Si Kecil Suka Rewel Saat Makan? Atasi dengan 10 Cara Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 04 Des 2017 17:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Membuat anak makan sehat tentu perlu dibiasakan sejak kecil. Dengan cara ini, anak akan menerima dengan mudah makanan sehat. Bagaimana caranya?

Sebagai seorang ibu, tentu Anda khawatir dengan kebiasaan makan anak-anak. Selalu disarankan untuk memulainya dari awal agar tak sulit mengenalkan makanan sehat. Makanan sehat tentu sangat berperan penting dalam hal pengembangan otak dan tubuh si kecil.

Baca juga: Anak Perlu Asupan 10 Makanan Sehat Agar Maksimal Tumbuh Kembangnya (1)

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda, untuk meminimalisir si 'picky eater' yang sering menolak makanan. Apa saja tipsnya?

1. Porsi kecil

Jika Anda menyajikan makanan dalam porsi besar, kebanyakan anak-anak bukan ingin mencobanya tapi justru malah ingin menyingkirkannya. Beri si kecil dengan porsi yang umum dan praktis. Alih-alih memberi sepiring nasi, mulailah dengan seperempat piring. Jika si kecil menginginkannya kembali, Anda bisa memberi piring berisi nasi kedua.

Dengan porsi kecil, Anda tak akan membuang banyak sisa makanan jika si kecil tak menyukainya.

Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat Si Kecil dengan 10 Cara Praktis IniFoto: Thinkstock

2. Nikmati makanan bersama

Ketika anak-anak melihat Anda dan keluarga menikmati makanan yang sama, secara tak langsung ia akan terbiasa dan ingin mencobanya. Dengan cara ini diharapkan si kecil dapat meniru perilaku makan orang dewasa di rumah dan juga mengonsumsi makanan lebih banyak.

3. Sajikan makanan di jam sama
Anak menyukai dan merespon dengan baik segala rutinitas yang berjalan konsisten. Jangan terlalu sering mengganti jadwal makan. Berikan makanan pada anak di jam yang sama setiap hari.

Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat Si Kecil dengan 10 Cara Praktis IniFoto: iStock

4. Batasi susu
Begitu anak sudah berusia di atas satu tahun, susu bisa dibatasi yaitu sekitar 400-450 ml per hari. Di usia ini anak-anak bisa lebih fokus diberikan makanan padat lebih banyak dengana jenis yang bervariasi. Susu bisa disajikan di antara jam makan.

5. Rasa dan tekstur yang berbeda
Banyak ibu yang memasak makanan sama karena takut anak menolak untuk menerima makanan baru. Padahal, anak-anak perlu dikenalkan dengan beragam makanan baru agar lebih dapat mengeksplor tekstur dan juga rasa dari makanan. Buat makanan dalam bentuk yang berbeda dengan menambahkan bahan untuk memberikan rasa yang berbeda.

Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat Si Kecil dengan 10 Cara Praktis IniFoto: iStock

6. Masak makanan sendiri
Dorong anak Anda untuk menikmati makanan yang dimasak sendiri di rumah setiap hari. Batasi junk food dengan memberikannya seminggu sekali. Siapkan camilan sehat seperti ubi goreng, olahan sayuran, banana muffin dibandingkan dengan kentang goreng, pizza dan burger yang mengandung tinggi kalori dan minim serat.

7. Siklus makanan
Kenalkan dan masak semua jenis makanan mulai dari sayuran hingga lentil. Ini sama halnya dengan buah-buahan. Pemberian makanan yang bervariasi bisa cegah kebosanan dan memberikan zat nutrisi lengkap setiap harinya.

8. Cukup air putih
Pastikan anak mendapatkan cukup air setiap harinya. Idealnya, untuk anak usia 3 sampai 4 tahun membutuhkan sekitar 1 liter air setiap hari.

Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat Si Kecil dengan 10 Cara Praktis IniFoto: iStock

9. Hindari gula berlebih
Batasi gula dan maknaan berminyak sedini mungkin. Agar si kecil tak ketergantungan dengan makanan manis. Terlalu banyak konsumsi makanan manis bisa membuat si kecil kelebihan berat badan.

10. Tidur
Pastikan si kecil memiliki pola tidur yang cukup minimal 10-11 jam setiap hari. Dengan tidur yang cukup si kecil akan tumbuh dengan sehat dan cenderung tak rewel.

Baca juga: Berikan 7 Makanan Sehat dan Enak Ini Agar Anak Tetap Sehat (lus/lus)