ADVERTISEMENT

Nikmatnya Ayam Goreng Laos Khas Balesaji yang Kaya Rasa

Malikha E - detikFood
Kamis, 11 Agu 2022 14:30 WIB
Ayam goreng lengkuas
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma
Banyuwangi -

Kabar gembira buat para pencinta kuliner di Banyuwangi, maupun yang hobi traveling ke Banyuwangi karena ada restoran baru bernama Balesaji Traditional Food. Restoran ini berdiri sejak April 2021, mengusung konsep berbeda dengan restoran lainnya karena menyuguhkan beragam hidangan mulai dari kuliner tradisional Nusantara hingga kuliner khas mancanegara.

Pada 13 Desember 2021 lalu, restoran yang buka setiap hari pukul 10:00 – 21:00 ini menyabet penghargaan sebagai The Best Serving Cafe untuk kategori Indoors dalam event Kafe Kontes 2021 yang digelar oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banyuwangi bersama Jawa Pos Radar Banyuwangi.

Sejak dari luar, mata ini sudah dimanjakan dengan eksterior hingga interior restoran. Kekaguman ini berlanjut ketika melihat bagian outdoor dengan ayunan sebagai kursi yang mengelilingi meja.

Sajikan kuliner Nusantara hingga Mancanegara

Salah satu menu yang saya pesan yaitu nasi ayam goreng laos. Begitu pramusaji menghidangkan, tercium aroma rempah yang kuat. Sajian seharga Rp 40.000 ini berupa ayam kampung goreng, ditemani nasi putih bersanding dengan serbuk laos (lengkuas) khas Balesaji. Ada juga tempe dan tahu bacem, lalapan rebus berupa kacang panjang dan kol, dan tak ketinggalan mentimun sebagai pelengkap.

Ayam goreng berempah ini lalu dilengkapi sambal ijo. Ayamnya digoreng kering dan rasa gurih dari bumbu yang menempel meresap sempurna membuat ketagihan.

Yang saya sukai menunya sangat bervariasi, di sini tersedia makanan Nusantara seperti nasi ayam panggang Balesaji, nasi ayam goreng laos Balesaji, nasi bebek goreng laos Balesaji, ayam rempah, bebek rempah, nasi iga bakar, nasi iga sambal ijo, sego tempong, nasi Madura, ayam Taliwang, nasi empal dabu-dabu, hingga iwak pari kuah santan.

Pengunjung juga bisa memilih kuliner Timur Tengah berupa nasi goreng Timur Tengah dan kuliner India yaitu roti canai. Lidah pengunjung masih juga dimanjakan dengan aneka pilihan Western food di antaranya fish jhon, fish and chip, spaghetti Bolognese, spaghetti chicken carbonara, Australian sirloin steak, dan striploin steak.

Ada lagi yang menarik, menu udang goreng yang bisa dipilih untuk dimasak dengan siraman saus telur asin. Saus ini awalnya dikenal berbalut dengan hidangan laut seperti kepiting, cumi, udang yang disajikan di restoran Chinese food. Atau bisa pilih berbumbu cabe garam, bumbu khas Bandung yang diadaptasi dari Tiongkok.

Tak kalah menggoda, saus Thermidor khas Prancis turut hadir dalam daftar pilihan untuk melumuri udang goreng. Sesuai dengan jargonnya, "Sebuah karya citarasa" yang terpampang di banner.

Harga dan Lokasi

Harga menu makanan mulai Rp25.000 - Rp125.000. Bagi yang ingin nongkrong saja tersedia makanan ringan yang dibanderol Rp20.000 - Rp25.000 seperti tahu petis, tahu walik, tempe kress, pisang goreng Balesaji, kentang goreng keju, dan lumpia udang. Sedangkan minumannya mulai Rp6.000 - Rp20.000.

Tertarik mencicipinya? Segera meluncur ke restoran ini yang berjarak sekitar lima kilometer dari pusat kota Banyuwangi, berlokasi di jalan utama antara Bandara Blimbingsari dengan Banyuwangi Kota, tepatnya di Jalan Raya Jember KM. 8 Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi, bersebelahan dengan eL Hotel Royale Banyuwangi.

Nama Tempat MakanBalesaji Traditional Food
AlamatJalan Raya Jember KM. 8 Desa Dadapan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi
Bersebelahan dengan eL Hotel Royale Banyuwangi
No Telp0812-2121-1001
Jam Operasional10.00-21.00
Estimasi HargaRp25.000 - Rp125.000
Tipe KulinerMasakan tradisional, Barat, hingga Timur Tengah
Fasilitas
  • Suasana bersantap nyaman
  • Area outdoor yang luas
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT