ADVERTISEMENT

Masakan Rumahan

Resep Nasi Goreng Kampung Enak dan Tips Memasaknya!

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 19 Mei 2021 10:30 WIB
3 Trik Membuat Nasi Goreng yang Sedap dari 2 Penjual Nasi Goreng
Foto: iStock

Tips Membuat Nasi Goreng Kampung

1. Nasi yang Digunakan

Nasi yang digunakan untuk nasi goreng merupakan nasi dari beras pera. Teksturnya tidak pulen dan cenderung kering, sehingga saat digoreng nasi tidak menempel satu sama lain.

Kalau tidak memiliki nasi pera, kamu juga bisa membuatnya dengan nasi sisa kemarin. Nasi putih yang hendak digoreng sebaiknya dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu dan diamkan selama 1-2 jam atau bahkan semalaman.

3 Trik Membuat Nasi Goreng yang Sedap dari 2 Penjual Nasi GorengTips Masak Nasi Goreng Foto: iStock

2. Bumbu Nasi Goreng Kampung

Bumbu nasi goreng kampung menggunakan kecap manis. Selain itu aroma dari nasi goreng kampung juga lebih sedap karena menggunakan terasi.

Rasa gurihnya didapat dari kemiri dalam bumbunya. Jika ingin lebih gurih, bisa ditambahkan ebi yang dihaluskan. Pastikan menumis bumbu hingga matang agar rasanya sedap.

3. Teknik Memasak Nasi Goreng Kampung

Jika ingin menghasilkan nasi goreng yang enak dan sedap, biasanya para penjual nasi goreng menggunakan kompor bertekanan tinggi (high pressure). Karena kompor tersebut mampu membuat nasi goreng lebih cepat matang.

Wajan yang digunakan merupakan wajan wok atau wajan China yang cekung. Agar mudah mengaduk nasi goreng sehingga dengan mudah tercampur rata.

Jika melihat penjual nasi goreng, biasanya mereka menumis bumbu halus dengan api besar. Kemudian setelah matang dan wangi, api dikecilkan dan dimasukkan nasi putih. Setelah itu gunakan lagi api besar untuk mengaduk nasi agar bagian luar nasi renyah garing tetapi bagian dalamnya tetap empuk.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Sayuran ala Resto Chinese Food yang Sedap Buat Sarapan



Simak Video "Lezatnya Nasi Goreng Kambing Daun Jati"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT