Kuliner New Normal

Mantab Jon: Praktis! Paket Mie Ayam Rp 25 Ribu Racikan Ibnu Jamil

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 03 Jun 2020 16:00 WIB
Mantab Jon Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Mantab Jon adalah bisnis kuliner Ibnu Jamil yang didirikan saat pandemi COVID-19. Ia membuat paket mie ayam praktis yang mudah diracik di rumah.

Pandemi COVID-19 membuat banyak pelaku industri hiburan kehilangan pemasukan. Tak terkecuali untuk pesinetron Ibnu Jamil. Ia bersama teman-temannya lantas memiliki ide bisnis kuliner.

Ibnu Jamil pilih berjualan mie ayam yang merupakan makanan favorit banyak orang Indonesia. Dalam wawancara bersama detikHot (8/5), Ibnu mengaku bisnis kulinernya adalah proyek dadakan di tengah pandemi virus Corona.

Mantab JonMantab Jon Foto: dok. detikFood

Ia merasa harus tetap produktif meski suasana sedang tak menentu. Ibnu dan teman-temannya menamai bisnis mie ayam ini, Mantab Jon. 'Jon' merupakan kata sapa yang sering dipakai Ibnu.

Baca Juga: Perekonomian Tetap Jalan, Ibnu Jamil Pilih Jualan Mie

Uniknya, Mantab Jon tidak menawarkan mie ayam matang tetapi paket mie ayam yang siap masak. Seperti meracik mie instan, pembeli bisa memasak sendiri mie ayam dengan paket dari Mantab Jon.

Mantab JonMantab Jon Foto: dok. detikFood

Ada tiga menu yang ditawarkan yaitu Mie Ayam Kampung, Mie Yamin Bandung, dan Mie Ayam Pedas seharga Rp 25.000. Pemesanan via WhatsApp dengan titik lokasi pengambilan di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Kami penasaran dengan cita rasa mie ayam Mantab Jon. Akhirnya kami memesan dan bisa langsung mendapatkannya di hari yang sama. Untuk mengambil pesanan tersebut, sebagai pembeli kami harus pesan sendiri ojek online-nya.

Paket mie ayam dikemas rapi dalam plastik pouch bening. Terlihat ada mie segar, bumbu, sambal, taburan ayam, dan pangsit goreng. Tak ketinggalan pelengkap sawi dan daun bawang dalam plastik kecil.

Mantab JonMantab Jon Foto: dok. detikFood

Karena proses pembuatan mienya segar dan tanpa bahan pengawet, mie ayam Mantab Jon hanya tahan maksimal dua hari jika disimpan di kulkas. Sementara di suhu ruangan, hanya dua jam.

Meracik Mantab Jon praktis seperti membuat mie instan. Ada petunjuk masak di belakang kemasan yang mudah diikuti. Pertama, mie direbus dua menit dalam air mendidih.

Setelah matang, tuang ke mangkuk kemudian masukkan bumbu dan sambal sesuai selera. Aduk rata. Pelengkap sawi harus direbus dulu sebelum jadi topping.

Mantab JonMantab Jon Foto: dok. detikFood

Kemudian taburan ayam yang super halus perlu dipanaskan. Caranya bisa memakai microwave atau mengukusnya sampai hangat. Terakhir, sajikan mie ayam dengan potongan daun bawang dan pangsit goreng.

Slurpp! Mie Mantab Jon benar-benar terasa segarnya. Teksturnya kenyal dan aromanya harum telur. Ukuran mie yang tipis dan kecil juga membuat mie ayam ini terasa lebih premium dibanding mie ayam kaki lima.

Mantab JonMantab Jon Foto: dok. detikFood

Untuk Mie Ayam Kampung memakai bumbu gurih dengan paduan sambal goreng yang tak terlalu pedas. Ini adalah varian original yang rasanya klasik dan pasti disukai banyak orang. Sementara Mie Yamin Bandung hampir serupa, hanya saja rasanya lebih manis karena memakai kecap manis.

Rasa paling beda ditemukan pada Mie Ayam Pedas. Pasalnya mie ayam dipadukan sambal matah yang rasa pedas segarnya khas. Terlihat ada potongan cabai rawit, bawang putih, dan daun jeruk yang direndam banyak minyak. Aromanya yang wangi juga menggugah selera.

Mantab JonMantab Jon Foto: dok. detikFood

Mie ayam Mantab Jon makin enak dengan pelengkap taburan potongan daging ayam kampung, layaknya topping mie ayam gaya Bandung. Teksturnya halus dengan rasa gurih yang enak apalagi tersaji hangat-hangat. Selain itu, Mantab Jon juga punya pangsit goreng yang nikmat!

Untuk harga Rp 25.000, menurut kami Mantab Jon layak dicoba. Harganya masih relatif terjangkau dengan kualitas dan rasa yang enak. Pencinta pedas pastikan coba Mie Ayam Pedas yang bikin kami jatuh cinta!

Baca Juga: Rendang Bangka : Sedapnya Rendang Daging Basah Berbumbu Merah

Mantab Jon
WhatsApp: 081398842144 (dari pukul 10.00-13.00)
Instagram: mantabjon
Pengiriman hanya untuk Jabodetabek



Simak Video "Lontong Oncom Jadi Menu Spesial Ibnu Jamil Saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)