Menu Harian Ramadhan ke-6 : Pedas Segar Sahur dengan Dori Sambal Matah

Devi Setya - detikFood Rabu, 29 Apr 2020 08:30 WIB
Ikan Dori Goreng Sambal Matah Foto: detikfood
Jakarta -

Masih semangat puasa kan? Hidangan spesial saat sahur dan berbuka bisa jadi penyemangat puasa. Seperti sahur dengan dori goreng sambal matah.

Rasa hidangan yang gurih dan pedas, secara tidak langsung akan membuat selera makan meningkat. Kamu bisa jadikan sambal matah sebagai pelengkap santap sahur.

Nah untuk menu berbuka puasa, kamu bisa menghadirkan minuman segar nan manis seperti summer breeze. Sensasi dingin minuman ini dijamin bikin tenggorokan langsung basah dan segar.

Untuk menu makan malamnya, ada nasi liwet sederhana yang harum pulen. Seporsi nasi liwet hangat akan semakin menggoda jika disantap dengan ikan teri goreng dan oseng cabai. Lengkapi juga dengan sambal terasi dan lalapan.

1. Menu sahur : Dori Sambal Matah

Ikan Dori Goreng Sambal MatahIkan Dori Goreng Sambal Matah Foto: detikfood


Selain enak dibuat jadi fish and chips, daging ikan dori juga bisa disajikan dengan cita rasa lokal. Kamu tinggal menambahkan sambal matah yang diguyur di atas ikan dori goreng berlapis tepung.

Kombinasi cabai, bawang dan irisan daun jeruk pada sambal matah dijamin bikin sahur jadi semangat. Apalagi ditambah guyuran minyak panas serta sedikit perasan jeruk nipis. Sahur praktis dengan dori sambal matah bisa di buat dengan resep ini.

2. Menu berbuka : Summer Breeze

summer breeze 2Tangsummer breeze 2Tang Foto: dok. detikFood


Kalau bosan minum lemon tea, kamu bisa menyiasati racikan teh dengan campuran jeruk manis. Minuman segar yang dikenal dengan sebutan summer breeze ini makin semriwing dengan adanya tambahan daun mint yang segar.

Sensasi dingin manis dan legit teh hitam siap menghidrasi tubuh. Buat sendiri sirup jeruk agar rasa minuman lebih segar dan terjamin sehat tanpa tambahan pemanis buatan. Yuk buka puasa dengan segelas summer breeze yang resepnya bisa dilihat di sini.

Baca juga : Sedap! Resep Nasi Liwet Sederhana dan Mudah Dibuat di Rumah


3. Menu makan malam : Nasi Liwet

nasi liwet teri pedasnasi liwet teri pedas Foto: detikfood


Harum sereh, daun salam dan santan pada racikan nasi liwet siap memanjakan selera usai seharian menahan lapar. Nasi liwet hangat akan semakin nikmat jika disantap dengan tumis teri pedas.

Meskipun sederhana dengan lauk ikan teri, nasi liwet ini bisa bikin diet kamu gagal. Hati-hati kalap. Resep ini bisa diandalkan untuk membuat nasi liwet sedap. Oiya, selain untuk makan malam, nasi liwet juga cocok jadi hidangan sahur praktis. Selamat mencoba!



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)