnya hangat dengan rasa rempah yang mirip dengan kari khas Melayu. Selain ayam, isiannya juga ada potongan kentang, cabai dan taburan daun bawang serta bawang goreng. Enak disantap dengan nasi!

Arjuna Cafe: Bernostalgia dengan Ayam Arjuna dan Kari Ayam Berbumbu MelayuTongseng sapi. Foto: Dok. detikFood

Tongseng sapi (Rp 60.000) disajikan dengan kuah yang cokelat kemerahan. Dengan jejak minyak di atasnya, tongseng ini memiliki rasa gurih dengan paduan kentang, tomat, potongan daging sapi dan cabai merah. Dengan semburat gurih plus pedas lada, tongseng ini enak dinikmati dengan nasi hangat.

Tekstur daging sapinya juga empuk dengan kuah yang mlekoh. Entah mengapa, saat menyeruput kuahnya kami teringat dengan kuah sayur gurih namun dengan paduan santan yang lebih dominan.

Arjuna Cafe: Bernostalgia dengan Ayam Arjuna dan Kari Ayam Berbumbu MelayuSoto Lesehan. Foto: Dok. detikFood

Masih penasaran dengan menu lain? Kami pun mencoba menu baru yang ada di sini. Soto Lesehan (Rp 60.000) dengan isian komplet bisa bikin perut kekenyangan. Isinya berupa bihun, kentang, tauge, suwiran daging ayam, tomat dan kol. Lalu diberi sentuhan irisan daun bawang dan bawang goreng semakin menambah rasa gurih.

Kuah santannya enak dengan warna putih kekuningan. Namun, karena isiannya sangat banyak, membuat kuahnya terserap oleh isiannya. Mungkin jika lebih besar mangkuknya dan kuahnya ditambahkan tentu rasanya akan semakin mantap. Jangan lupa menikmati soto ini dengan tambahan sambal yang pedas dan kucuran jeruk nipis.

Berbeda dengan soto lain, soto lesehan ini disajikan dengan sate jamur dan potongan tempa yang sudah dibumbui kecap dengan sedikit campuran ketumbar. Manis dan gurih!

Arjuna Cafe: Bernostalgia dengan Ayam Arjuna dan Kari Ayam Berbumbu MelayuAyam Arjuna. Foto: Dok. detikFood

Setelah puas dengan sajian berkuah gurih, Anda tak boleh melewatkan Ayam Arjuna (Rp 55.000). Ini jadi menu andalan kafe yang dibuat dari potongan daging ayam goreng yang dipotong kecil kemudian disiram dengan irisan bawang putih, bawang merah, daun bawang serta cabai plus siraman minyak panas. Dagingnya empuk dengan resapan bumbu yang gurih.

Cukup dengan nasi putih, ditambah dengan minyak serta bumbu rasanya sudah enak. Apalagi daging ayamnya yang gurih hingga bumbunya meresap ke dalam tulang. Hmm, enak dan bikin nambah.

Tertarik untuk datang menikmati makanan Nusantara sambil bernostalgia di rumah tradisional? Anda bisa langsung datang ke sini!

Arjuna Cafe And Photo Studio
Jl. Wijaya Timur 1 No. 6
Dharmawangsa, Jakarta Selatan
Telp: (021) 29236163



Kari Ayam hingga Tongseng Sapi Enak Ada di Sini, tonton videonya di 20Detik ya!

[Gambas:Video 20detik]

(lus/odi)