detikfood

Senin, 20/03/2017 17:41 WIB

Mencicip Salad Putri Dewi dan Pisang Bakar Keju di Plataran Menteng

Lusiana Mustinda - detikFood
Mencicip Salad Putri Dewi dan Pisang Bakar Keju di Plataran Menteng Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Ada beragam hidangan tradisional dan kolonial di sini. Mulai dari salad putri dewi hingga ayam dharmawangsa dengan serutan mangga muda.

Restoran Plataran membuka cabang di Jalan H.O.S Cokroaminoto No. 42, Menteng, Anda bisa menemukan restoran berkonsep kolonial dengan sentuhan Jawa. Terdiri dari tiga lantai, restoran fine dining ini juga punya area rooftop yang berada di bagian paling atas gedung.

Dibuka sejak awal bulan Maret 2017, antusiasme pengunjung sangat tinggi. Hal ini terlihat dari ramainya pengunjung yang datang untuk menikmati makanan serta berkeliling dan berfoto di area restoran.

Mencicip Salad Putri Dewi dan Pisang Bakar Keju di Plataran MentengFoto: Plataran Menteng
Kami disambut oleh penerima tamu dengan pakaian khas Jawa yang anggun. Di lantai pertama juga tampak tatanan meja serta kursi kayu yang menempati 2 area dining dan 2 area privat.

Mencicip Salad Putri Dewi dan Pisang Bakar Keju di Plataran MentengFoto: Lusiana Mustinda/detikFood
Di area tengah juga tampak sebuah pohon mangga besar. Tidak hanya rindang, tapi juga cukup menenangkan karena terdengan kicauan burung dengan jajaran bunga anggrek putih yang cantik.

Mampir ke sini tak lengkap tanpa mencicip menu makannya yang spesial. "Salah satu yang menjadi signature menu adalah mutumanikam, salad putri dewi, bola-bola cokro, bebek mawur hingga oseng-oseng pucuk labu," jelas Theresa Yudistira, Corporate Marketing Communications Manager Plataran Hotel and Resorts kepada detikFood (17/03).

Mencicip Salad Putri Dewi dan Pisang Bakar Keju di Plataran MentengFoto: Lusiana Mustinda/detikFood
Sambil menunggu makanan yang dipesan datang, seluruh para tamu restoran akan disuguhi welcome snack yaitu keripik ubi oranye dan ungu yang dipadu dengan jenis sambal. Keripik yang renyah makin enak dicocol dengan sambal honje dan sambal bawang.

Salad putri dewi jadi sajian pembuka yang segar. Potongan jambu biji dan bengkuang yang dipotong memanjang sangat cocok dinikmati bersama dengan potongan tomat ceri dan saus asam pedas.

Mencicip Salad Putri Dewi dan Pisang Bakar Keju di Plataran MentengFoto: salad putri dewi
Kuah saladnya terasa segar dengan perasan jeruk nipis. Ada tekstur crunchy saat dimakan karena dipadu dengan cincangan kacang panggang, pomelo serta semburat rasa aromatik dari kecombrang. Segar!

Walaupun terbuat dari bahan asli Indonesia, akan tetapi sajian salad ini dikreasikan dengan perpaduan pengaruh dari Thailand sehingga memiliki citarasa yang unik tapi tetap autentik.

Oseng-oseng pucuk labu dan ayam dharmawangsa jadi menu utama yang wajib Anda cicip. Potongan daging ayam tanpa tulang digoreng dengan lapisan adonan tepung. Teksturnya yang renyah semakin enak ditambah dengan serutan buah mangga dan pepaya muda.

Selain gurih, sajian yang satu ini juga tercecap citarasa manis dan asam yang berasal dari saus serta taburan pomelo yang cocok dimakan bersama dengan nasi hangat.

Mencicip Salad Putri Dewi dan Pisang Bakar Keju di Plataran MentengFoto: oseng-oseng pucuk labu.
Suka dengan sayuran tumis? Cobalah oseng-oseng pucuk labu. Pucuk labu yang renyah dimasak dengan bumbu bawang putih, cabai serta tauco sehingga rasanya gurih enak. Makin segar ditambah dengan potongan tomat ceri yang menambah sensasi rasa umami.

Puas mencicip hidangan yang gurih, seporsi pisang bakar plataran dengan lapisan keju cheddar panggang cocok dinikmati bersama dengan smoothies ataupun mocktail yang segar.

Mencicip Salad Putri Dewi dan Pisang Bakar Keju di Plataran MentengFoto: Pisang bakar plataran
Potongan buah pisang yang manis lembut dilapisi dengan keju cheddar yang gurih. Yang enak dan seimbang saat dicocol dengan saus karamel yang manis. Mantap!

Bagi Anda yang membawa anak-anak, ada juga ice cream corner yang bisa jadi tempat si kecil berkreasi dengan es krimnya sambil bermain di area tengah.

Restoran berkapasitas sekitar 450 orang ini juga dilengkapi dengan musholla serta bisa digunakan untuk tempat acara seperti arisan, lamaran hingga pernikahan. Yuk, mampir untuk bersantai sambil menikmati makanan enak!
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan