Daun Muda: Buka Puasa Mantap dengan Nasi Goreng Sosis Wagyu dan Ayam Pentol

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 07 Jun 2018 12:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Daun Muda menghadirkan masakan Indonesia dalam tampilan dan rasa memikat. Di sini ada nasi goreng sosis wagyu sampai ayam pentol untuk buka puasa.

Daun Muda Soul Food by Andrea Peresthu hadir sejak Desember lalu di Wolter Monginsidi. Restoran ini dikelola Andrea Peresthu yang sebelumnya sukses menghadirkan restoran Javanegra Gourmet Atelier dan Atico.

Tak seperti di dua restoran itu, pada Daun Muda Andrea fokus menawarkan sajian Indonesia. Chef yang berdarah Palembang menghadirkan masakan daerahnya di Daun Muda. Ada juga menu Manado, pesisir pantai Sumatera dan makanan tradisional Indonesia lain di sini.

Daun Muda: Buka Puasa Mantap dengan Nasi Goreng Sosis Wagyu dan Ayam PentolSalah Satu Sudut Bersantap di Daun Muda (Foto: dok. detikFood)

Bersantap di Daun Muda juga spesial karena suasananya kasual dan homey. Pengunjung bisa melihat langsung proses memasak (live cooking) karena dapur sengaja dihadirkan di tengah restoran.

Soal menu, Daun Muda membaginya berdasarkan kategori Hangat-Hangat Sedap, Cabe-cabean, Sapi & Kambing, Ayam Kampung, Seafood serta Sayur. Porsi hidangan yang besar membuat sajian di sini cocok dimakan beramai-ramai.

Nasi Goreng Sosis Wagyu (Rp 120.000) kami pilih sebagai hidangan utama. Disajikan di piring biru besar, nasi goreng ini bisa dimakan 3-4 orang. Nampak potongan sosis wagyu, orak-arik telur dan taburan bawang goreng di atasnya.

Daun Muda: Buka Puasa Mantap dengan Nasi Goreng Sosis Wagyu dan Ayam PentolNasi Goreng Sosis Wagyu dengan Limpahan Potongan Sosis (Foto: dok. detikFood)

Hmmm.. Nasi goreng ini menguar aroma gurih yang sedap. Tekstur nasinya juga pas, tak terlalu pulen maupun keras untuk nasi goreng gaya kampung. Yang bikin enak adalah jejak rasa daun jeruk pada nasi goreng.

Semakin enak saat diselingi sosis wagyu yang gurih juicy. Ada juga pelengkap sambal cabe ijo dengan jejak jeruk segar dan gurih karena ditambahi ikan teri. Penyempurnanya krenyes renyah emping goreng.

Tergoda yang pedas, kami mencicip Ayam Pentol (Rp 175.000). Berupa setengah ekor ayam kampung yang diasap lalu dibalur bumbu cabe merah. Gurih pedasnya bumbu ini begitu meresap karena kabarnya cabe juga diasap sebelum dicampurkan bersama ayam.

Daun Muda: Buka Puasa Mantap dengan Nasi Goreng Sosis Wagyu dan Ayam PentolAyam Pentol yang Pedas Menyengat Buatan Daun Muda (Foto: dok. detikFood)

Huahh! Rasa pedasnya tak main-main sehingga bisa menambah selera makan. Oh iya, tampilan ayam pentol juga cantik karena diberi garnish tomat ceri, daun kenikir dan leunca.

Seporsi pindang iga sapi (Rp 95.000) juga sayang dilewatkan. Sekitar 3 potong iga sapi ukuran besar 'berendam' dalam kuah merah oranye. Isian lainnya ada kacang panjang, kemangi, nanas dan cabe rawit.

Daun Muda: Buka Puasa Mantap dengan Nasi Goreng Sosis Wagyu dan Ayam PentolPindang Iga yang Asam Segar dari Daun Muda (Foto: dok. detikFood)

Slurpp! Kuah pindang terasa asam segar mirip sayur asem, hanya saja lebih medok. Ada juga sentuhan manis yang enak. Pindang iga memuaskan selera karena daging iganya lembut dan empuk.

Sebagai kudapan puasa, kami mencoba Unjuk Rasa (Rp 55.000). Dessert tradisional ini berupa adonan kulit dadar gulung yang diisi ketan hitam. Diatasnya ditaburi kelapa muda yang gurih.

Daun Muda: Buka Puasa Mantap dengan Nasi Goreng Sosis Wagyu dan Ayam PentolTutup Santapan dengan Unjuk Rasa yang Lembut, Manis dan Dingin (Foto: dok. detikFood)

Yang bikin spesial adalah pelengkap potongan wajik dan es krim kacang merah. Saat semuanya dimakan bersamaan, Unjuk Rasa menghadirkan rasa gurih, manis dan dingin yang enak. Pas untuk membilas mulut.

Pencinta sajian tradisional Indonesia patut menjadikan Daun Muda sebagai pilihan. Sajian yang kami cicip terasa enak semua dengan suasana bersantap yang juga nyaman. Mampir yuk!

Daun Muda Soul Food by Andrea Peresthu
Jl. Wolter Monginsidi No. 2A
Telepon: 0822 97777136



(sob/odi)