Rendang Bangka : Sedapnya Rendang Daging Basah Berbumbu Merah

Devi Setya - detikFood Senin, 18 Mei 2020 15:30 WIB
rendang bangka Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Rendang Minang memang juara, tapi ada yang tak kalah enak yakni rendang Bangka. Rendang berbumbu basah dan merah ini siap jadi lauk makan atau pelengkap untuk Lebaran.

Berbeda dengan rendang khas Minang yang kering dan berbumbu cokelat kehitaman, rendang Bangka ini justru berwarna merah terang. Tekstur bumbunya juga masih basah dengan lumuran minyak yang menggenang.

Tidak harus datang ke Bangka kalau mau mencicip rendang nikmat ini di Jakarta. Ada toko online yang menawarkan rendang Bangka enak dan autentik. Pemesanan bisa melalui instagram @rendangbangka_id.

rendang bangkarendang bangka Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Toko online ini adalah bagian dari restoran Kampoeng Bangka yang berlokasi di Panglima Polim, Jakarta Selatan. Rasa rendang dijamin autentik karena diracik langsung oleh orang asli Bangka.

Baca juga : Rendang Nenek, Kenikmatan Rendang yang Dimasak Selama 8 Jam


DetikFood pun ingin mencicip rendang khas Bangka ini. Di sini ada tiga pilihan menu yakni Rendang Daging, Rendang Paru dan Sambal Goreng Hati. Tiga menu ini bisa dipilih porsinya yakni ukuran 500 gram dan 1 kilogram. Jadi kamu bisa sesuaikan pesanan dengan kebutuhan.

Tidak perlu sistem pre-order karena rendang di sini siap setiap hari. Jadi kami memesan rendang daging, rendang paru dan sambal goreng hati, masing-masing dengan ukuran 500 gram. Untuk tingkat kepedasannya juga bisa dipilih pedas, sedang atau tidak pedas.

rendang bangkarendang bangka Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Kami mencoba satu per satu menu pesanan kami. Pertama yang kami cicipi Rendang Daging Pedas (Rp 135.000/500 gram). Ada kurang lebih 8 potong daging rendang dengan bumbu berlimpah, warnanya merah menyala.

Daging rendang iris ini punya tekstur empuk, serat dagingnya juga lembut sehingga mudah dikunyah. Bumbu rendang Bangka ini terbilang basah, kami juga melihat minyak berwarna merah menggenang pada bagian atas bumbu.

Untuk varian pedas, kami menilai rendang ini masih nyaman dimakan alias tidak terlalu menyengat. Paling enak makan rendang tentunya dengan nasi putih hangat.

rendang bangkarendang bangka Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Selanjutnya, kami mencicipi Rendang Paru Sedang (Rp 90.000/500gram). Berbeda dengan rendang daging, untuk rendang paru ini berisi potongan yang jauh lebih banyak. Sementara bumbunya juga tak kalah melimpah.

Karena kami memesan dengan tingkat kepedasan sedang maka, warna bumbunya tidak terlalu merah. Rasa bumbu pedas tipis namun rempahnya cukup terasa kuat. Bumbu rendang meresap dengan baik sampai ke bagian dalam paru.

Tekstur parunya sendiri kenyal empuk dan lagi-lagi, menu ini paling pas disantap dengan sepiring nasi hangat.

rendang bangkarendang bangka Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Terakhir ada Sambal Hati Sapi Pete (Rp 90.000/500gram). Melihat tampilan sambal hati ini saja, langsung bikin selera makan meningkat. Aroma rempah yang harum semerbak membuat kami tak sabar melahapnya.

Apalagi hati sapi yang dipotong dadu ini dilengkapi dengan irisan pete segar. Bumbu pekat dengan minyak menggenang, membuat menu ini makin menggoda. Ternyata rasanya juga tak mengecewakan.

Baca juga : Praktis, Di 5 Tempat Ini Bisa Pesan Online Rendang untuk Lebaran

rendang bangkarendang bangka Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Irisan hati sapi bertekstur empuk ini punya rasa bumbu yang meresap ke dalam. Rasa pedasnya diimbangi dengan harum rempah. Bagi pencinta pete, menu satu ini pasti sulit ditolak.

Rendang khas Bangka ini bisa jadi pilihan praktis kalau malas membuat rendang di rumah. Selain sebagai stok makanan di rumah, khusus jelang Lebaran ada paket rantangan juga yang cocok dijadikan hantaran untuk keluarga atau orang tersayang.

Pemesanan rendang Bangka bisa melalui kontak instagram @rendangbangka_id.



Simak Video "Wadidaw! Sanggup Habisin Bakso 10 Kg Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)