ADVERTISEMENT

blue 8: Nikmatnya Menghirup Secangkir Lapsang Souchong di Keriuhan Jakarta

Odilia Winneke Setiawati - detikFood
Selasa, 24 Mei 2016 17:33 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Terjebak macet dan kesibukan bukan berarti tak bisa menikmati jeda. Secangkir teh lapsang souchong hangat dan kue-kue cantik bisa jadi pelepas stres.

Penggemar teh kini dimanjakan dengan makin banyaknya teh berkualitas dari Jerman dan Prancis. Tentunya dengan 'blending' yang unik dan citarasa menarik.

Cuaca hangat sore hari dan kemacetan yang rutin di jalan membuat kami memutuskan untuk rehat sejenak. Kali ini Afternoon Tea di Blue8 yang jadi destinasi.

Terletak di lantai 5 hotel Mulia Senayan Jakarta tempat ini menawarkan suasana berbeda. Berdinding kaca yang berhadapan langsung dengan kolam renang memberi suasana sejuk. Apalagi interior ditata dengan paduan putih, biru laut dan abu-abu yang homey.

Tersedia dining table dan sofa-sofa dengan bantalan besar. Tentu saja duduk di sofa dengan pemandangan kolam renang dan kebun yang sejuk jadi pilihan kami.

Tempat ini cocok untuk menikmati casual dinner yang santai dan bersuasana tenang. Tak salah pilihan kami. Suasana sejuk dan tenang di sini membuat kami sejenak lupa jika sedang ada di kawasan sibuk di selatan Jakarta.

Dammann Tea, produk tea berkualitas dari Prancis tersedia dalam pilihan fine tea bag dan loose tea. Black tea jenis smoked tea dan flavoured tea. Green tea dengan jenis flavoured tea juga tersedia herbal tea dan infusion tea.

Sedangkan untuk menu kue-kue ada dua pilihan. Indonesia Afternoon Tea dan Classical Afternoon Tea. Keduanya berharga Rp. 220.000 ++ per orang dengan beragam paduan kue manis dan gurih.

Untuk membuat tubuh relaks, kami memilih teh Lapsang Souchong dalam bentuk daun teh untuk diseduh. Karena ingin merintang waktu lebih lama, Calssical Afternoon Tea menjadi pilihan kue-kuenya.

Teh disajikan dalam tea pot stainless steel dan saat dituangkan aroma semerbak teh hitam ini tercium sedap. Teh hitam asal Wuyi, Fujian ini merupakan jenis teh hitam yang unik.

Nama teh ini secara harafiah artinya 'teh asap'. Karena teh ini dalam proses pengeringannya memakai asap batang pohon pinus sehingga jejak aroma smoky-nya tercium lamat-lamat. Warnanya cokelat agak gelap khas teh hitam.

Menu kue-kue afternoon tea disajikan dalam cake tier berbentuk sangkar burung berwarna putih bersusun tiga. Masing-masing diisi dengan beragam cake berbeda. Kami mulai dengan scone yang ada di tingkat terbawah.

Scone kismisnya terasa lembut retak dengan aroma wangi butter. Dioles sedikit Devonshire double cream dan strawberry jam rasanya makin enak. Gurih creamy dan manis asam berpadu di dalam mulut.

Mini apple pienya juga dijejali dengan apel cincang beraroma kayumanis yang tak terlalu manis. Segar renyah. Di tingkat atasnya ada beragam sajian gurih, tea sandwich. Ada 5 pilihan yang disajikan dalam potongan cantik.

Ada yang dibalut smoked beef dengan topping gherkin, berlapis fillet salmon dengan taburan telur salmon. Juga yang berisi omelet Jepang dengan taburan kaviar. Semuanya gurih creamy dengan tekstur renyah yang pas berpadu dengan white bread yang empuk.

Lapsang Souchong, teh klasik memang paling pas mengiringi sajian gurih ini. Aroma lembut asap dan sedikit rasa pahitnya bisa membilas jejak rasa gurih di lidah.

Tetapi saat dihirup dengan iringan cake yang manis pun terasa enak. Kemudian kami beralih dengan chocolate mousse brownies cake yang ada di tingkat paling atas. Creamy cokelatnya terasa lembut mengelus lidah.

Meskipun terlihat banyak, satu per satu beragam cakepun kami nikmati bersama hirupan lapsang souchong yang hangat semerbak. Pemandangan teduh area kolam renang dan suasana tenang sejenak membuat kami lupa matahari mulai beringsut ke barat.

O, ya kalau mau di sini juga ada beragam menu andalan. Mulai dari pasta hingga sandwich dan makanan tradisional. Di hari Jum'at ada menu aneka bir dan sosis. Sedangkan di hari Sabtu malam ada beragam tapas.

Menu Afternoon Tea ini tersedia mulai jam 15.00 sampan jam 18.00. Area di keliling kolam renang juga dilengkapi dengan fasilitas BBQ dan area santap outdoor yang sejuk. Bisa jadi pilihan untuk pesta BBQ keluarga atau hangout bersama teman-teman.

blue8
Poolside Restaurant & Bar
Hotel Mulia Senayan Lantai 5
Jl. Asia Afrika
Jakarta Selatan
Telepon: 021-574-7777 (lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT