Yummy! Lembutnya Basque Burnt Cheesecake dari 3 Bakery Online

Devi Setya - detikFood Jumat, 07 Agu 2020 17:00 WIB
basque burnt cheesecake Foto: doc. detikfood
Jakarta -

Gurih creamy cheesecake selalu menggoda, apalagi ada yang terbaru yakni basque burnt cheesecake. Sensasi makan kue keju gosong ini bisa dibeli dari bakery online di Jakarta.

Basque burnt cheesecake (BBC) ini asalnya dari Spanyol tapi kini sudah populer di banyak negara, termasuk di Indonesia. Ada beberapa bakery online yang menawarkan basque burnt cheesecake (BBC) sejak beberapa bulan ini, detikFood mencoba memesan cake ini dalam varian original.

Kami memutuskan memesan dari tiga toko online yang bisa diakses lewat instagram yakni The Secret Alley, By Mamia dan Anggul Bakes and Brew. Semua BBC ini dijual secara pre-order sehingga kami harus memesan dua hari sebelum kue dikirimkan.

Baca juga : Basque Burnt Cheesecake, Kue Keju Gosong dari Spanyol yang Hits

Pada dasarnya, BBC ini tak beda jauh dengan cheesecake umumnya, berbahan dasar keju krim atau cream cheese, gula, sedikit tepung dan mentega. Beberapa baker menambahkan bahan lain seperti telur, air dan kulit jeruk lemon ataupun whipping cream untuk membuat rasanya lebih spesial.

basque burnt cheesecakebasque burnt cheesecake Foto: doc. detikfood

Cake pertama yang kami cicipi yakni dari Anggul Bakes and Brew. Satu loyang BBC varian original (Rp 280 ribu) hadir dengan ukuran diameter 15 cm. Bagian permukaan dan sisi cake ini tampak berwarna kecokelatan, terutama bagian atasnya yang cenderung cokelat gelap sedikit hitam.

Aroma manis khas karamel langsung tercium kuat saat kami baru membuka kemasannya. Cake ini hadir dengan bungkus wax paper yang menyelimuti seluruh permukaannya, ini juga jadi salah satu ciri khas basque burnt cheesecake.

Untuk tekstur, cake ini terbilang padat namun lembut. Saat kami cicip, bagian luarnya terasa agak pahit namun inilah sensasi yang sebenarnya ditawarkan dari basque burnt cheesecake. Berbanding jauh dengan bagian permukaannya, bagian dalam cake ini justru sangat lembut creamy dengan rasa keju krim yang dominan.

basque burnt cheesecakebasque burnt cheesecake Foto: doc. detikfood

Rasa cheesecake ini sangat ringan, begitu masuk mulut, terasa langsung lumer tanpa perlu dikunyah dan terasa 'bersih' di mulut. Kue ini bisa dinikmati dalam suhu ruang maupun dalam keadaan dingin.

Selanjutnya, kami mencoba BBC dari By Mamia. Satu loyang basque burnt cheesecake di sini memiliki ukuran diameter 15 cm dengan harga Rp 185.000. Cake datang dengan kemasan dus warna cokelat yang bentuknya agak pipih.

Benar saja, BBC ini punya bentuk yang tidak terlalu tinggi sekitar 3 cm dan justru terlihat mungil. Bagian atas cake ini gosong sebagaimana mestinya, berwarna cokelat pekat. Namun bagian sisi kue sama sekali tidak berwarna cokelat, kuning pucat.

basque burnt cheesecakebasque burnt cheesecake Foto: doc. detikfood

Kami tak sabar mencicipnya, cake ini agak keras ketika dipotong, menandakan teksturnya yang padat. Saat kami cicip, cake ini beraroma keju yang cukup kuat, teksturnya padat sehingga perlu dikunyah sedikit agar cake bisa lumat. Selain itu cake satu ini juga memiliki tekstur yang agak berbulir, kemungkinan berasal dari campuran tepung yang menggumpal dengan keju krim.

Terakhir ada BBC dari The Secret Alley yang tersedia dalam ukuran diameter 16 cm (Rp 195 ribu). Cake ini hadir dengan bagian atas dan sisinya yang gosong kecokelatan. Pinggiran cake ini tampak lebih tebal dibandingkan bagian atasnya. Kelilingnya agak bergumpal tidak mulus seperti cheesecake umumnya.

Saat kami cicip, rasa keju langsung menyebar ke seluruh rongga mulut. Bagian tengah cake jauh lebih lembut daripada bagian pinggirnya. Selain manis creamy krim keju, kami sedikit merasakan jejak rasa lemon. Tampaknya sang baker menambahkan sedikit air lemon untuk mengurangi dampak gurih kuat dari penggunaan keju yang banyak.

basque burnt cheesecakebasque burnt cheesecake Foto: doc. detikfood

Baca juga : Kreasi Basque Burnt CheeseCake, Ada Topping Oreo hingga Durian

Trik ini biasa dilakukan untuk membuat cheesecake. Jumlah air lemon yang ditambahkan juga tidak banyak sehingga tak mendominasi rasa. Selain air jeruk lemon juga biasa ditambahkan kulit jeruk lemon parut.

Setelah mencicipi ketiga BBC tersebut kami lebih cocok dengan cake buatan Anggul Bakes and Brew karena rasa kejunya lebih dominan namun tidak membuat eneg. Tekstur cheesecake yang super lembut dan langsung lumer di lidah ini juga jadi keunggulan karena tidak menempel ataupun terasa berlemak di langit-langit mulut.

BBC dari Anggul Bakes and Brew layak jadi pilihan, harganya yang agak tinggi terasa sebanding dengan kualitas kuenya. Bahan baku yang digunakan juga premium sehingga membuat BBC teksturnya creamy, padat dengan rasa keju krim yang segar.

Ketiga basque burnt cheesecake ini punya keunggulan masing-masing. Soal rasa, tekstur, tampilan, ukuran serta harga bisa jadi pertimbangan kalau kamu penasaran dengan rasa BBC yang lagi ngetren ini. Cake ini bisa jadi alternatif camilan saat di rumah ataupun teman minum teh dan kopi. BBC ini juga bisa disimpan dalam lemari es selama maksimal 5 hari.

Oiya harga yang dicantumkan belum termasuk ongkos kirim, jadi penjual akan menyesuaikan ongkos kirim dengan jarak tujuan pengantaran.

Anggul Bakes and Brew
Instagram : @anggul.bakesandbrew
Telepon : 082276028936

By Mamia
Instagram : @baked.by.mamia

The Secret Alley
Instagram : @thesecretalley
Telepon : 082113484464



Simak Video "Resep Cake dan Pae Hidangan Khas Sumenep Madura"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)