Mecah Piting: Rela Antre Demi Kepiting Super Jumbo Sebesar Kepalan Tangan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 10 Apr 2018 12:10 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Di Tebet, ada tempat makan seafood baru yang sedang hit. Makan langsung di meja, kepiting dan seafoodnya pun dilumuri saus nikmat. Antreannya butuh kesabaran!

Disebut-sebut sebagai 'Cheapest Seafood in the Town', warung makan ini memang menjual aneka seafood dengan harga terjangkau. Jam bukanya dibagi dua kali yaitu siang pada pukul 11.00 sampai 16.00 dan malam pukul 18.00 sampai 22.00.

Datang pada hari Minggu malam, ternyata kami harus mengantre pesanan terlebih dulu. Antreannya cukup panjang, bahkan sekitar 30 menit kami menunggu. Sebelum makan, Anda diwajibkan memesan dan membayar terlebih dulu.

Mecah Piting: Rela Antre Demi Kepiting Super Jumbo Sebesar Kepalan TanganAntrean untuk memesan kepiting di Mecah Piting. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Menunya memang tak banyak. Pilihannya ada mecah piting ukuran S, M dan L, mecah jumbo, mecah super jumbo, mecah udang, mecah cumi hingga mecah kerang. Bisa dilengkapi dengan tumis kangkung dan tumis buncis. Agar lebih kenyang bisa ditambah dengan nasi atau mantau.

Baik kepiting atau seafoodnya bisa dibuat dengan pilihan rasa saus padang, saus mentega dan blackpepper. Bagi yang suka pedas bisa memesan level 1-3. Penasaran kan gimana rasanya?

Berkat rekomendasi dari salah satu teman, akhirnya kami memesan Mecah Super Jumbo Padang (Rp 150.000), Mecah Kerang Mentega (Rp 25.000) dan Mecah Jumbo Blackpapper (Rp 98.000) dengan level kepedasan 2.

Tak perlu menunggu lama, setelah membayar kemudian pesanan diantarkan. Cara memakannya tak menggunakan piring, hanya plastik bening yang ditaruh di atas meja dan kemudian kepiting di tuang untuk dinikmati bersama-sama. Ada dua jenis kepiting lokal yang kami cicip, namun besarnya agak berbeda.

Baca juga: Kepiting Nyinyir : Bisa Makan Seafood Enak di Rumah Tanpa Ribet

Yang tak sabar untuk dicoba adalah Mecah Super Jumbo dengan paduan saus Padang. Ukurannya super besar dengan berat kira-kira 1 Kg lebih. Seperti kepiting Papua, capitnya saja berukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Dilumuri saus Padang, kepiting ini memiliki rasa yang gurih.

Kepiting super jumbo yang capitnya sebesar kepalan tangan. Wow!Kepiting super jumbo yang capitnya sebesar kepalan tangan. Wow! Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Tekstur sausnya agak kental dengan paduan bumbu merah, cincangan bawang putih dan bawang bombay. Sensasi pedasnya terbuat dari pencampuran cabai dan lada. Hmm, cocok dicocol dengan daging yang empuk dan padat. Tak dipecah dengan tang khusus, di sini malah cangkang kepitingnya dihancurkan dengan palu khusus pemecah kepiting.

Wow ketika cangkangnya sudah pecah, terlihat daging yang padat dengan tekstur empuk. Langsung saja cocol dengan sausnya! Meskipun kepitingnya juara karena terasa manis, namun sayangnya bagian kepitingnya kurang panas. Sehingga rasa panasnya hanya didapatkan dari sausnya.

Kalau tak mau kepiting dengan ukuran super besar. Ada juga satu buah kepiting dengan ukuran jumbo yang beratnya sekitar lebih dari 500 gram ini dimasak dengan saus blackpapper. Satu buah kepiting ukuran besar terlihat segar. Tak ada aroma amis yang mencolok, melainkan khas kepiting segar.

Kepiting jumbo dengan saus blackpapper.Kepiting jumbo dengan saus blackpapper. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Sausnya memiliki rasa gurih dengan sensasi lada hitam yang nikmat. Tekstur dagingnya yang empuk dan juga manis, hanya saja lebih kecil dibandingkan dengan kepiting super jumbo. Nyam, saus blackpapper dan daging kepiting ternyata bisa jadi paduan yang pas juga ya. Apalagi ditambah dengan beberapa jenis bumbu seperti bawang bombay sehingga aromanya makin gurih.

Selain kepiting, Anda juga bisa mencicip kerang hijau yang nikmat. Tak seperti saus mentega yang banyak dijual di warung seafood. Mecah kepiting memiliki saus mentega dengan warna kuning. Aromanya memang mentega banget, dengan sensasi rasa yang gurih dan sedikit agak kental.

Mecah Piting: Rela Antre Demi Kepiting Super Jumbo Sebesar Kepalan TanganKerang saus mentega. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Rasanya asin gurih dan enak dicocol dengan kerang hijau yang ukurannya sedang. Kerangnya juga segar, tak ada aroma amis yang terdeteksi. Hmm, enaknya dimakan dengan nasi, kentang atau mantau ya?

Mecah Piting: Rela Antre Demi Kepiting Super Jumbo Sebesar Kepalan TanganRagam menu seafood di Mecah Piting. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Ketiga menu ini bisa dinikmati bersama-sama. Bisa sekitar 3-4 orang lho! Kalau mau lebih hemat, Anda bisa memesan menu spesial alias paket. Kalau malas ke gerainya, bisa juga loh memesan via Go Food. Gimana, tertarik untuk mencoba?

Mecah Piting
Jalan Tebet Barat IX No. 1A
Tebet, Jakarta
Telp: 085773297233

(lus/odi)