Hari Bekal Nasional

Tak Ada Waktu? Ikuti Tips Praktis Membuat Bekal Sehat dari Chef Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 12 Apr 2016 18:59 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Menyiapkan bekal bisa jadi salah satu hal yang merepotkan. Tapi semuanya bisa Anda atasi dengan cara persiapan bahan makanan yang berbeda. Ikuti saja tips chef ini!

Masyarakat urban kini semakin malas untuk berlama-lama siapkan makanan di dapur. Hal ini dikarenakan, jalanan yang sudah mulai macet dan sempitnya waktu di pagi hari. Dengan begini, tentu para pekerja akan lebih memilih untuk membeli makanan di luar. Padahal, membeli makanan di luar juga tak menjamin kebersihan dan juga kesehatan makanan tersebut.

Untuk menyiasati hal ini, Anda dapat mempersiapkan bahan makanan pada hari sebelumnya. "Anda bisa membuat ayam ungkep. Ayam yang sudah dibumbui bisa disimpan dalam lemari es kira-kira tiga hari dan waktu pagi hari bisa langsung digoreng ataupun dihangatkan menggunakan microwave," tutur Yuda Bustara saat ditemui beberapa waktu lalu oleh detikFood di Modena.



Dengan aktivitas yang padat, Yuda mengaku sering memasak bekal dan dimasukkan ke dalam kotak makan dan disimpan dalam chiller. Makanan ini biasanya dimasak setengah matang dan bisa disimpan dalam chiller hingga 14 jam sehingga saat ingin dikonsumsi, cukup dimasukkan ke dalam microwave.

"Kalau mau bikin pasta, Anda juga bisa membuat sebelumnya dengan cara direbus dan disimpan dalam wadah. Keesokan harinya Anda cukup mencelupkannya dalam air panas dan juga dicampur dengan saus dan dipanaskan," jelas chef yang gemar membuat makanan praktis ini.



Bekal yang dibawa tidak hanya dapat mengenyangkan tapi juga harus sehat. Sehingga sayuran tidak boleh Anda lewatkan. "Nah, kalau sayuran sebaiknya dimasak dalam keadaan fresh," jelas Yuda.

"Agar sayuran tetap segar, sebaiknya cuci bersih sayuran dan kemudian simpan dalam wadah berongga yang sudah dialasi dengan tisu agar sayuran tidak mudah lembek. Dan paginya bisa diolah menjadi salad dengan menambahkan aneka saus," tambah Yuda.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com