Review UMKM

Ibu Jari: Mantap! Nasi Campur Premium Isi Iga Bakar Rempah hingga Cumi Item

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 09 Feb 2022 12:00 WIB
FOKUS BERITA Fenomena Warteg
Jakarta -

Nasi campur premium bisa kamu nikmati di Ibu Jari Indonesia. Pilihan nasinya ada nasi putih, merah, hingga nasi jeruk. Rasanya nikmat dengan paduan lauk iga bakar rempah, cumi item, sampai bebek goreng serundeng!

Nasi campur adalah 'one dish meal' khas Indonesia yang jadi favorit banyak orang. Pasalnya nasi campur menawarkan isian lengkap, mulai dari nasi, sayur, lauk utama, lauk pelengkap, hingga sambal.

Penyajiannya yang dicampur dalam satu wadah membuat menu ini terlihat 'ramai' dan menggugah selera. Jenis lauk yang digunakan pun bisa beragam, tergantung pilihan.

Nasi campur dijual dalam versi sederhana hingga premium. Kalau mau cicip yang premium, kamu bisa memesan di Ibu Jari Indonesia. Usaha nasi campur rumahan di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat ini menawarkan ragam nasi campur seharga Rp 50-100 ribuan per porsi.

Disebut premium karena bahan yang digunakan berkualitas bagus dan 'berani bumbu' alias dibuat dengan bumbu yang berlimpah. Porsinya juga lumayan besar dan mengenyangkan.

Bisnis nasi campur rumahan sejak 2018

Ibu Jari: Mantap! Nasi Campur Premium Isi Iga Bakar Rempah hingga Cumi ItemRumah produksi Ibu Jari Indonesia di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat Foto: dok. Ibu Jari Indonesia

Kepada detikfood (7/2/2022), Sarmada selaku Manajer Operasional Ibu Jari Indonesia mengatakan bisnis nasi campur rumahan ini berawal tahun 2018. Pemiliknya, ibu Dearly Desiana memang hobi masak dan makan. Ia kerap melayani pesanan dari teman-temannya.

Pada 2019 barulah muncul menu nasi campur yang dijual untuk umum. "Awal-awal jualan laku 10 bungkus saja, kemudian dalam 1,5 bulan saja, ternyata informasi soal Ibu Jari Indonesia sudah tersiar kemana-mana. Tiba-tiba antrean membludak, melebihi kapasitas yang ada," ujar Sarmada.

Perkembangan Ibu Jari Indonesia semakin pesat pada 2020 sehingga ibu Dearly mulai merekrut pegawai tambahan untuk memperlancar penjualan. Sampai saat ini Ibu Jari Indonesia bisa menjual 100 hingga 500 bungkus nasi campur, di luar menu-menu porsi dan pesanan tampah yang juga dijual.

Pakai kertas nasi dan besek bambu

Ibu Jari: Mantap! Nasi Campur Premium Isi Iga Bakar Rempah hingga Cumi ItemNasi campur dikemas dengan kertas nasi dan besek bambu Foto: detikfood

Meski mengusung konsep nasi campur premium, uniknya Ibu Jari Indonesia tetap mempertahankan penggunaan kertas nasi dan besek bambu sebagai wadah saji makanan. "Yang ada di pikiran kita saat mendesain adalah kemasan nasi campur harus sederhana dan merakyat," ujar Sarmada.

Ia pun berharap nasi campur ini bisa diterima di berbagai kalangan, mulai dari bawah sampai atas. "Kalau orang bilang, warteg kelas atas atau makanan warteg versi berkelas. Beberapa kali kita sempat berpikir mengganti kertas nasi, tapi kita tidak ingin gaya tradisional Indonesia yang sudah melekat, hilang," lanjutnya.

Untuk resep makanan Ibu Jari Indonesia, ibu Dearly menggunakan resep keluarga dan resep kreasi sendiri hingga menemukan formula yang pas. Hasilnya, ragam menu nasi campur di sini punya banyak pelanggan.

Nasi Campur Kertas Favorit dengan lauk udang balado dan cumi item

Ibu Jari: Mantap! Nasi Campur Premium Isi Iga Bakar Rempah hingga Cumi ItemMenu favorit Ibu Jari Indonesia, nasi campur dengan isian udang balado hingga cumi item Foto: detikfood

detikfood tak melewatkan menu Nasi Campur Kertas Favorite (Rp 56.250). Menu ini dikemas dengan kertas nasi. Begitu dibuka, terlihat potongan udang balado berwarna merah terang dan cumi item yang mencuri perhatian.

Pelengkapnya ada tumis kacang panjang, tempe orek plus kacang goreng, hingga sambal matah. Warna-warni nasi campur ini benar-benar menggugah selera!

Nasi putih yang pulen berpadu nikmat dengan potongan cumi item yang kenyal gurih. Pelengkap udang balado berukuran besar juga memuaskan selera, terlebih pedasnya bumbu balado tak terlalu kuat dengan tekstur udang yang masih juicy.

Paling enak menyantap menu ini dalam sekali suap dengan isian berbagai lauk. Kehadiran sambal matah pun memberi aksen pedas segar yang enak.

Oh ya, kami juga menyukai tumis kacang panjang di sini. Meski sederhana, namun terlihat proses pembuatannya benar yaitu dengan cara diblansir. Warna hijau kacang panjangnya cantik dan terang dengan tekstur yang renyah segar meski sudah dikemas bersama aneka pelengkap nasi campur.

Baca lagi halaman selanjutnya untuk tahu kenikmatan iga bakar rempah hingga bebek goreng serundeng.

Selanjutnya
Halaman
1 2
FOKUS BERITA Fenomena Warteg
FOKUS BERITA Fenomena Warteg

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com