Poppies Fish & Chips: Renyah Juicy Fillet Ikan Goreng Tepung Racikan Pops Newland

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 04 Des 2015 16:00 WIB
Foto: detikfood
Jakarta -

Fish and Chips jadi ikon kuliner Inggris. Di tempat ini Anda bisa mencicipi fish and chips legendaris dan terbaik di Inggris. Bagaimana rasanya ya?

Sejak tahun 1952 Pops Newland, pemilik Poppies mulai menjual fish and chips yang hangat mengepul di East End. Kami menyinggahi ouletnya yang ada di kawasan Hawlet Crescent, Camden, London.

Kawasan Camden dikenal sebagai kawasan musik dan street market. Di sepanjang Kentish Town Road dan Hawley Cres dipenuhi dengan outlet baju, pernak-pernik dan peralatan musik rock dan musik alternatif. Pencinta musik bisa berbelanja sovenir dan beragam pernik musik.

Bagunan berlantai dua Poppies nyaris tak terlihat karena ditutup kanopi berwarna hijau lumut, atribut bendera dan mobil Poppies yang diparkir di depannya. Karenanya sangat mudah dikenali.

Wangi gurih ikan goreng langsung terendus saat memasuki restoran ini. Karena dapur semi terbuka yang ada di lantai satu tak henti-hentinya menggoreng ikan. Tak sabar rasanya ingin mencicipi ikan goreng tepung yang tersohor renyah!



Di lantai dua, kami sengaja memilih duduk di ujung dinding kaca supaya bisa melihat lalu-lalang orang di jalanan. Lantai keramiknya bermotif hijau kuning cokelat. Dindingnya dipenuhi dengan memorabilia Pops Newland.

Tumpukan plat piringan hitam, gramaphone, masker gas, foto-foto, beragam plakat pun ditata rapi di keliling tembok. Jika mau, pengunjung bisa melihat masa-masa tahun 1945-1955 yang terwakili oleh benda-benda yang dipajang Pops.

Yang kami pesan tentunya Traditional Fish and Chips. Ada pilihan ikan cod dan ikan haddock dengan ukuran regular (£11.7) dan large (£14.90).

Untuk pilihan lain ada hot seafood platter, calamari rings dan cod roe. Ikan jenis yang lain juga tersedia seperti halibut, sole, mackerel, scampi dan skate.

Buat yang tak suka seafood ada ayam panggang sosis, steak pie, cichken pie dan cornish vegetable pastry. Sambil menunggu fish and chips disajikan, kami menikmati calamari rings.

Calamari rings umumnya dipotong ring kecil dan dibalut adonan tepung yang tebal. Sementara racikan Pops cumi-cumi justru dipotong lebar sekitar 1 cm dan dibalut tepung tipis-tipis kecokelatan.

Disajikan dengan saus tartar yang dikemas dalam botol kecil, seiiris jeruk lemon dan daun peterseli. Rasa cuminya empuk renyah dan tak liat sama sekali. Dikucuri jeruk lemon dan dicocol saus tartar rasanya gurih sedikit asam. Enak benar!



Wah, porsi haddock fish and chips yang kami pesan ternyata cukup besar. Ikannya nyaris keluar dari piring oval dengan pinggiran berwarna hijau merah.

Satu fillet utuh ikan haddock berikut ekornya dibalut adonan tepung kecokelatan. Aromanya sungguh gurih menusuk hidung. Asapnya mengepul saat kami koyak dengan pisau.

Daging ikannya tebal putih dan kokoh teksturnya pertanda ikannya sangat segar. Lapisan tepungnya agak keriting, renyah garing dan melekat erat pada daging ikan. Rasa ikannya gurih alami, rupanya tak dibumbui apapun.

Konon setiap resto punya resep adonan tepung yang berbeda. Namun, lapisan tepung harus renyah garing. Untuk adonan yang mulus gundul dikatakan sebagai gaya Lancashire. Sementara yang ujung adonannya meruncing bergaya Yorkshire.

Menurut tradisi Inggris, ikan goreng umumnya dimakan dengan percikan malt vinegar dan taburan garam. Baru belakangan penjual fish and chips menambahkan saus tartar dan saus tomat khususnya untuk yang dibawa pulang.

Kami mencoba menyantap ikan goreng dengan percikan jeruk lemon dan malt vinegar yang tersedia di meja. Kemudian dicocol dengan saus tartar dan saus tomat yang disediakan dalam kemasan botol mungil.



Saus tartar merupakan saus khas Inggris yang dibuat dari mayonnaise dengan campuran capers, gherkin dan bumbu rempah. Uniknya saus tartar buatan Pops capersnya digerus halus hingga rasanya menyatu dengan mayonnaise. Gurih sedikit asam!

Kentang goreng yang melengkapi fish and chips dipotong ukuran agak tebal dan dibuat sendiri. Gorengannya kuning keemasan. Kentangnya empuk sedikit chewy. Gurihnya menandakan kentangnya segar.

Untuk ikan cod potongan filletnya lebih kecil karena ikan cod dagingnya lebih tebal. Lembut juicy di luar dan garing renyah di luar memberi sensasi enak di mulut. Hasilnya, ikan gorengpun tak tersisa di piring!

Sayang sekali kami tak sempat membeli fish and chips ini untuk dibawa pulang. Padahal kemasan kertas bercetak koran klasik yang masih dipertahankan Poppies bakal bikin sensasi berbeda saat disantap.

Poppies Fish and Chips
30 Hawley Cres
London NW1 8NP
United Kingdom
Telpon: +44-2072670440
Jam Buka : 11.00 - 24.00




(odi/odi)