Jajan Baso Bening Si Abah yang Tersohor di Gang Aut Bogor

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 27 Mar 2021 14:00 WIB
Jajan Baso Bening Si Abah yang Tersohor di Gang Aut Bogor Foto: detikFood
Bogor -

Jadi incaran para food vlogger. Baso Bening si Abah di Gang Aut ini jadi salah satu destinasi jajanan enak populer di wilayah Suryakencana, Bogor.

Kalau sedang jalan-jalan di sekitar Bogor, dan mau cari jajanan enak yang murah. Wajib mampir ke Baso Bening si Abah di wilayah Suryakencana.

Tempat makan bakso khas Bogor ini letaknya persis di pertigaan jalan Roda. Tak jauh dari tempat Martabak Encek yang legendaris.

Bermodalkan gerobak kecil sederhana, setiap harinya Baso Bening si Abah ini bisa menjual ratusan porsi bakso. Sang penjual akrab disapa sebagai 'Si Abah' sudah berjualan lebih dari sepuluh tahun lamanya.

"Banyak food vlogger yang datang, baso ini sudah ada di YouTube, Instagram sampai TikTok," jelas Abah sambil melayani pesanan pembeli.

Mulai dari bakso, tahu hingga kuah semuanya diracik sendiri setiap harinya. Berikut uraiannya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Makanan Enak Ini Juga Ada di Suryakencana


Menu Bakso khas Bogor

Jajan Baso Bening Si Abah yang Tersohor di Gang Aut BogorJajan Baso Bening Si Abah yang Tersohor di Gang Aut Bogor Foto: detikFood

Tak sulit menemukan pedagangan baso bening di Bogor. Terutama di sepanjang jalan Suryakencana yang terkenal dengan aneka kulinernya yang beragam. Menurut Abah, baso bening ini merupakan baso khas Bogor.

"Kenapa namanya baso bukan bakso? Karena kalau di Bogor itu orang-orang sebutnya baso, terus kuahnya itu bening tidak terlalu berlemak," jelas Abah.

Di sini kamu tidak akan menemukan tauge atau sawi. Menu pelengkap baso bening ini yang paling populer ada kwetiaw dan mie kuning telur.


Dibuat Yamin atau Kuah

Jajan Baso Bening Si Abah yang Tersohor di Gang Aut BogorJajan Baso Bening Si Abah yang Tersohor di Gang Aut Bogor Foto: detikFood

Bagi penggemar mie yamin, wajib coba kwetiaw yamin baso (Rp 15.000). Si Abah menggunakan kwetiaw basah yang direbus sebentar di dalam kuah baso, kemudian diangkat hingga teksturnya kenyal dan tidak lembek.

Kemudian kwetiaw diracik dengan minyak wijen, kecap asin dan kecap manis hingga tambahan bumbu lainnya. Baru dituangkan baso dan tahu bakso. Bisa juga ditambahkan dengan sambal rawit cair ekstra pedas sesuai selera.

Sementara untuk kwetiaw kuah, proses pembuatannya sama. Hanya saja tidak menggunakan kecap manis, dan ditambah dengan kuah. Keduanya punya rasa yang enak dengan porsi kwetiaw yang mengenyangkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Bakso Tulang Iga yang Kenyal di Sawangan Depok"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com