Menu Harian Ramadhan ke-17 : Mantap Enak Menu Tempe yang Tinggi Protein

Devi Setya - detikFood Minggu, 10 Mei 2020 08:30 WIB
tempe mendoan Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri, tempe dan tahu kerap jadi lauk andalan ketika harus menghemat pengeluaran. Meski murah, tempe juga bisa jadi hidangan enak.

Tempe yang diolah dari kacang kedelai utuh, mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Apalagi tempe bisa dimasak menjadi berbagai kreasi hidangan enak yang praktis.

Beberapa menu berbahan tempe bisa jadi lauk sahur hingga berbuka puasa. Ada oseng tempe cabai hijau, kering tempe untuk menu sahur dan gurih empuk tempe mendoan sebagai menu berbuka puasa.

Yuk masak kreasi olahan tempe yang murah, enak dan kaya nutrisi.

1. Sahur : Kering Tempe

Cooking Class - TempeCooking Class - Tempe Foto: iStock


Kering kentang dan kering tempe sering jadi andalan saat bersantap sahur. Kering tempe bisa dibuat sekaligus dalam jumlah banyak agar bisa jadi stok selama bulan Ramadhan.

Tempe yang digoreng kering dan garing ini makin enak dibumbui dengan cabai, bawang merah, bawang putih dan gula jawa. Rasa manis pedas tempe kering paling pas jadi lauk sahur. Kamu bisa melengkapinya dengan sayur bening. Resep berikut bisa jadi panduan untuk membuat kering tempe yang enak.

Baca juga : 5 Resep Tempe Rumahan Sederhana yang Murah Meriah


2. Buka Puasa : Tempe Mendoan

tempe mendoantempe mendoan Foto: Istimewa


Tempe mendoan enak bisa dibuat sendiri di rumah lho. Tempe tepung khas Banyumas ini punya ciri khas digoreng mendo alias setengah matang. Disantap hangat saat berbuka puasa, pasti bikin lahap makan.

Tempe mendoan bisa dimakan langsung ataupun dicocol sambal kecap rawit yang rasanya manis pedas gurih. Hadirkan tempe mendoan di tengah keluarga tercinta. Coba resep ini untuk hasil tempe mendoan yang enak.

Baca juga : Resep Tempe Goreng yang Renyah dan Gurih Meresap


3. Makan Malam : Oseng Tempe dan Teri Cabai Hijau

Tempeh, fermented soybean cake, sautéed with green chili and seasoned with Indonesian sweet soy sauce. Popular as side dish for many Indonesian rice dishes such as Nasi Uduk Betawi. The tempeh is plated on an oval ceramic plate; which then placed on traditional bamboo tray. Foto: iStock


Makan malam dengan nasi putih hangat ditemani lauk tempe cabai hijau memang tak ada duanya. Apalagi ditambah asin gurih ikan teri yang menambah kenikmatan.

Oseng tempe dan teri cabai hijau ini bisa jadi pilihan makan malam mantap. Lauk sederhana ini juga praktis dibuat dan pastinya murah meriah. Resep oseng tempe dan teri cabai hijau bisa dilihat di sini.




Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat