Ngikan: Rela Antre 2,5 Jam Demi 'Fish & Chips' ala Indonesia Racikan Rachel Vennya

Riska Fitria - detikFood Rabu, 13 Nov 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di Tebet ada gerai makanan baru bernama Ngikan. Kuliner murah meriah ini berupa fillet ikan goreng tepung dengan nasi liwet keluaran selebgram terkenal.

Selebgram Rachel Vennya dan suaminya, Niko Al Hakim baru-baru ini mengeluarkan brand kuliner baru bernama Ngikan. Bukan restoran, Ngikan berupa gerai food container saja sehingga tidak tersedia bangku dan meja untuk pengunjung di sana. Kebanyakan pengunjung memesan untuk dibawa pulang.

Setiap hari gerai Ngikan selalu menuai antrean panjang para pengunjung yang penasaran dengan fillet ikan goreng tepung. Pasalnya, selain enak, Ngikan disebut-sebut memiliki harga yang ramah di kantong. Kami pun tertarik untuk mencobanya dengan langsung mendatangi Ngikan.
Rela Antre 2,5 Jam Demi 'Fish & Chips' ala Indonesia Racikan Rachel VennyaFoto: dok. detikFood

Kami datang sekitar pukul 14.30 dan pengunjung di sana sudah sangat membludak. Untuk memesan menu Ngikan terdapat beberapa tata cara yang perlu diperhatikan oleh pengunjung. Pertama, pengunjung yang baru datang lebih dulu mengambil nomor antrean di kasir.

Kemudian, pelayan akan menyebut nomor antrean tersebut satu-satu untuk melakukan pemesanan dan transaksi. Di saat itulah pengunjung baru bisa memesan paket makanan. Setiap satu nomor antrean hanya diperbolehkan memesan maksimal 3 paket saja.

Terdapat tiga paket Ngikan di sana. Paket tersebut dibedakan dengan jenis bumbu yang digunakan, yaitu bumbu sambal matah, oseng mercon dan acar kuning. Ketiga paket tersebut dibanderol dengan harga yang sama, yaitu Rp. 19.000. Kami pun memesan ketiga paket Ngikan tersebut.
Rela Antre 2,5 Jam Demi 'Fish & Chips' ala Indonesia Racikan Rachel VennyaFoto: dok. detikFood

Setelah melakukan transaksi, pengunjung kembali mengantre dan menunggu sampai pesanan siap disajikan. Pengunjung yang menunggu pesanan lebih banyak berdiri di depan dan di samping gerai makanan. Sebagian juga ada yang memilih duduk di bangku-bangku yang berada di kedai makanan yang berada tepat di samping gerai Ngikan.

Sebenarnya pengunjung yang mengantre juga dipisah dalam beberapa kloter, yang masing-masing kloter diisi oleh sekitar 50 orang pemesan.

Setelah menunggu selama 2,5 jam, akhirnya pesanan kami datang. 3 paket Ngikan berbumbu dengan nasi liwet khas Indonesia siap untuk disantap. Dalam satu paket Ngikan berisi nasi liwet, fillet ikan goreng tepung dan bumbu yang dibungkus plastik kecil. Semua isian tersebut dikemas dalam kotak kertas.
Rela Antre 2,5 Jam Demi 'Fish & Chips' ala Indonesia Racikan Rachel VennyaFoto: dok. detikFood

Untuk nasi liwetnya patut diacungi jempol. Nasinya pulen dan beraroma rempah, karena pada nasi liwetnya terdapat kulit cabai dan daun salam yang ikut tercampur di dalamnya.

Sementara untuk ukuran fillet ikannya terbilang besar dengan tepung yang agak lebih dominan. Meskipun begitu tepungnya terasa gurih, bertekstur renyah, dan sedikit terasa rempah. Begitu pun dengan ikannya yang bertekstur halus dan tipis. Ikan yang digunakan adalah jenis ikan nila yang telah dibuang tulangnya.

Bumbu yang pertama kami coba adalah sambal matah. Ketika dicampur sambal matah, kenikmatan ikannya makin meningkat. Sambal matah yang digunakan sepertinya bukan sambal mentah, tetapi lebih dulu digoreng matang. Rasanya tidak terlalu pedas.
Rela Antre 2,5 Jam Demi 'Fish & Chips' ala Indonesia Racikan Rachel VennyaFoto: dok. detikFood

Berbeda dengan bumbu acar kuning yang lebih segar karena terasa asam gurih. Rasa kunyitnya sangat mendominasi pada bumbu tersebut. Sementara untuk bumbu oseng merconnya dilengkapi dengan potongan daging dan gajih di dalamnya. Huahh! rasanya lebih pedas dibanding sambal matah. Bumbu ini cocok dipilih untuk kalian yang penggemar pedas.

Dari ketiga bumbu, kami lebih menyukai bumbu sambal matah karena rasanya yang tidak terlalu pedas dan cocok dipadukan dengan fillet ikan goreng tepung. Dengan harga Rp. 19.000 untuk seporsi Ngikan dan nasi liwet dengan rasa yang lezat bisa dijadikan rekomendasi.
Rela Antre 2,5 Jam Demi 'Fish & Chips' ala Indonesia Racikan Rachel VennyaFoto: dok. detikFood

Hanya saja menurut kami sistem antrean terbilang ruwet, karena harus bolak-balik melakukan antrean sehingga memakan banyak waktu. Sistem antrean tersebut, tidak hanya berlaku bagi pengunjung yang langsung datang tetapi juga berlaku pada driver ojek online (ojol) yang menerima pesanan.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencicipi Ngikan dan punya banyak waktu untuk mengantre, kamu bisa mendatangi gerainya di kawasan Tebet. Satu hal yang perlu diingat adalah gerai Ngikan hanya melayani pembayaran tunai saja. Jadi siapkan uang pas ketika membayar pesanan.

ngikan
Jl. Tebet Utara Dalam No.4
Tebet, Jakarta Selatan
Jam Buka : 10.00 - 22.00

Simak Video "Menjajal 'Fish & Chips' Rachel Vennya Bercita Rasa Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)