ADVERTISEMENT

Yuk, Ngemil Pretzel Chewy Aneka Topping Buatan Tante Anne!

- detikFood
Senin, 27 Mei 2013 17:49 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Melewati kios makanan satu ini mungkin akan membuat Anda lapar dan tergoda. Wangi pretzel yang baru digoreng menguap semerbak, bikin ngiler. Sensasinya empuk kenyal dengan harum mentega, ditambah dengan topping aneka rasa. Nyam, nyam!

Pretzel merupakan roti asal Eropa yang memiliki bentuk khas. Adonannya dibentuk memanjang seperti tali, dijalin didekat kedua ujungnya, lalu dilipat ke tengah-tengah lingkaran pretzel. Pretzel berbentuk mirip hati (loop) ini biasanya empuk (soft), sementara pretzel stik biasanya garing (hard).

Pretzel terbuat dari tepung terigu, air, dan ragi. Bisa disajikan tanpa topping maupun dengan topping asin atau manis. Salah satu kios pretzel internasional yang terkenal adalah Auntie Anne's yang berasal dari Amerika Serikat.

Nama Auntie Anne's berasal dari sang pendiri, Anne F. Beiler. Sejak pertama berdiri tahun 1988, kini sudah ada lebih dari 1.330 gerai Auntie Anne's yang berlokasi di AS dan 25 negara lain. Di Indonesia sendiri, cabang pertamanya mulai beroperasi pada 1995.

Sebenarnya saya sudah menyadari keberadaan kios mungil Auntie Anne's di Puri Indah Mall sejak beberapa tahun lalu. Waktu itu pretzel masih asing di telinga saya, sehingga saya mengabaikannya. Namun, kali ini, saya tak bisa menghindar dari wangi pretzel yang baru matang.

Jika Anda mampir, sebaiknya langsung tanya rasa apa saja yang tersedia. Pasalnya, tak semua pilihan di daftar menu ada. Sayapun memilih pretzel original (Rp 9.000), cinnamon sugar (Rp 13.500), parmesan cheese (Rp 13.500), dan almond crunch (Rp 15.000). Masing-masing dimasukkan ke dalam bungkus kertas terpisah.

Wah, wangi pretzel membuat saya tak sabar mencicipinya! Warnanya kuning keemasan dengan permukaan agak mengilat. Teksturnya chewy dengan aroma mentega yang harum. Sebaiknya pretzel ini dinikmati hangat-hangat agar aromanya tercium dan teksturnya tak begitu alot.

Cincangan almond tampak menyebar di pretzel almond crunch, menambahkan tekstur renyah pada pretzel yang chewy. Terjejak kriuk-kriuk taburan gula pasir di antaranya. Rasa manis dan gula pasir yang lebih banyak terdapat pada pretzel cinnamon sugar. Hmm... Wangi kayumanis bubuknya cocok berpadu dengan gurihnya adonan.

Sekilas pretzel parmesan cheese dan almond crunch mirip, namun jika diperhatikan yang keju memiliki bintil-bintil kuning keemasan. Rasanya asin, tak begitu menjadi favorit saya dibanding rasa cinnamon sugar.

Hmm... Saya jadi ingin mencoba lagi varian pretzel yang lain. Konon rasa sour cream & onion, seaweed, dan chocolate eclairsnya juga enak. Kadang-kadang tersedia pretzel dog, sosis berselimut roti pretzel. Lemonade kunonya yang terkenalpun tak kalah bikin penasaran. Wah, buatan Tante Anne memang 'Pretzel Perfect'!


Auntie Anne's
Puri Indah Mall lantai 1, Kembangan
Jakarta Barat
Telepon: 021-5822354

Taman Anggrek Mall lantai basement
Jakarta Barat
Telepon: 021-5639091

Pondok Indah Mall
Jakarta Selatan

Paris Van Java Mall
Bandung

(fit/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT