Review Battle

Adu Lezat 3 Crispy Fish Sambal Matah, Mana yang Favorit?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 11 Nov 2020 17:00 WIB
Adu Lezat 3 Crispy Fish Sambal Matah, Mana yang Favorit? Foto: detikFood
Jakarta -

Crispy fish dengan topping sambal matah jadi menu populer belakangan ini. Dari 3 tempat makan yang menyediakannya, mana yang jadi favorit?

Crispy fish pada dasarnya adalah olahan fillet ikan goreng tepung. Dalam penyajiannya, crispy fish diberi topping seperti ragam sambal dan saus.

Menu ini merupakan adaptasi lokal untuk fish and chips yang populer di Inggris. Hanya saja terdapat perbedaan pada ukuran ikan dan pelengkapnya.

Crispy fish kini banyak dijajakan di Jakarta dan sekitarnya. Menu ini diminati banyak orang karena memadukan fillet ikan yang lembut dengan lapisan tepung yang renyah.

detikFood dibantu 3 partisipan tertarik mengadu kelezatan crispy fish dari 3 tempat berbeda. Kira-kira seperti apa ya hasilnya? Buatan gerai mana yang jadi favorit?

Crispy fish merupakan fish and chips versi lokal

Adu Lezat 3 Crispy Fish Sambal Matah, Mana yang Favorit?Adu Lezat 3 Crispy Fish Sambal Matah, Mana yang Favorit? Foto: detikFood

Tampilan crispy fish mirip fish and chips. Berupa fillet ikan memanjang berlapis tepung, namun ukuran ikannya berbeda.

Crispy fish menggunakan ukuran yang lebih mungil, sementara fillet ikan pada fish and chips lebih besar. Di Indonesia, ikan yang banyak dipakai adalah fillet dory.

Lalu untuk pelengkapnya, fish and chips menggunakan kentang goreng dan saus tartar sebagai cocolan. Sementara crispy fish dimakan bersama nasi dan sambal.

Beberapa gerai crispy fish di Indonesia bahkan menyediakan pilihan nasi jeruk hingga nasi liwet. Lalu untuk sambalnya bervariasi seperti sambal matah, sambal bawang, atau sambal hijau.

Untuk varian sambal terpopuler, sambal matah yang jadi juara. Sebab pilihan sambal ini jadi menu andalan banyak gerai crispy fish.

Ngikan mempopulerkan crispy fish di Indonesia

Adu Lezat 3 Crispy Fish Sambal Matah, Mana yang Favorit?Adu Lezat 3 Crispy Fish Sambal Matah, Mana yang Favorit? Foto: detikFood

Kepopuleran crispy fish di Indonesia bisa dibilang berawal dari brand Ngikan. Pemiliknya adalah selebgram Rachel Vennya dan sang suami, Niko Al Hakim.

Mereka menjual crispy fish dengan harga relatif terjangkau. Tempat berjualannya sederhana, berupa food container, namun peminatnya di bulan awal pembukaan sangat membludak.

Pada akhir tahun 2019, antrean di gerai Ngikan bisa mencapai 2,5 jam. Mereka menawarkan crispy fish dengan bumbu tradisional. Selain sambal matah, ada acar kuning dan oseng mercon.

Baca Juga: Ngikan: Rela Antre 2,5 Jam Demi 'Fish & Chips' ala Indonesia Racikan Rachel Vennya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3