detikfood

Rabu, 26/07/2017 18:16 WIB

Brunch Kekinian

Pilihan Menu Brunch Gaya Barat di Kafe Kini Makin Digemari

Maya Safira - detikFood
Pilihan Menu Brunch Gaya Barat di Kafe Kini Makin Digemari Foto: iStock
Menu breakfast dan brunch gaya barat semakin mudah ditemui di kafe-kafe. Pilihannya beragam mulai dari salad segar hingga egg benedict.

Keberadaan kafe saat ini tidak sekedar untuk tempat nongkrong sambil menikmati kopi. Sejak waktu sarapan dan jelang makan siang, sebagian besar kafe sudah beroperasi.

Sebab gaya hidup masyarakat perkotaan menuntut keberadaan tempat untuk makan di pagi hari. Baik sebelum berangkat kantor maupun saat menjelang makan siang.

Pilihan Menu Brunch Gaya Barat di Kafe Kini Makin DigemariFoto: iStock


Baca juga: Menurut 2 Celebrity Chef Ini, 'Breakfast' dan 'Brunch' Beda Menu dan Waktu

Istilah brunch memang kini makin populer. Singkatan dari breakfast dan lunch ini berarti kegiatan makan yang berlangsung antara jam sarapan dan jam makan siang. Sekitar pukul 10.00 sampai 14.00. Berbeda dengan breakfast yang dilakukan lebih pagi.

Makanan saat brunch biasa tidak terlalu berat, tapi tak terlampau ringan. Misalnya saja egg benedict yang memadukan poached egg dengan English muffin, bacon dan hollandaise sauce.

Pilihan Menu Brunch Gaya Barat di Kafe Kini Makin DigemariFoto: iStock


Selain itu, salad, burger atau croque monsieur juga bisa jadi pilihan. Bagi penganut gaya hidup sehat, terdapat pula smoothie bowls aneka topping untuk sarapan atau brunch.

Sebagai teman makan, kafe menyediakan minuman seperti kopi. Termasuk latte, cappuccino, hingga flat white. Begitu juga dengan teh.

Di Jakarta, semakin banyak kafe yang mengusung menu all day breakfast dan brunch. Ada yang mendapat sentuhan Australia, Amerika atau Eropa. Tapi sebagian besar punya menu barat tak jauh berbeda.

Pilihan Menu Brunch Gaya Barat di Kafe Kini Makin DigemariFoto: iStock


Australia, khususnya kota Melbourne, ikut memberi pengaruh pada beberapa kafe di sini. Sebab masyarakat Melbourne memang makin dikenal dengan budaya ngopi. Makanan tentunya jadi pendamping menyesap kopi di sana.

Kalau dulu biasanya brunch hanya disajikan di hari Sabtu dan Minggu dan dikenal dengan Sunday Brunch. Kini di kota besar, hampir semua kafe punya brunch meskipun tak selengkap Sunday Brunch.

Baca juga: Ini 6 Kafe di Jakarta Selatan yang Mulai Buka Jam 7 Pagi

Dalam ulasan khusus Detikfood, akan dibahas lebih lanjut mengenai konsep brunch. Tidak hanya itu, ada juga rekomendasi tempat enak untuk menikmati menu brunch seperti egg benedict hingga kopi.
(odi/msa)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan