Agar si Kecil Melahap Habis Bekalnya dan Sehat, Ini Satan Ahli Nutrisi

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 23 Jul 2018 17:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selamat Hari Anak Nasional 2018! Selain berhak dilindungi, anak-anak juga wajib dapatkan gizi baik. Salah satunya adalah dengan bekal sekolah yang sehat.

Makanan yang mengandung gizi lengkap bisa menunjang kecerdasan otak anak. Makanan ini bisa disajikan dalam menu bekal sekolah si kecil. Beberapa ahli gizi berpendapat bahwa ada makanan cocok digunakan sebagai bekal dengan kandungan gizi yang optimal.

Mau membuat bekal sekolah anak yang enak dan sehat, ini beberapa pilihannya.

Baca juga: Tak Ada Waktu? Ikuti Tips Praktis Membuat Bekal Sehat dari Chef Ini!

1. Edamame

Agar si Kecil Melahap Habis Bekalnya dan Sehat, Ini Satan Ahli NutrisiFoto: iStock

Edamame atau kedelai Jepang ini mengandung vitamin dan serat. Menurut seorang profesor klinis dan ahli diet terdaftar di Arizona State University, Ricky Hall mengurangi makanan tinggi gula dan sodium sangat dianjurkan untuk anak.

Edamame jadi salah satu solusi untuk menyiapkan pilihan makanan sehat. Edamame diberikan dalam bentuk sudah dikupas sebagai camilan pengganti kacang goreng. Atau ditumis dengan daging atau sebagai campuran sup.

2. Buah

Agar si Kecil Melahap Habis Bekalnya dan Sehat, Ini Satan Ahli NutrisiFoto: iStock

Menu makan siang harus mengandung komponen nutrisi seperti karbohidrat, protein dan lemak. Katie Serbinski, ahli diet terdaftar sekaligus pendiri Mom to Mom Nutrition juga menyarankan melengkapi dengan ragam buah, sayuran dan protein yang sehat.

"Anak saya yang prasekolah biasanya diberi camilan berupa gandum utuh dan saya pun suka membekalinya buah kesukaannya seperti apel, anggur dan pisang. Sedangkan sayuran seperti irisan mentimun, paprika merah dan wortel," jelasnya.

Berikan buah bergantian setiap hari. Kupas lalu potonglah kecil-kecil hingga mudah dimakan. Makin beragam buah makin beragam nutrisi yang didapat anak.

3. Menu bento

Agar si Kecil Melahap Habis Bekalnya dan Sehat, Ini Satan Ahli NutrisiFoto: iStock

Luch box atau bento box selalu menarik perhatian anak. Tata atau susun makanan semenarik mungkin. Misal apel dibentuk jadi kupu atau badut. Atau telur dan nasi dibuat beragam bentuk.

Di pasaran banyak aneka bentuk cetakan nasi, cetakan puding dan cetakan pancake. Bentuk karakter kartun, binatang hingga buah.

4. Menu lengkap

Agar si Kecil Melahap Habis Bekalnya dan Sehat, Ini Satan Ahli NutrisiFoto: iStock

"Latar belakang saya di bidang nutrisi telah mengajarkan saya bahwa anak-anak perlu makanan yang bergizi yang dapat berpengaruh untuk prestasi akademis dan fisik. Konsumsi makan siang yang sehat juga bisa memberikan energi yang tahan lama," jelas Rosenbloom.

Makan siang sebaiknya terdiri dari sayuran, buah dan gandum utuh. Selain itu, protein tinggi seperti ayam, ikan dan telur juga sangat baik untuk pilihan protein sehat.

5. Rasa, tekstur dan variasi

Agar si Kecil Melahap Habis Bekalnya dan Sehat, Ini Satan Ahli NutrisiFoto: iStock

Selain harus bernutrisi, makanan bekal juga harus bervariasi baik tampilan maupun rasanya. Berikan kesempatan anak memilih makanan yang mereka suka.

Jika jam sekolahnya panjang, sebaiknya selain bekal makan siang perlu juga dibawakan bekal camilan. Bisa berupa potongan buah segar, puding atau biskuit gandum yang mudah dimakan. Bisa dilengkapi dengan susu atau jus buah segar.

Baca juga: 10 Bento Lucu dan Menggemaskan Ini Bisa Jadi Inspirasi Bekal Si Kecil (lus/odi)