Dapur Asix : Huahh! Pedas Enak Ayam Ijo dan Pare Nenek Racikan Keluarga Anang Hermansyah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 31 Jan 2018 12:30 WIB
Foto: Andi Annisa / detikFood Foto: Andi Annisa / detikFood
Jakarta - Keluarga Anang Hermansyah merambah bisnis kuliner. Mereka punya Dapur Asix yang menjual menu rumahan enak seperti ayam ijo dan pare goreng. Semuanya serba pedas!

Setidaknya ada 6 bisnis milik keluarga Anang Hermanysah atau biasa disebut keluarga A6. Mulai dari hijab, produk kecantikan, kue kekinian sampai makanan rumahan khas Indonesia.

Bisnis terakhirnya dinamai Dapur Asix. Asix atau A6 merujuk pada 6 anggota keluarga mereka yang masing-masing namanya berawalan huruf A.
Dapur Asix : Huahh! Pedas Enak Ayam Ijo dan Pare Nenek Racikan Keluarga Anang HermansyahFoto: Andi Annisa / detikFood
Lewat Instagram dapurasix, kami bisa mengintip menu buatan keluarga kompak ini. Ada pare nenek, teri kacang, ayam ijo, peda pete pelangi, rendang rawit, jengkol balado, paru mercon, ikan cakalang hingga sambal asix.

Semua menu ini dijual online dan dikirim via jasa pengiriman paket. Harga menunya bervariasi dengan ukuran yang berbeda-beda. Paling murah ada sambal asix ukuran 125 gram dengan harga Rp 35.000. Sementara yang paling mahal rendang rawit ukuran 500 gram seharga Rp 160.000.

Kami tak melewatkan menu favorit Dapur Asix, Ayam Ijo Asix (Rp 125.000) dan Pare Nenek (Rp 70.000). Ternyata kedua menu ini dikirim dari tempat berbeda sehingga ongkos pengiriman juga dua kali.
Dapur Asix : Huahh! Pedas Enak Ayam Ijo dan Pare Nenek Racikan Keluarga Anang HermansyahFoto: Andi Annisa / detikFood
Saat sampai, makanan dikemas dalam kemasan plastik vakum. Ayam Ijo berupa satu ekor ayam kampung seberat 750 gram berbalut sambal ijo. Nampak ayam terendam dalam sambal ijo yang royal dengan banyak minyak.

Kamipun menghangatkannya sebelum makan agar lebih nikmat. Hmmm.. Ayam ijo menguarkan sedikit aroma daun jeruk. Balutan sambal ijo terlihat jadi lebih kental dan amat menarik selera.

Tekstur daging ayamnya lembut namun padat, khas ayam kampung. Kami bisa puas memilih ingin menyantap bagian ayam yang mana. Paha, ceker, sayap sampai kepala, semuanya ada.

Wah, pedasnya sambal ijo ternyata tak main-main! Menu ini makin nikmat saat disantap bersama nasi hangat.
Dapur Asix : Huahh! Pedas Enak Ayam Ijo dan Pare Nenek Racikan Keluarga Anang HermansyahFoto: Andi Annisa / detikFood
Pare Nenek kabarnya diracik menggunakan resep nenek Ashanty. Tak seperti biasanya, pare dalam stoples 250 gram ini digoreng hingga warnanya hitam. Tekstur pare juga sudah disuwir-suwir. Sekilas mirip daging dengan jejak irisan cabai merah menempel.

Nyamm! Suwiran pare terasa empuk dan gurih. Rasa pahit khas pare masih terasa meski amat tipis. Lagi-lagi, cabainya terasa pedas menggigit!

Rasa pedasnya menurut kami lebih nendang dari ayam ijo. Mengingat menu ini memakai cabai merah. Keduanya memang sangat pas dijadikan lauk nasi hangat.

Kalau tertarik pesan, Anda bisa menghubungi Dapur Asix via online. Menunya bisa diintip di Instagram-nya. Mau ayam ijo atau pare nenek? Pesan, yuk!

Dapur Asix
Instagram: dapurasix
Line: @omz9551g
WhatsApp: 081932111012 atau 081380858483
Jam buka: 09.00-21.00 WIB

(dvs/odi)
Menu Ke-11 : Sup Ikan dan Bola Daging Bisa Jadi Pilihan Menyegarkan

Menu Ke-11 : Sup Ikan dan Bola Daging Bisa Jadi Pilihan Menyegarkan