detikfood
Kamis, 09/03/2017 12:55 WIB

RM Sepakat: Lamak Nian, Gulai Gajebo Legendaris Berpadu dengan Nasi Hangat!

Lusiana Mustinda - detikFood
RM Sepakat: Lamak Nian, Gulai Gajebo Legendaris Berpadu dengan Nasi Hangat! Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Masakan Minang tak pernah gagal puaskan selera. Mampir ke rumah makan legendaris ini, Anda wajib mencoba gulai gajebo dan ikan bakar berbumbu gurih. Mantap!

Ada beberapa rumah makan legendaris Minang yang tersebar di Jakarta. Salah satunya adalah RM Sepakat yang didirikan oleh H. Samsidar bersama dengan almarhum suaminya sekitar tahun 1967 di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan.

"Pertama kali buka itu dulu masih warung, sekitar tahun 1967 di daerah Panglima Polim. Dan baru pindah ke blok M sekitar tahun 70-an," jelas Yanuar kepada detikFood.

RM Sepakat: Lamak Nian, Gulai Gajebo Legendaris Berpadu dengan Nasi Hangat!Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Usaha rumah makan ini merupakan usaha keluarga yang kini dikelola oleh generasi kedua. Sudah berdiri puluhan tahun, kunci kesuksesannya adalah dengan mengedepankan kualitas bumbu. "Kalau yang masak sudah orang lain, tapi bumbunya kita buat sendiri dan sekarang masih dibuat oleh ibu. Jadi petugas yang masak tinggal mencampurnya," ungkap Yanuar.

Mampir di siang hari, rumah makan ini rupanya ramai dipadati para pekerja kantor yang sedang makan siang. Berada di lantai dua, Anda dapat memilih jajaran lauk yang ada di dalam etalase kaca.

Lauknya terdiri dari ayam gulai, ayam balado, ikan bawal bakar, gulai kepala kakap, gulai otak, gulai gajebo, tunjang, telur dadar, paru goreng hingga rendang.

Seusai memesan, para karyawanpun akan dengan sigap mengantarkan pesanan Anda ke meja. Datang ke rumah makan ini, Anda wajib mencicip sajian lauk yang jadi juaranya. Ada gulai gajebo dan ikan bawal bakar.

Kami akhirnya memesan nasi putih lengkap dan gulai gajebo (Rp 26.000), nasi putih lengkap dan gulai ayam (Rp 26.000) dan ikan bawal bakar (Rp 18.000).

RM Sepakat: Lamak Nian, Gulai Gajebo Legendaris Berpadu dengan Nasi Hangat!Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Gulai gajebo, ayam gulai dan ikan bakar disajikan dalam piring kecil. Dan disusul dengan sepiring nasi putih dengan pelengkap sayur daun singkong, siraman kuah gulai, bumbu rendang dan sambal ijo. Hmm, aroma sedap gurih dari perpaduan sajian ini sudah tercium samar.

Kalau mau makan gulai gajebo enak ya di sini tempatnya. Gulai gajebo ini terbuat dari sandung lamur yang dimasak asam padeh. Sajian ini juga disebut-sebut sangat langka ditemukan di Jakarta.

Kuahnya oranye kemerahan, dengan sedikit sebaran minyak yang ada di permukaan kuah. Tidak dimasak dengan santan, rasa kuahnya gurih dan segar dengan semburat asam yang ringan. Potongan daging berlemak yang lembut terasa sangat lembut dan sangat gurih.

RM Sepakat: Lamak Nian, Gulai Gajebo Legendaris Berpadu dengan Nasi Hangat!Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Sedangkan ikan bawal lautnya juga tak kalah nikmat. Potongan ikan berukuran sedang memiliki daging yang tebal. Tanpa duri kecil, ikan ini dimasak dengan lapisan bumbu gurih enak dan memiliki citarasa aroma bakar yang khas.

Tekstur dagingnya lembut dan gurih hingga bagian dalamnya. Sangat cocok jadi pendamping nasi hangat yang pas. Kami juga menikmatinya dengan sambal ijo yang pedas dengan sedikit kuah asam padeh yang gurih. Amboi, lamak nian!

Penasaran dengan tampilan gulai yang menggoda selera, kamipun turut mencicip gulai ayam dengan kuah berwarna cokelat. Potongan ayam bagian paha dengan balutan bumbu cokelat yang kental ini tampak menggiurkan. Tekstur daging ayam yang empuk sangat pas di sajikan dengan kuah kental kaya rempah.

RM Sepakat: Lamak Nian, Gulai Gajebo Legendaris Berpadu dengan Nasi Hangat!Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
"Gulai di sini memang agak berbeda karena penggunaan bumbu rempah yang banyak. Dalam proses pemasakan, ayam dimasak setengah matang dan kemudian baruah dicampur dengan bumbu gulai hingga meresap," jelas salah satu karyawan.

Memiliki dua cabang, RM Sepakat tidak hanya bisa Anda temui di kawasan Blok M tapi juga Pasar Mayestik. "Semua masakan di masak di dapur sentral yang berada di kawasan blok A. Setelah matang, masakan langsung di kirim ke cabang Blok M dan juga Mayestik," ujar salah satu karyawan.

Selain ketiga makanan ini, kami juga sangat menyukai bumbu rendangnya. Bumbu rendang dan santan yang sudah menyatu hasilkan citarasa gurih dengan semburat aroma daging. Sehingga sangat cocok jadi pelengkap hidangan nasi siang dan aneka jajaran lauk nikmat siang ini.

Jika siang ini ingin puaskan selera dengan sajian Minang, mampirlah ke sini. Pilihan lauknya lengkap dan juga ada gulai gajebo spesial dan ikan bakar bawal yang wajib Anda coba. Yuk, mampir!

RM. Sepakat
Jl. Melawai IX Blok M No. 165
Telp: (021) 7204712
Buka: 9.30-15.30 WIB


(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close