Berikan 7 Makanan Sehat dan Enak Ini Agar Anak Tetap Sehat

Lucia Essy Heriana, Lucia Essy Heriana - detikFood Selasa, 12 Jan 2016 10:11 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

​Jenis makanan makin banyak di pasaran. Tidak semua makanan aman diberikan pada anak usia 6 bulan hingga 18 bulan. Makanan apa yang aman dan sehat buat mereka?​

Anda dapat ​menyajikan makanan sehat untuk ​anggota keluarga.​ Bukan hanya untuk merangsang fungsi mulut, gigi, dan indera perasanya, makanan ini dapat penuhi nutrisi ​mereka. ​​Berikut ini rekomendasi​ She Knows (11/1)​, makanan sehat untuk seluruh keluarga​.

Foto: Thinkstock

1. Bayam
Semangkuk bayam rebus memiliki kandungan kalsium setara dengan secangkir susu. Tidak hanya itu, si kecil juga akan mendapatkan zat besi yang ia butuhkan. Selain itu bayam juga memiliki kandungan vitamin A dan C. Anda dapat menambahkan daun bayam yang masih segar di dalam pie atau sup, bahkan mencampurkannya dalam smoothie.

Foto: Thinkstock

2. Ikan
Ikan mengandung asam lemak yang baik untuk tubuh. Ikan juga termasuk salah satu sumber asam lemak seperti omega 3. Setidaknya Anda harus memperikan ikan pada ​anak​ satu minggu sekali. Memasaknya pun mudah,​hanya perlu 15-30 menit untuk memasak ikan.​

Foto: Thinkstock

3. Almond
Satu cup almond memiliki kalsium lebih dari secangkir susu. Almond mengandung kalsium dan zat besi yang dibutuhkan si kecil. Tidak hanya itu, almond juga mengandung asam lemak. Untuk bayi dan anan yang baru belajar berjalan, Anda dapat memperkenalkannya melalui susu almond ​segar​ atau menaburkannya di​ ​atas oatmeal.

Foto: Thinkstock

4. Nasi merah
Memang sulit mengubah kebiasaan makan nasi putih dengan nasi merah. Cara terbaik adalah berhenti untuk membeli nasi putih dan beralih ke nasi merah. ​Konsumsi nasi merah akan membantu melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan energi, dan vitamin.

5. Biji wijen
Taukah Anda bahwa satu cup biji wijen mengandung 144 g kalsium yang setara dengan secangkir susu sapi? Taburkan biji wijen pada sala​d​, roti untuk si kecil, dan sayur rebus.

Foto: Thinkstock

6. Buah
Anda dapat memberikan buah​ pada anak​, dua atau tiga macam buah. Buah tidak hanya kaya akan vitamin dan serat, tetapi mengandung antioksidan yang dapat melindungi pori-pori dari polusi hingga kanker.

Foto: Thinkstock

7. Buah kering
Selain buah segar, berikan buah kering setidaknya sekali dalam sehari. Kaya akan antioksidan, vitamin seperti vitamin A, dan sumber mineral yang baik seperti zat besi dan potassium. Jadikan kismis dan buah kering lainnya menjadi camilan segari-hari yang mudah di bawa pergi maupun dinikmati di rumah.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com