Menu Harian Ramadhan ke-5 : Berbuka dengan Nasi Kebuli yang Harum Pulen

Devi Setya - detikFood Selasa, 28 Apr 2020 08:30 WIB
resep philips basi kebuli Foto: detikfood
Jakarta -

Perpaduan aroma rempah dan kaldu ayam bikin nasi kebuli terasa istimewa. Santap setelah buka puasa bersama keluarga di rumah aja.

Takjil manis seperti klapertart siap memanjakan lidah usai berbuka puasa. Apalagi ditambah aroma manis dari taburan bubuk kayu manis yang bikin rasanya makin autentik.

Untuk menu sahurnya bisa pilih kering udang tempe super praktis. Menu satu ini bisa dibuat banyak sekaligus jadi saat sahur tinggal panaskan sebentar. Disantap dengan nasi hangat, menu satu ini dijamin bikin semangat.

Berikut pilihan resep Ramadhan yang siap memanjakan lidah dan selera.

1. Sahur : Kering Udang Tempe

Kering Tempe UdangKering Tempe Udang Foto: detikfood


Selain kentang musthofa, Anda bisa menjadikan kering udang tempe sebagai stok makanan sahur. Buat sekaligus dalam porsi banyak agar bisa disantap dengan mudah. Cukup simpan kering udang tempe dalam wadah bersih kedap udara.

Lauk kering kaya protein ini juga dimasak dengan bumbu pedas manis yang bikin selera makan bertambah. Atur tingkat kepedasan sesuai dengan selera agar tetap cocok jadi santapan sahur tanpa mengganggu urusan perut. Resep praktis kering udang tempe bisa dilihat di sini.

2. Buka puasa : Klapertart

KlappertaartKlappertaart Foto: iStock


Kudapan manis asal Manado ini tak pernah gagal menggoda. Paduan susu, telur, butter, kacang kenari dan kelapa muda siap membelai lidah dengan teksturnya yang lembut. Apalagi ditambah taburan bubuk kayu manis dan kopi yang menambah harum sedap klapertart.

Tak usah khawatir akan sulit membuat kudapan ini, karena Anda bisa mengolahnya di rumah. Klapertart paling enak disajikan dingin sebagai takjil teman berbuka puasa. Obati rindu dengan resep klapertart praktis ini.

Baca juga : Ini Pilihan Takjil yang Bisa Kamu Siapkan Saat Berpuasa Nanti


3. Makan malam : Nasi Kebuli

resep philips basi kebuliresep philips nasi kebuli Foto: detikfood


Usai menyantap takjil dan sholat Maghrib, saatnya menikmati hidangan berat. Rekomendasi kali ini ada nasi kebuli komplet dengan ayam dan bumbu rempah berlimpah.

Berbagai rempah seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, bunga lawang dan kari bubuk dijamin bikin makan makin lahap. Kalau tak mau repot, masak nasi kebuli dengan rice cooker saja. Yuk coba masak nasi kebuli dengan resep ini.


Baca juga : Nasi Gurih hingga Nasi Gemuk, Ini 5 Nasi Berbumbu Tradisional



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)