ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadhan ke-16 : Lahap Makan Nasi Gurih Berlauk Ikan Asin

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 09 Mei 2020 08:30 WIB
Resep ramadhan Philips : Nasi Gurih Ikan Asin
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Berhemat di masa pandemi bukan berarti harus berhenti makan enak. Masak saja nasi gurih ikan asin yang murah meriah dan bikin makan jadi lahap.

Menu nasi gurih ini bisa dibuat dengan mengandalkan rice cooker. Lengkapi juga dengan ikan jambal roti yang ditumis dengan bawang merah, bawang putih dan irisan cabai rawit.

Untuk menu buka puasanya coba bikin kroket kentang isi telur. Camilan ini bisa dibuat hanya dengan bahan utama kentang dan telur. Rasanya yang gurih bisa jadi teman berbuka puasa yang juga cocok untuk si kecil.

Sementara untuk menu sahurnya, coba olah kentang sebagai pengganti nasi. Kamu bisa membuat kentang keju brokoli yang gurih creamy.

Berikut inspirasi menu sahur dan berbuka puasa yang bisa dibuat di rumah.

1. Sahur : Kentang Keju Brokoli

kentang panggangkentang panggang Foto: iStock


Menu berbahan kentang ini bisa jadi pilihan kalau bosan makan sahur dengan nasi. Sesekali manjakan lidah dengan makanan cita rasa Eropa. Paduan kentang, brokoli dan keju siap jadi menu sahur menggoda.

Aroma keju yang dipanggang membuat hidangan ini bikin semangat makan sahur. Karbohidrat pada kentang juga membuat perut kenyang lebih lama. Menu ini bisa dibuat malam hari jadi saat sahur hanya perlu memanaskannya sebentar. Lihat resep ini untuk kentang keju brokoli yang lezat.


Baca juga : Ini Resep Rahasia Kentang Goreng a la Fast Food yang Gurih Crispy


2. Berbuka puasa : Kroket kentang

Kroket kentangKroket kentang Foto: Getty Images/iStockphoto


Kalau biasanya kroket diberi isian ragout maka kroket yang satu ini berbeda karena isiannya telur cincang. Lengkapi kroket dengan wortel cincang agar kamu mendapat asupan vitamin dan serat dari sayuran.

Camilan buka puasa yang gurih ini bisa dibuat sore hari sambil ngabuburit di dapur. Dengan resep ini, kamu bisa bikin kroket telur yang gurih dan mudah dibuat.

Baca juga : 7 Resep Nasi Goreng yang Endeus dan Bikin Ketagihan


3. Makan malam : Nasi Gurih Ikan Asin

Resep ramadhan Philips : Nasi Gurih Ikan AsinResep ramadhan Philips : Nasi Gurih Ikan Asin Foto: Ari Saputra/detikcom


Jangan sedih kalau hanya punya beras dan ikan asin, kamu bisa bikin sajian enak dan murah meriah dengan dua bahan utama ini. Prosesnya juga mudah karena dimasak menggunakan rice cooker.

Untuk membuat nasi gurih yang harum, lengkapi dengan santan, daun salam dan serai. Tumis juga ikan asin dengan bawang merah, bawang putih dan cabai. Hmm... makan malam pasti lahap dengan nasi gurih yang beraroma harum.



Simak Video "Beragam Pilihan Takjil di Jalan Kebon Kacang Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT