Kepiting Depok: Pedas Mantap Kepiting Telur Bumbu Saus Padang Berharga Miring

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Apr 2020 17:00 WIB
Kepiting Depok Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Kepiting enak bisa dipesan online di tempat ini. Ada kepiting berlumur saus Padang yang jadi menu andalan. Harganya dijamin tak bikin kantong bolong!

Di rumah saja tetap bisa makan enak dengan mengandalkan menu yang bisa dipesan online. Banyak pilihan yang ditawarkan mulai dari minuman, makanan manis, kudapan gurih, sampai makanan utama.

Kalau kangen makan seafood, olahan kepiting, udang, hingga cumi juga dijajakan online via Instagram, Twitter, dan situs market place. Salah satunya Kepiting Depok yang merupakan usaha rumahan di Grand Depok City, Depok, Jawa Barat.

Menu yang ditawarkan cukup beragam, termasuk kerang saos Padang seharga Rp 60.000 per kg. Untuk kepiting bisa pilih kepiting telur (Rp 100.000) atau jantan (Rp 90.000). Per porsi paket berisi kepiting 500 gram. Begitu pula dengan cumi (Rp 100.000).

Kepiting DepokKepiting Depok Foto: dok. detikFood

Pilihan bumbunya antara lain saus Padang, lada hitam, saus tiram, asam manis, sop kepiting, dan gulai santan. Kalau mau udang, Kepiting Depok punya pilihan udang saus mentega, masak kari, sampai goreng tepung. Harganya Rp 120.000 per 500 gram.

Baca Juga: Dijamin Ketagihan! Pencinta Kepiting Harus Coba Kepiting di 5 Tempat Ini

Kangen kepiting dan udang, kami mencoba Kepiting Telur Saus Padang (Rp 100.000) dan Udang Masak Kari (Rp 120.000) untuk santap sore. Pemesanan dilakukan H-1 atau bergantung slot yang tersedia. Nantinya pesanan diantar via ojek online.

Saat sampai, terlihat paket makanan dikemas rapi dalam kotak plastik bening. Tampilan kepiting saos Padang benar-benar menggugah selera dengan balutan bumbu yang tebal. Porsinya juga besar dengan isian dua ekor kepiting.

Kepiting DepokKepiting Depok Foto: dok. detikFood

Dibanding saus Padang yang sering kami coba di beberapa tempat makan seafood, saus Padang ala Kepiting Depok teksturnya lebih kental. Bahkan cenderung mirip sambal pekat yang membaluri cangkang hingga capitnya.

Aroma gurih dari cabai dan ragam rempah langsung menguar, menggelitik hidung. Kepiting bakau Kalimantan ini banyak 'menyembunyikan' daging yang tebal dan manis di capitnya.

Tekstur daging kepiting yang berserat paling enak dihisap-hisap bersama bumbu saus Padang. Kepiting Depok memakai ragam rempah seperti cabai merah, bawang, jahe, dan kemiri sebagai bumbu dasarnya. Baru ditambah saus tiram, saus tomat, dan cabai sebagai penyempurna.

Tak heran rasa gurihnya kuat, disusul dengan pedas berempah yang enak. Pedasnya tidak terlalu kuat sehingga masih bisa ditolerir mereka yang tak suka pedas.

Kepiting DepokKepiting Depok Foto: dok. detikFood

Bagian paling asyik tentu saja ketika menemukan harta karun berupa telur kepiting. Warna oranyenya begitu cantik dengan rasa gurih dan tekstur creamy yang leleh di mulut. Ah, dijamin ketagihan!

Kepiting Depok juga punya udang masak kari yang jarang ditawarkan penjual seafood lain. Uniknya, detikFood ternyata pembeli pertama menu ini sejak Kepiting Depok mulai berjualan tahun 2018. Pasalnya lebih banyak orang memilih menu yang sudah populer seperti saus Padang dan saus tiram.

Udang masak kari memakai udang galah yang besar. Yang kami suka, Kepiting Depok sudah membuka kulit dan membersihkan punggung udang sehingga kami tidak perlu repot menyisihkannya.

Kepiting DepokKepiting Depok Foto: dok. detikFood

Tekstur udangnya masih juicy dengan rasa manis alami. Untuk bumbunya tercium harum kari dengan rasa gurih berempah. Terlihat juga potongan kentang dan daun kari sebagai pelengkap.

Bumbu yang dipakai cukup banyak seperti ketumbar, cabai merah, bawang, kunyit, asam sunti, dan tentu saja santan kental. Pantas saja rasa udang masak kari begitu 'kaya'.

Baca Juga: Mecah Piting: Rela Antre Demi Kepiting Super Jumbo Sebesar Kepalan Tangan

Kepiting Depok merupakan usaha rumahan milik pasangan Reihan dan Akhyar Sulhan. Sejak dua tahun lalu mereka memulai bisnis ini dari sekadar menawarkan ke teman-teman dekat lalu berlanjut promosi di Facebook, Instagram, hingga Twitter.

Kepiting DepokKepiting Depok Foto: dok. detikFood

Tiap minggu, mereka bisa menghabiskan 15 sampai 20 kg kepiting. "Alhamdulillah kami dapat harga khusus dari supplier dgn jaminan bahan baku yang fresh maka kami tetap bisa menyajikan kepiting dengan harga yang terjangkau," ujar Rei saat dihubungi detikFood.

Selama masa pandemi virus Corona, Rei mengaku pesanannya meningkat tajam. "Tiap hari minimal 10 porsi pesanan, itupun saya batasi karena saya nggak sanggup terima semuanya," kata Rei. Ia juga mengatakan banyak mendapat pelanggan baru.

Nah, kalau tertarik memesan Kepiting Depok, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp-nya. Pesanan juga bisa diantar sampai keluar Depok.

Kepiting Depok
Grand Depok City
Instagram: kepiting_depok
WhatsApp: 0811 1779 432 atau 0813 1064 675



Simak Video "Bikin Laper: Kepiting Saus Padang dan Udang Saus Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)