Meradelima: Nikmatnya Sapi Lada Hitam dan Tahu Telur Gaya Peranakan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 20 Jun 2018 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Restoran ini punya sajian paduan China dan Melayu. Sapi lada hitam hingga tahu telur disajikan dengan gaya peranakan yang khas.

Di kawasan Aditiyawarman, Senopati ada restoran Peranakan yang kerap ramai pengunjung. Bernama Meradelima, lokasi restoran berada di hook tepat di seberang restoran Daun Muda.

Restoran ini punya interior klasik khas Peranakan. Dominasi warna merah dengan lemari dan pajangan-pajangan Peranakan terlihat di sini. Naik ke lantai 2, ada beberapa area bersantap privat yang cocok dijadikan lokasi meeting.

Meradelima: Nikmatnya Sapi Lada Hitam dan Tahu Telur Gaya PeranakanFoto: dok. detikFood

Sebenarnya sudah cukup lama restoran ini dikenal di kawasan Pondok Indah. Bisa dibilang restoran peranakan populer di Jakarta. Soal menu, Meradelima menawarkan banyak pilihan. Mulai dari hidangan pembuka, olahan sup, daging ayam, daging sapi, sayuran hingga dessert.

Kami tertarik mencicip Tahu Kedungwuni (Rp 49.500) dari hidangan pembuka untuk mengawali santap siang. Tampilan tahu telur ini begitu cantik karena dadar tahu dilcetak dan ditaruh berdiri. Persis seperti gaya Tahu telor Singapura.

Di atasnya diberi irisan kol dan wortel mentah. Ada juga satu kelopak bunga pink yang mempercantik tampilan tahu telur. Sebegai pelengkap cangkir saji isi kecap diletakkan di samping.

Meradelima: Nikmatnya Sapi Lada Hitam dan Tahu Telur Gaya PeranakanFoto: dok. detikFood

Nyamm! Dadar tahunya tebal dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Rasa gurihnya juga pas dan mengenyangkan. Sayangnya kecap pendamping tahu telur punya aroma kedelai yang sangat kuat. Rasa manisnya juga terlalu legit di lidah kami.

Tampilan Sapi Lada Hitam (Rp 99.500) sederhana dengan potongan daging mungil berwarna cokelat gelap. Berbeda dengan sapi lada hitam gaya China. Ada potongan cakwe garing dan garnish irisan cabai serta bawang putih utuh sebagai pelengkapnya.

Meradelima: Nikmatnya Sapi Lada Hitam dan Tahu Telur Gaya PeranakanFoto: dok. detikFood

Wah! Daging sapinya empuk dan juicy dengan rasa manis pas. Sepertinya restoran menggunakan daging sapi has dalam. Makin enak saat disuap bersama gurih garingnya cakwe. Nasi hangatpun ludes tak bersisa.

Kamu juga tak melewatkan Kecipir (Rp 65.000) di sini. Berupa potongan kecipir yang ditumis bersama cabai, bawang dan jamur. Kecipirnya masih renyah segar dengan sengatan pedas cukup kuat. Pelengkap jamur kancing yang kenyal menambah kenikmatan tumisan ini.

Meradelima: Nikmatnya Sapi Lada Hitam dan Tahu Telur Gaya PeranakanFoto: dok. detikFood

Nah, kalau siang ini melintas di Senopati dan mau mencicip masakan Peranakan, Meradelima bisa dicoba. Agar pasti kebagian tempat, Anda bisa menelepon untuk reservasi dulu.

Meradelima
Jl. Adityawarman No. 47, Senopati
Telepon: 021 7265112

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com