Hari Anak Sedunia, Ini 7 Daftar Makanan Sehat untuk Anak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 20 Nov 2020 15:00 WIB
Hari Anak Sedunia, Ini 7 Daftar Makanan Sehat untuk Anak Foto: Getty Images/chee gin tan
Jakarta -

Hari Anak Sedunia jatuh pada hari ini. Guna mendukung tumbuh kembang anak secara optimal, ini daftar makanan sehat untuk anak yang bisa jadi panduan orang tua.

Hari Anak Sedunia diperingati setiap 20 November. Menilik sejarahnya, Hari Anak Sedunia dirayakan pertama kali tahun 1954, berdasarkan resolusi PBB Nomor 836 (XI).

Tujuan peringatannya adalah untuk mempromosikan cita-cita dan tujuan Piagam PBB serta kesejahteraan anak-anak sedunia.

Membicarakan kesejahteraan anak sudah tentu berkaitan dengan pemenuhan nutrisi mereka. Selayaknya orang tua memberikan makanan bergizi untuk mendukung tumbuh kembang mereka.

Ada 7 makanan sehat untuk anak yang direkomendasikan pakar kesehatan. Nutrisi-nutrisi di dalam makanan ini mampu menunjang berbagai kebutuhan anak di masa pertumbuhannya.

Dikutip dari Eating Well (20/10), inilah 10 daftar makanan anak yang sebaiknya diberikan orang tua secara rutin:

1. Yogurt

Hari Anak Sedunia, Ini 7 Daftar Makanan Sehat untuk AnakHari Anak Sedunia, Ini 7 Daftar Makanan Sehat untuk Anak Foto: Getty Images/chee gin tan

Yogurt bisa jadi menu sarapan atau snack andalan untuk anak. Ahli gizi Katie Andrews menjelaskan yogurt bersifat mengenyangkan. Selain itu mengandung protein serta vitamin D yang asupannya sering kali kurang pada anak.

Bonus lainnya, yogurt merupakan sumber probiotik alias bakteri baik yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan anak. Sebagai saran, pilih yogurt yang tidak mengandung gula tambahan. Kemudian sajikan bersama potongan buah segar atau sereal gandum untuk menambah nutrisinya.

2. Kacang-kacangan

Makanan sehat untuk anak selanjutnya adalah kacang-kacangan. Bahan makanan ini tinggi kandungan protein dan serat. Harganya juga murah dan mudah untuk disiapkan.

Beberapa jenis kacang yang bisa jadi pilihan adalah kacang tanah, kacang hijau, almond, kacang kedelai, kacang merah, dan kacang polong. Orang tua bisa mengolahnya sebagai makanan favorit anak seperti ditambahkan dalam sup, salad, atau bubur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3