Menu Harian Ramadhan Ke-30 : Opor Ayam dan Sayur Gurih Siap Jadi Sajian Lebaran

Devi Setya - detikFood Sabtu, 23 Mei 2020 08:30 WIB
Opor ayam, chicken cooked in coconut milk from Central Java, Indonesia. Served with lontong and sambal. Popular dish for lebaran or Eid al-Fitr Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka
Jakarta -

Sebulan penuh umat Muslim sudah menjalani ibadah puasa. Saatnya menyambut Hari Kemenangan dengan hidangan spesial untuk keluarga tercinta.

Lebaran kurang lengkap tanpa adanya ketupat dan lauk pendampingnya. Meskipun di rumah aja, kamu tetap bisa menyajikan ketupat sayur lengkap dengan sayur gurih, kuah opor dan rendang daging.

Lebaran tahun ini memang akan terasa berbeda karena tak bisa kumpul keluarga besar tapi hidangan enak ini tak akan sia-sia karena akan jadi santapan keluarga inti. Atau kamu juga bisa menjadikannya menu hantaran lebaran untuk keluarga.

1. Sahur : Rendang Padang

-- Foto: Istimewa


Saat Lebaran banyak juga yang menghadirkan rendang sebagai lauk pelengkap. Rendang daging sapi khas Padang yang empuk berbumbu pekat bisa jadi sajian spesial. Dimakan dengan ketupat atau nasi sama-sama menggugah selera.

Memasak rendang haruslah sabar karena prosesnya lama tetapi hasilnya akan sebanding dengan lama waktu memasaknya. Agar sukses masak rendang Padang yang empuk, kamu bisa melihat resep ini.

Baca juga : Rendang Berasal dari Minangkabau, Ini 5 Fakta Menariknya


2. Berbuka puasa : Opor Ayam

Tips Membuat Opor AyamTips Membuat Opor Ayam Foto: iStock


Kurang lengkap rasanya makan ketupat Lebaran tanpa opor ayam. Menu satu ini seolah jadi pelengkap wajib yang bikin selera makan makin lahap. Kamu bisa menggunakan ayam kampung untuk opor ayam yang lebih istimewa.

Daging ayam kampung yang cenderung keras, cocok jika diolah jadi opor. Daging akan terasa empuk dan rasanya lebih gurih. Opor ayam kampung bisa dibuat dengan resep ini.

Baca juga : 3 Resep Opor Ayam Enak dan Tips Membuatnya


3. Makan malam : Sayur Gurih

Sayur gurihSayur gurih Foto: dok. detikFood


Jodohnya ketupat ya sayur gurih pepaya muda. Pepaya muda yang diserut kasar kemudian dimasak dengan aneka bumbu ini juga dikenal dengan sebutan sayur godog. Supaya rasanya gurih nendang, kamu bisa menambahkan udang dalam sayur ini.

Kalau suka pedas, coba tambahkan cabai supaya ada sensasi segar di lidah. Selain pepaya muda, bisa juga menambahkan kacang panjang untuk variasi. Yuk bikin sayur gurih dengan resep ini. Hasilnya dijamin istimewa.



Simak Video "Bikin Ngiler! Mie Sarden Keju, Cocok untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)