Chinatown Bandung: Jajan Nasi Ayam Hainan dan Kwetiaw Goreng Enak di Kampung China

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 13 Des 2017 17:50 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Chinatown jadi destinasi wisata baru yang digemari di Bandung. Mampir ke sini juga bisa kulineran enak seperti nasi ayam hainan dan kwetiaw goreng.

Wisata di Bandung tak ada habisnya. Usai Kampung Eropa, Kampung Kreatif dan Kampung Akustik, Agustus lalu Bandung resmi punya Chinatown atau Kampung China.

Lokasinya ada di Andir yang memang terkenal sebagai salah satu kawasan Pecinan di Bandung. Bangunan Chinatown sendiri menempati gedung milik Yayasan Perhimpunan Masyarakat Bandung (Permaba), tepat di belakang kompleks kelenteng tertua di Bandung, Vihara Satya Budhi.

Chinatown Bandung: Jajan Nasi Ayam Hainan dan Kwetiaw Goreng Enak di Kampung ChinaSalah Satu Spot Instagramable di Chinatown, Jembatan Merah (Foto: dok. detikFood)

Interior Chinatown begitu Instagramable mulai dari pintu masuk. Semuanya mengusung gaya arsitektur khas China dengan ornamen khas tersebar dimana-mana. Yang menarik, Chinatown juga menghadirkan museum yang menceritakan sejarah suku Tionghoa di Bandung.

Kegiatan lain yang bisa dinikmati pengunjung adalah membeli suvenir dan berfoto dengan kostum tradisional China. Tapi kalau mau sekadar jalan-jalan menikmati suasana saja, juga bisa.

Berkunjung ke Chinatown di akhir pekan, kami membayar tiket masuk Rp 20.000 per orang. Sedangkan kalau akhir biasa cukup Rp 10.000 saja. Harga ini sudah termasuk suvenir untuk pengunjung. Yang kami dapatkan saat berkunjung adalah gantungan kunci.

Chinatown Bandung: Jajan Nasi Ayam Hainan dan Kwetiaw Goreng Enak di Kampung ChinaBanyak Tenant Makanan Tersebar di Chinatown (Foto: dok. detikFood)

Datang dalam keadaan lapar, tentu saja kami mencari kuliner enak di Chinatown. Oh iya, kami tak khawatir soal kehalalan karena semua tenant makanan di sini tidak memakai daging atau minyak babi.

Konsep tenant makanan di sini layaknya food court yang tersebar di beberapa titik. Pengunjung bisa bebas memilih tempat duduk yang ada di area tengah Chinatown atau di depan-depan tenant makanan untuk menikmatinya. Oia, semua tenant di sini hanya menerima pembayaran via kartu.

Nasi Ayam Hainan (Rp 38.000), Siomay (Rp 25.500) dan Pangsit Udang (Rp 25.500) tak kami lewatkan dari gerai Dim Sum dan Nasi Hainan. Semua menu ini ditempatkan dalam wadah kertas sekali pakai. Nampak nasi hainan berwarna kekuningan disajikan dengan potongan paha ayam panggang. Pelengkapnya setengah iris telur rebus dan kecap asin.

Chinatown Bandung: Jajan Nasi Ayam Hainan dan Kwetiaw Goreng Enak di Kampung ChinaNasi Ayam Hainan Bisa Jadi Pilihan Mengenyangkan (Foto: dok. detikFood)

Nasinya menguarkan aroma gurih khas kaldu ayam dan bawang putih. Namun sayang teksturnya sedikit pera. Potongan ayam panggang cukup istimewa karena mirip bebek Peking. Kulitnya tipis garing berwarna kecokelatan. Sementara daging hingga tulangnya amat empuk dengan jejak gurih cukup terasa. Lebih enak saat dicocol ke kecap asin.

Empat potong siomay ayam terasa empuk, gurih dan padat. Ukurannya mungil dan mudah dilahap dalam sekali suap. Untuk versi dim sum goreng, kami cukup terpuaskan dengan pangsit udang. Tiga potong pangsit renyah berisi potongan udang yang juicy. Makin enak dicocol saus sambal dan mayonnaise yang disediakan.

Chinatown Bandung: Jajan Nasi Ayam Hainan dan Kwetiaw Goreng Enak di Kampung ChinaKalau Ini Varian Dim Sum di Chinatown Bandung (Foto: dok. detikFood)

Masih belum kenyang, kami mampir ke gerai Mie, Laksa, Nasi Goreng. Kwetiaw Goreng (Rp 33.000) dan Nasi Goreng (Rp 33.000) jadi pilihan kami. Ukuran dua menu ini ternyata lumayan besar. Meriah dengan tambahan kerupuk dan acar.

Sementara pada nasi goreng ada tambahan telur mata sapi. Nasi gorengnya terasa pulen, manis dan gurih. Bikin kami lahap menghabiskan semuanya. Sementara kwetiaw-nya juga enak dengan tekstur kenyal dan bumbu gurih pedas sesuai permintaan kami.

Chinatown Bandung: Jajan Nasi Ayam Hainan dan Kwetiaw Goreng Enak di Kampung ChinaNasi Goreng yang Sayang Dilewatkan di Chinatown Bandung (Foto: dok. detikFood)

Kalau di Bandung, pastikan mampir ke Chinatown ya. Ada banyak spot Instagramable dan gerai makanan enak menanti untuk dicicip!

Chinatown Bandung
Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung
Telepon: 022 6038114




(adr/adr)