Sahur dan Buka di Rumah Aja

Menu Harian Ramadhan ke-12 : Hidangan Serba Tahu Untuk Sahur dan Buka Puasa

Devi Setya - detikFood Selasa, 05 Mei 2020 08:30 WIB
tahu Foto: doc. detikfood
Jakarta -

Masakan murah meriah berbahan tahu bisa juga jadi menu enak lho. Ada tahu gimbal dan orak-arik tofu yang cocok disantap saat sahur atau berbuka puasa.

Dengan modal tahu putih, kamu bisa membuat sepiring tahu gimbal yang gurih enak. Hidangan berbuka puasa ini sekaligus mengobati kangen buat kamu yang tidak bisa mudik ke Semarang.

Racikan tahu berikutnya yang cocok jadi menu sahur adalah orak-arik tofu sosis. Kamu tinggal menambahkan irisan sosis sapi maka hidangan ini makin tampak menggoda. Selain enak, menu satu ini juga mudah dibuat jadi pas diolah sebelum sahur.

Sementara menu makan malamnya kamu bisa pilih tofu siram daging pedas. Kalau tak punya daging, kamu bisa menggantinya dengan ayam cincang. Meski sederhana, hidangan gurih pedas ini bisa bikin makan jadi makin semangat.

Berikut pilihan resep Ramadhan serba tahu yang bisa jadi rekomendasi.

1. Sahur : Orak-arik tofu sosis

tahutahu Foto: doc. detikfood


Cuma butuh waktu 15 menit untuk membuat racikan tahu yang satu ini. Kamu juga hanya membutuhkan bahan utama tofu dan sosis sapi. Supaya makin kaya nutrisi, kamu bisa menambahkan irisan wortel dan lettuce sebagai sumber vitamin dan serat.

Santap hangat dengan sepiring nasi pulen, protein dari tahu siap untuk menjaga stamina selama berpuasa. Apalagi menu yang satu ini juga terbilang murah meriah. Yuk masak orak-arik tofu sosis dengan resep ini.

Baca juga : 5 Resep Tahu Goreng Enak Buat Ngemil Sore


2. Buka Puasa : Tahu Gimbal

Kupat Tahu, traditional Javanese Food from Magelang, Central Java, Indonesia. The food combine tofu with rice cake, mixed with dilute peanut sauce. We can ask the spicy level. Foto: iStock


Buka puasa dengan tahu gimbal komplet yang dilengkapi gimbal udang atau bakwan udang memang sulit ditolak. Apalagi tahu dan gimbal ini diguyur dengan saus kacang yang rasanya manis pedas dan gurih.

Tahu gimbal banyak dijual di Semarang, kalau kangen kampung halaman bisa buat tahu gimbal ini saat berbuka puasa. Cara membuatnya juga mudah, ikuti saja resep ini.

Baca juga : Resep Tahu : Tahu Krispi Cabe Garam


3. Makan Malam : Tofu Siram Daging Pedas

tahutahu Foto: doc. detikfood


Kalau punya stok tofu di lemari es, coba masak jadi tofu siram daging pedas. Rasanya nikmat karena diolah dengan racikan bumbu ala oriental.

Kalau suka pedas, tofu ini bisa diolah dengan tambahan irisan cabai rawit merah. Kamu juga bisa menambahkan aneka sayuran agar menu ini lebih sehat dan kaya serat. Yuk berkreasi dengan resep ini.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)