detikfood

Selasa, 10/07/2012 14:00 WIB

Kentang Bakar

detikFood
Kentang Bakar FOTO: detikFood

Setiap belanja pasar untuk stok isi kulkas, salah satu bahan makanan yang nggak ketinggalan aku beli adalah kentang. Karena kentang ini bisa di olah jadi rupa rupa makanan deh. Bisa jadi lauk atau untuk snack anak anak. Kentang ini biasa ikut serta kalau bikin daging balado atau soto ayam . Sering juga temenan sama wortel jadi isi pastel. Di bikin donat kentang yang lembuuut siapa biasa nolak coba? Pokok nya masih banyaaak banget penganan yang bisa di buat dari kentang. Nah beberapa hari lalu di milis ada yang posting resep baked potatao. Biasanya sih kalau bikin baked potato ya dari kentang utuh yang di bungkus alumunium foil trus di oven sampai merekah. Baru di siram saus daging di tambah keju yang banyak.. Kalau ini beda cara bikin nya. Kentang di kukus dan di potong kasar,di kasih saus daging, saus keju di tabur smoke beef dan keju slice. Wiiih baru baca resep nya aja udah kebayang pasti anaku sing wedok doyaaaan pasti. kentang bakar ini bikin nya di pyrex atau loyang gitu...mirip lasagna deh. Tapi aku kali ini ngga pake bahan taburan karean di kulkas ngga ada :P yang mau bikin monggo ini resep nya

Bahan:
  • 6 Kentang di kukus , potong kasar
  • Saus Daging:
  • 2 sdm mentega
  • 4 siung bawang putih di cincang
  • 1 bawang bombay di cincang
  • 250g daging giling
  • 1 botol kecil saus tomat
  • 2 tomat segar di cincang
  • garam merica
  • oregano daun basil
  • 50 ml air
  • Saus Keju:
  • 250 ml susu cair
  • 2 sdm mentega
  • 2 sdm terigu
  • 200 gr keju parut
  • garam merica
  • Taburan :
  • 3 lemabar smoke beef iris tipis
  • 5 lembar keju slice/ easy melt
Cara Membuat:
  • Saus daging:
  • tumis bawan gputih dan bombay samapi harum. masukkan daging aduk sampai berubah warna. beri air saus tomat , tomat segar dan bumbu. Masak sampai matang.
  • Saus keju:
  • lelehkan mentega masukkan terigu, aduk sampai bergumpal.Tuang susu sedikit sedikt sambil di aduk dengan baloon wisk. Beri keju aduk terus sampai matang dan mengental
  • Penyelesaian:
  • Taru kentan yang sudah di potong kasar di dalam pyrex Tuang saus daging di atas nya. tutup dengan saus keju. Kasih bahan taburan. Oven selama 25-30 menit.
Sajian untuk 3 porsi.




Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).