Review Battle

Tongseng Kambing khas Solo dari 3 Resto di Jakarta, Mana yang Juara?

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 11 Des 2020 17:00 WIB
tongseng pak agus Foto: detikFood
Jakarta -

Tongseng kambing jadi pilihan tepat untuk santap siang ataupun malam. Kami menghadirkan tongseng kambing khas Solo dari 3 tempat makan di Jakarta. Mana yang rasanya jadi favorit?

Kota Solo di Jawa Tengah tak hanya terkenal dengan sate kambing dan tengklengnya saja, tapi juga tongseng. Tongseng kambing khas Solo punya rasa gurih, manis, dan agak pedas.

Biasanya untuk campuran tongseng kambing ini ada irisan kol dan tomat hijau. Tongseng kambing dimasak dengan beragam bumbu rempah dan kecap manis. Ada juga yang menggunakan santan sebagai campurannya.

Adu Rasa 3 Tongseng Kambing di JakartaAdu Rasa 3 Tongseng Kambing di Jakarta Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kami telah menyediakan tongseng kambing khas solo dari 3 tempat makan di Jakarta. Pertama ada dari Warung Tongseng & Sate Solo Bu Putri, Warung Sate Solo Pak Hadi, dan Warung Sate Solo Pak Min.

Tongseng kambing dari Warung Tongseng & Sate Solo Bu Putri porsinya sedang. Campuran kol dan tomat hijaunya lumayan banyak dan masih garing.

Potongan kambing yang digunakan juga cukup besar dan kuahnya kental. Tongseng kambing ini kami beli via ojek online dengan harga Rp 27.000 dan kami berikan kode A.

Baca Juga: Review Battle : Adu Enak Mie Goreng Oriental dari 3 Restoran China di Jakarta

Selanjutnya tongseng kambing dari Warung Sate Pak Hadi. Porsinya sedang dengan campuran kol dan tomat hijau yang melimpah.

Potongan daging kambingnya juga cukup besar. Kuah tongseng kambing ini agak pucat berwarna kuning kehijauan. Tongseng kambing ini kami beli via ojek online dengan harga Rp 26.000 dan kami berikan kode B.

Terakhir ada tongseng kambing dari Warung Sate Solo Pak Min. Tongseng di sini porsinya sedikit, campuran kol dan tomat hijaunya juga tak begitu banyak dan diiris tipis.

Lalu, potongan daging kambingnya juga lebih kecil dari yang sebelumnya dan kuahnya lebih pekat. Tongseng kambing ini kami beli via ojek online dengan harga Rp 24.000, dan kami berikan kode C.

Untuk menentukan mana tongseng kambing khas Solo yang paling enak, detikFood meminta tiga orang yaitu Kiki, Regi, dan Gresnia untuk menilai rasanya. Kira-kira tongseng kambing mana yang paling enak?

Pendapat Kiki

Adu Rasa 3 Tongseng Kambing di JakartaAdu Rasa 3 Tongseng Kambing di Jakarta Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kami meminta bantuan Kiki, reporter detikcom, untuk menentukan tongseng kambing mana yang paling enak. Kiki tentu saja mencicipinya satu per satu, dari kode A sampai C.

Setelah mencicipi semuanya, Kiki memilih C sebagai favoritnya. Karena menurut Kiki tekstur daging kambingnya lebih empuk daripada yang A atau B. Walaupun menurutnya tongseng C terlalu manis, tapi masih bisa diperbaiki rasanya dengan air jeruk nipis.

"Secara keseluruhan C kali ya, mungkin kalau ditambah jeruk nipis udah. Jadi maksudnya rasanya seimbang gitu ngga terlalu manis banget," ujar Kiki.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Manis Gurih Tongseng Wagyu dan Sumsum Tulang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com