Koron Affogato Bar : Dingin Semriwing Gelato Tolak Angin yang Unik

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 15 Sep 2020 17:00 WIB
Koron Affogato Bar Foto: dok.detikFood
Jakarta -

Bagi penggemar gelato, di sini bisa coba gelato dengan rasa Tolak Angin yang unik. Ada juga pistachio yang renyah manis diolah jadi gelato creamy.

Berbeda dengan es krim, gelato yang berasal dari Italia punya tekstur yang lebih padat dengan kandungan susu yang lebih banyak dari krim. Paduan rasanya juga lebih fleksibel membuat sensasi makan gelato ini lebih unik.

Baca Juga: Gelato Paradise: Nyam! Creamy Segar Rootbeer Chili Gelato dan Black Charcoal Yogurt

Tak hanya populer di Eropa, gelato memiliki banyak penggemar di Indonesia. Hal ini yang membuat Ronald Prasanto selaku molecular gastronomy chef, tertarik membuka Koron Affogato Bar yang terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bar yang satu ini fokus menyajikan berbagai jenis varian gelato.

Koron Affogato BarRonald Prasanto- Co Founder Koron Affogato Bar Foto: dok.detikFood

"Alasan saya tertarik membuka Affogato Bar ini karena ketika saya sedang berada di Eropa, saya melihat bahwa affogato itu tak hanya disajikan dengan es krim vanila saja seperti di Indonesia. Di sana, affogato disajikan dengan berbagai jenis varian gelato. Mulai dari butterscotch hingga pistachio," jelas Ronald yang dulu terkenal dengan kreasi es krim nitrogennya Ron's Laboratory.

Affogato sendiri merupakan sajian es krim dengan siraman espresso khas Italia. Di Koron, Ronald fokus menciptakan berbagai varian rasa unik gelato dengan bahan berkualitas tanpa pengawet.

"Saat saya mendalami teknik molecular gastronomy, saya mulai belajar dan mendalami tentang gelato. Kita juga memperhatikan sains di dalamnya, di sini kita bikin gelato eksperimental yang kaya rasa," jelas Ronald kepada detikFood (01/09).

Karena masih dalam masa PSBB, Koron Affogato Bar hanya menyediakan jasa layanan take away saja dan lebih fokus ke gelato. Produk gelatonya dikemas ke dalam jar atau stoples kaca berukuran 450 ml (16 oz).

Koron Affogato BarKoron Affogato Bar Foto: dok.detikFood

Penasaran dengan rasa gelato di Koron, kami mencicipi tiga varian gelato yang paling populer dan digemari di sini.

Pertama kami mencoba Mint Choco Tolak Angin (Rp 135.000/ per jar). Warna biru cerah dengan taburan selai cokelat menarik perhatian. Ketika tutup jar dibuka, aroma semriwing Tolak Angin yang kuat langsung tercium di udara.

"Kalau varian rasa Tolak Angin ini sebenarnya saya sudah eksperimen sejak dulu. Responnya ternyata bagus, akhirnya sekarang saya ubah jadi gelato," jelas Ronald.

Langsung terasa dua sensasi dingin menyambut lidah ketika mencicipi gelato unik ini. Rasa segar mint atau mentol dengan rasa dingin manis Tolak Angin, berhasil berpadu dengan sempurna ditambah jejak manis dari selai cokelat yang ada di pinggiran jar.

Koron Affogato BarKoron Affogato Bar Foto: dok.detikFood

Tekstur gelatonya padat, sedikit kenyal atau chewy tapi tetap creamy dari campuran susu yang jadi bahan utamanya. Rasa jamu Tolak Anginnya cukup dominan, mirip minum jamu sirop itu tetapi dengan sensasi dingin di tenggorokan.

"Semua gelato di sini menggunakan bahan utama susu, kemudian untuk additional fat kita pakai fresh cream. Sementara untuk emulsifier-nya itu kita buat sendiri pakai rancangan yang disesuaikan dengan kadar gula dari racikan gelato," ungkap Ronald.

Kami juga mencoba gelato Strawberry with Jam (Rp 135.000/ per jar). Warna gelatonya merah muda cerah dengan hiasan selai strawberry segar di dalam jar kaca yang menggoda selera. Cantik!

Koron Affogato BarKoron Affogato Bar Foto: dok.detikFood

Berbeda dengan gelato Tolak Angin, di sini Ronald menggabungkan gelato rasa strawberry dengan selai strawberry yang segar. Selai strawberry dibuat homemade tanpa menggunakan pemanis dan pengawet buatan.

Tekstur gelatonya padat tapi lumer di mulut. Rasa asam segar, berpadu dengan creamy lembut manis dari gelato strawberry yang legit. Menghasilkan rasa autentik dari buah strawberry segar dalam satu suapan yang sama.

"Untuk setiap flavouring, atau campuran rasa dari gelato di sini kita buat terpisah. Semua varian rasa di Koron kita buat dari nol, baru setelah set kita masukan flavouring ini ke dalam adonan gelato lalu kita freezing selama 5-10 menit," lanjutnya.

Terakhir kami mencoba gelato Pistachio (Rp 185.000/ per jar). Harganya sedikit berbeda dengan varian gelato lainnya, karena penggunaan kacang pistachio asli dan bahan premium lainnya.

Koron Affogato BarKoron Affogato Bar Foto: dok.detikFood

"Kacang pistachio ini harganya cukup mahal di pasaran. Rasanya gurih, manis dan kriuk renyah. Rasa ini cocok ketika diubah menjadi gelato yang lembut dan segar," ungkap Ronald.

Rasa dari gelato Pistachio ini memang tidak diragukan lagi. Sensasi aromatik dari campuran kacang pistachio dengan susu dan krim menghasilkan cita rasa gelato yang creamy, namun tidak terlalu manis seperti gelato Strawberry. Jejak rasa gurih dari pistachio yang dihaluskan juga masih terasa di mulut.

Kreasi gelato di Koron Affogato Bar ini berhasil menciptakan cita rasa yang unik dan enak alami. Paduan Tolak Angin hingga pistachio bisa menjadi pilihan baru untuk dessert kekinian yang bisa dipesan dari rumah.

Koron Affogato BarKoron Affogato Bar Foto: dok.detikFood

Selain tiga menu di atas, Koron Affogato Bar juga menyediakan menu gelato lainnya seperti Butterscotch, Intense Chocolate, Salted Caramel, Gelato Coffee hingga Avocado Coffee. Kisaran harganya sekitar Rp 135.000 saja per jar. Jika sedang musim, tersedia juga gelato durian Musang King.

Untuk pemesanan, gelato Koron bisa dipesan melalui WhatsApp, Instagram dan Tokopedia. Semua varian gelato tersedia setiap harinya dan bisa dipesan kapan saja tanpa perlu pre-order. Oh ya, setiap pemesanan gelato sudah termasuk insulated bag. Yaitu kemasan khusus untuk menjaga kualitas gelato dalam pengiriman.

Baca Juga: Skups Gelato: Sore Ini Enaknya Ngemil Gelato Rasa Rose Stracciatella dan Cotton Candy


Koron Affogato Bar
Jl. Boulevard Artha Gading No.18.
Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.
Telp: +62 878-3066-3539
Instagram: @koron.id



Simak Video "Sensasi Dingin Gelato dengan Varian Rasa Unik"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)