Snow-it: Segarnya Bingsu dengan Topping Nanas Plus Cheese Tokpokki Gurih

Maya Safira - detikFood Selasa, 22 Des 2015 18:11 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Ingin menyegarkan suasana dengan es khas Korea? Mampir saja ke kafe spesial bingsu ini. Roti panggang dan tokpokki pun bisa dinikmati bersama es serut.

Di daerah Kemang ada kafe Korea baru yang menarik perhatian. Lokasinya bersebelahan dengan Roti Bakar Kemang.

Dari depan, kafe bernama 'Snow-it' punya tampilan simple dengan dinding bercat putih. Boneka salju bertopi jadi maskot kafe berlantai dua ini. Sesuai dengan nama kafe yang bertema salju.



Ternyata suasana di dalam kafe serupa dengan bagian luarnya. Seluruh meja, kursi hingga dinding kafe ​didominasi​ warna putih. Namun ada bagian yang dihias goresan peta dunia, menunjukkan kota Seoul dan Jakarta. Secara keseluruhan, kafe tampak bersih dan nyaman.

Untuk menunya, Snow-it punya andalan dessert Korea. Aneka jenis bingsu (es serut) tersedia di sini. Ada yang berisi buah, kacang merah, cokelat, Oreo, injeolmi hingga popcorn. Toppingnya pun tampak lucu dan unik, sampai ada yang dihiasi kembang gula besar.

Kami pun memesan Pineapple Bingsoo (Rp 60.000) yang tampil menarik. Bingsu ditempatkan dalam setengah potong​an​ nanas madu yang sudah dikeruk isinya. Sambil menunggu pesanan datang, kami ditemani lagu-lagu Korea.

Tiba di meja, es serut tampil serupa dengan gambar menu. Permukaannya ditutupi topping potongan nanas, raspberry, kismis, dan guyuran susu kental manis. Tak ketinggalan ada satu s​k​op es krim vanilla dan taburan remah ​biskuit hitam​.



Es serut buatan Snow-it bertekstur seperti serpihan salju. Sedikit kasar, tidak langsung lumer di mulut. Bingsu ini cocok berpadu dengan toppingnya. Menghasilkan rasa paduan manis dan asam segar dari buah. Bagi penyuka nanas, dalam tumpukan es serut pun ternyata ada potongan nanas.

Pineapple bingsoo seketika jadi favorit kami karena menawarkan rasa seimbang. Menyantapnya tidak membuat bosan. Tanpa es krim vanilla pun sudah nikmat. Nyam!

Untuk mengisi perut, kami mencoba Cheese Tokpokki (Rp 32.000). Tampak beberapa potong tteok (rice cake) dalam genangan kuah merah. Tteok ditumpuk dengan irisan eomuk (fish cake). Lelehan keju mozzarella menutupi sedikit permukaan tokpokki. ​Wah, aromanya gurih sedap!​



Tak seperti biasa kami makan, kuah tokpokki di sini lebih encer. Rasa kuahnya gurih sedikit pedas karena ada pemakaian bubuk cabai dan gochujang (pasta cabai Korea). Kami duga kuah tokpokki ini sudah ada penyesuaian dengan selera lokal.

Sementara tekstur tteok-nya kenyal enak. Tingkat kematangannya pas. Sedangkan fish cake empuk memberi sedikit aroma ikan pada tokpokki. Namun sayangnya, keju dalam hidangan khas kaki lima Korea ini tidak terlalu banyak.

Snow-it juga punya berbagai variasi roti panggang. Citron Injeolmi Toast (Rp 35.000) jadi pilihan kami kali ini.

Roti panggang berisi injeolmi (sejenis rice cake) yang kenyal. Permukaan toast terlihat diberi irisan kacang almond, bubuk kacang kedelai (konggaru) dan selai jeruk.



Toast ini bertekstur kenyal lengket karena ada injeolmi. Memberi sensasi unik bagi yang pertama mencoba. Rasa gurih mentega juga tercecap pada roti panggang. Berpadu sempurna dengan bubuk kacang yang jadi toppingnya.

Selai jeruknya sendiri mirip marmalade yang sedikit pahit. Irisan kulit jeruk terlihat dalam selai. Bagi kami, pemakaian selai jeruk terasa kurang sesuai dengan keseluruhan roti panggang. Mungkin kami lebih cocok memesan Injeolmi Toast saja.

Nah, belum ada tempat tujuan bersantai sore ini? Coba saja datang ke Snow-it. Anda bisa menggunakan fasilitas Free Wifi sambil menikmati racikan kopi, bingsu atau makanan Korea lainnya.

Snow-it
Jl. Kemang Raya 69B
Kemang
Jakarta Selatan
Telp: 021-7196196
Jam buka: 11.00 - 01.00

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com