Kuliner Depok

Kopium: Uniknya Kopi Creme Brulee dan Ayam Panggang Kopi di Kafe Kekinian Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 30 Apr 2018 17:15 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Kuliner Depok
Depok - Sore ini mau ngopi cantik di Depok? Mampirlah ke Kopium. Interiornya cozy dengan sajian enak seperti kopi cold brew, roasted almond creme brulee sampai ayam panggang bumbu kopi.

Kawasan Margonda Raya, Depok kini dipenuhi banyak coffee shop. Ada yang menyajikan kopi asli Indonesia sampai minuman kopi modern seperti Kopium. Coffee shop ini sudah lebih dulu hadir di Sunter dan Kelapa Gading.

Di Depok, Kopium menempati bangunan ruko berlantai 3 di Jalan Kober. Coffee shop ini menghadirkan suasana kekinian dengan banyak spot foto Instagrammable. Salah satunya sofa garis merah di bagian depan dengan latar mural kucing yang lucu.

Kopium: Uniknya Kopi <i>Creme Brulee</i> dan Ayam Panggang Kopi di Kafe Kekinian IniMural Kucing yang Instagramable di Kopium (Foto: dok. detikFood)

Di dekatnya ada area meracik kopi yang berisi alat-alat penyeduh kopi. Mulai dari mesin kopi sampai alat manual brewing. Kopium juga memajang kemasan kopi Indonesia dan teh organik yang dipakai untuk meracik minuman di sini.

Ada banyak pilihan minuman di Kopium. Untuk kopi terbagi dalam kategori Espresso Base, Manual Brew dan Cold Brew. Tersedia juga minuman cokelat, Thai ice tea dan aneka teh. Makanannya juga tak kalah beragam, bisa memilih dari kategori All Day Breakfast, Heavy Bites dan Lite Bites.

Roasted Almond Creme Brulee (Rp 33.000) dan Cold Brew with Milk and Caramel (Rp 49.000) jadi pilihan kami. Roasted Almond Creme Brulee tersaji hangat, diracik dari sirup almond, kopi Arabica dan susu segar. "Kami pakai 15 gram kopi blend Arabica, mix dari biji kopi Jawa Barat dan Wonosobo," tutur salah seorang pegawai Kopium.

Kopium: Uniknya Kopi <i>Creme Brulee</i> dan Ayam Panggang Kopi di Kafe Kekinian Ini Roasted Almond Creme Brulee yang Menebar Aroma Harum Karamel (Foto: dok. detikFood)

Hmmmm... Roasted Almond Creme Brulee menebar aroma harum khas karamel karena memakai gula aren bubuk yang dibakar. Tekstur kopinya creamy, kental dan lumayan manis. Pencinta kopi susu seperti kami menyukai racikan ini.

Cold Brew with Milk and Caramel tak kalah istimewa. "Cold brew memakai biji kopi yang sebelumnya sudah direndam 4 sampai 6 jam. Diendapkan, diangkat lalu disaring," lanjut pegawai Kopium. Ia lalu meraciknya dengan sirup karamel dan susu segar. Penyajiannya unik karena cold brew memakai botol kaca. Untuk menikmatinya, kopi bisa dituang ke gelas mungil berisi es batu.

Kopium: Uniknya Kopi <i>Creme Brulee</i> dan Ayam Panggang Kopi di Kafe Kekinian IniCold Brew Coffee yang Menyegarkan di Kopium (Foto: dok. detikFood)

Slurrpp! Kopi cold brew ini terasa segar. Kopinya lebih encer dengan jejak kopi yang tak terlalu kuat. Namun rasa manisnya juga tak berlebih, sangat pas untuk pencinta kopi dingin yang tak suka manis.

Santai sore makin lengkap ditemani Coffee Rub Chicken (Rp 55.000). Potongan paha ayam panggang dilumuri saus cokelat kehitaman, dibuat dari espresso dan saus BBQ. Rasa ayamnya gurih sedikit manis. Makin enak karena ayam begitu empuk juicy sehingga tak sulit mengoyak dagingnya.

Kopium: Uniknya Kopi <i>Creme Brulee</i> dan Ayam Panggang Kopi di Kafe Kekinian IniCoffee Rub Chicken, Ayam Panggang dengan Saus BBQ dan Kopi (Foto: dok. detikFood)

Coffee Rub Chicken juga dilengkapi potato wedges dan coleslaw. Keduanya membuat sajian ini makin lengkap mengenyangkan.

Penasaran dengan pasta, Spaghetti Aglio Olio (Rp 45.000) jadi incaran selanjutnya. Nampak potongan daging asap, jamur champignon dan chili flakes terselip di antara pasta. Tekstur pastanya al dente dengan jejak minyak zaitun yang cukup banyak.

Hentakan rasa pedasnya juga terasa meski tak terlalu kuat. Semuanya terimbangi dengan rasa gurih dari pemakaian daging asap dan jamur champignon yang cukup royal.

Kopium: Uniknya Kopi <i>Creme Brulee</i> dan Ayam Panggang Kopi di Kafe Kekinian IniSpaghetti Aglio Olio Buatan Kopium (Foto: dok. detikFood)

Kami menutup santap sore dengan Churros (Rp 28.000). Empat potong churros disusun bertingkat dengan pelengkap es krim vanilla dan saus cokelat. Churros terasa garing, gurih dan renyah. Sangat pas dicelup saus cokelat dan dinikmati bersama es krim vanilla yang dingin lembut. Nyamm!

Nah, kalau kamu penggemar kopi, Kopium Depok ini sayang dilewatkan. Minuman kopinya enak dengan pilihan santapan yang beragam dan nikmat. Mampir yuk!

Kopium
Jalan Margonda Raya Nomor 498
Telepon: 0813 14057788

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Depok