Kuliner Bogor Ikonik & Klasik

Jarang Diketahui, 5 Makanan Enak Ini Juga Ada di Suryakencana

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 30 Okt 2020 10:00 WIB
Kuliner Suryakencana yang Jarang Diketahui Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Suryakencana terkenal sebagai surga kuliner di Bogor. Selain soto kuning yang jadi incaran, ini 5 makanan yang jarang terekspos di Suryakencana. Rasanya tak kalah enak!

Bicara soal kuliner di Bogor, kawasan Pecinan Suryakencana dikenal sebagai surganya. Bagi pencinta kuliner, kawasan ini wajib dikunjungi karena akan memanjakan perut dengan ragam makanannya.

Yang paling jadi incaran di sini adalah soto kuning. Mulai dari gerobakan pinggir jalan, hingga sudah punya gerai luas.

Tapi, tak hanya itu saja karena banyak ragam kuliner lain yang jarang terekspos di Suryakencana. Ada combro yang garing nikmat hingga lumpia basah yang sedap.

Berikut 5 makanan yang jarang terekspos di Suryakencana:

1. Lumpia Basah Gang Aut

Kuliner Suryakencana yang Jarang DiketahuiKuliner Suryakencana yang Jarang Diketahui Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Lumpia basah sangat populer di Jawa Barat dan Semarang. Namun tentunya berbeda. Ciri khas lumpia basah di Bogor adalah menggunakan bengkuang dan kulit lumpianya tidak dilumuri adonan sagu gula merah.

Salah satu penjual lumpia basah paling nikmat di Suryakencana adalah yang menggunakan gerobak hijau. Berada di kawasan Gang Aut di depan penjual manisan. Lumpia Basah Gang Aut ini sudah berjualan sejak tahun 1972.

Kulit lumpianya pun cukup tebal dan diproduksi sendiri. Untuk isiannya ada telur, tauge, bengkuang dan tahu yang telah dihaluskan. Untuk memasaknya pun masih menggunakan arang, jadi rasanya jelas lebih sedap.

Saat detikFood berkunjung, penjual Lumpia Basah Gang Aut ini mengaku bisa habiskan 100 porsi tiap hari. Lalu menjelang akhir pekan, bisa sampai 200 porsi lebih. Satu porsinya Rp 15.000, ukuranya cukup besar dan bisa mengenyangkan.

Baca Juga: Legendaris! 5 Tempat Makan Ini Jadi Langganan Presiden Jokowi

2. Combro Atmajaya

Kuliner Suryakencana yang Jarang DiketahuiKuliner Suryakencana yang Jarang Diketahui Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Combro juga salah satu makanan khas Bogor. Berupa singkong yang diparut lalu diberikan isian oncom yang telah diolah dengan bumbu pedas. Kemudian digoreng sampai teksturnya renyah.

Saat detikFood berkunjung ke Suryakencana langsung tertuju pada penjual combro dengan gerobak cokelat tak jauh dari Lumpia Basah Gang Aut. Namanya Combro Atmajaya yang sudah berjualan sejak tahun 1997.

Combro di sini sangat segar karena langsung dibuat. Gigitan pertama teksturnya sangat renyah, rasa oncomnya juga tak terlalu pedas. Jadi nikmat ketika disantap.

Minyak gorengnya juga sangat bersih ketika kami membelinya. Satu combrong dibanderol harga Rp 5.000. Tak heran kalau harganya cukup tinggi karena kualitasnya juga baik.

Dalam sehari penjualnya mengaku bisa menghabiskan 300 pcs combro. Kalau dikalkulasikan, omzetnya mencapai Rp 1,5 juta dalam sehari. Kalau penasaran rasanya, bisa langsung cicipi ya!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video " Ngopi Syahdu Ditemani Pemandangan Hutan Pinus"
[Gambas:Video 20detik]