Kreasi Basque Burnt CheeseCake, Ada Topping Oreo hingga Durian

Devi Setya - detikFood Jumat, 07 Agu 2020 13:30 WIB
basque burnt cheesecake Foto: instagram
Jakarta -

Basque burnt cheesecake sedang digandrungi para pencinta dessert keju. Di Indonesia ada berbagai varian mulai dari topping oreo hingga durian.

Cheesecake asal Spanyol ini punya sensasi unik saat disantap karena bagian permukaannya sengaja dibuat gosong. Aroma karamel tercium kuat pada kue berbahan dasar cream cheese atau keju krim ini.

Di Spanyol, basque burnt cheese cake hanya tersedia dalam versi original. Tapi di tangan para baker Indonesia, kue keju lembut ini langsung dikreasikan menjadi berbagai rasa.

DetikFood mencoba menelusuri para baker yang menyediakan menu Basque burnt cheesecake dan menemukan beberapa kreasi uniknya. Ada yang diberi topping oreo, black sesame alias wijen hitam serta ada juga yang ekstreme karena diberi topping buah durian.

Baca juga : Basque Burnt Cheesecake, Kue Keju Gosong dari Spanyol yang Hits

Berikut basque burnt cheese cake yang hadir dengan berbagai kreasi unik.

1. Original

basque burnt cheesecakebasque burnt cheesecake Foto: instagram


Basque burnt cheesecake sekilas mirip cheesecake biasa, yang membedakan adalah efek gosong pada bagian permukaan cake. Sensasi menikmati kue keju gosong ini ternyata disukai banyak orang. Versi original basque burnt cheesecake ini pertama kali disajikan di sebuah kafe di Spanyol.

Bahan utama untuk membuat kue ini adalah krim keju. Dalam resep aslinya, krim keju yang digunakan hanyalah keju Philadelphia yang lembut dan beraroma lembut. Namun kini banyak baker membuat basque burn cheesecake dengan mengandalkan berbagai krim keju dari berbagai negara.

Kue yang sudah populer sejak tahun 1970-an ini sekarang sedang hits di Indonesia. Aroma harum lembut keju tercium sangat dominan dari kue versi original. Bagian atas dan sisi kue biasanya berwarna gosong kecoklatan karena dipanggang dengan suhu panas atas lebih dari 200 derajat celcius.

Basque burnt cheesecake biasa dinikmati dalam suhu ruang namun ada juga yang senang menyantapnya dalam keadaan dingin. Versi original dari cake ini bisa dengan mudah dijumpai di toko kue online maupun offline. Beberapa toko mengharuskan pembeli melakukan pemesanan dengan sistem pre order.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Cheesecake Romeo dan Juliet"
[Gambas:Video 20detik]


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
e-Life
×
Kenapa Kau Paksa Aku Aborsi, Sayang?
Kenapa Kau Paksa Aku Aborsi, Sayang? Selengkapnya