Karena Sarapan Ini Anak-anak Belanda Jadi Cerdas

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 20 Jun 2017 10:19 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Nasi goreng dan roti tawar isi selai sering jadi sarapan anak. Anak-anak di Belanda juga punya menu sarapan khas yang bikin mereka cerdas.

Tiap negara punya sarapan khas yang juga diracik untuk anak-anak. Berupa pancake, waffle, sandwich, nasi dan lauk atau roti bakar.

Di Belanda anak-anak umumnya diberi sarapan 'hagelslag'. Roti tawar beroles mentega atau margarin dan ditaburi chocolate sprinkle yang dikenal sebagai meisjes.

Roti tawar dengan paduan meisjesRoti tawar dengan paduan meisjes (Foto: iStock)
Sarapan ini juga tak asing bagi anak-anak Indonesia. Karena warisan pemerintah kolonial, anak-anak Indonesia dari golongan menengah juga kenal roti isi cokelat ini.

Tetapi apakah memberi cokelat yang manis di pagi hari baik buat anak-anak? Menurut treehugger (16/6), menu tersebut justru berefek baik bagi anak-anak di Belanda.

Baca Juga : Anak Tak Cukup Hanya Sarapan Nasi dan Telur Saja

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan Oxfam pada tahun 2014. Belanda menduduki tempat teratas dari daftar konsumsi makanan yang bernutrisi, cukup jumlahnya dan sehat, di antara 125 negara lainnya. Swiss dan Prancis menduduki posisi kedua, sementara Amerika menduduki posisi 21.

Anak-anak Belanda tidak mengalami masalah obesitas meskipun mereka makan makanan manis, berlemak dan makan roti tawar putih setiap pagi saat sarapan.

Sarapan dengan roti dan meisjesSarapan dengan roti dan meisjes (Foto: treehugger)
Menurut Rina Mae Acosta dan Michele Hutchison, ibu sekaligus penulis buku 'The Happiest Kids in the World: How Dutch Parents Help Themselves (and Their Kids) by Doing Less', rahasianya tarletan pads keluarga. Sebanyak 85% anak-anak Belanda sarapan sebum sekolah dan biasanya bersama keluarga.

Baca Juga: Si kecil rewel Saat Sarapan, 5 Makanan Ini Bisa Jadi Pilihan Menu si Kecil

Sarapan mengurangi keingan jajan makanan tak sehat di siang hari dan mengurangi risiko obesitas pada anak. Selain itu ngobrol dengan keluarga di pagi hari membuat mereka lebih bahagia dan sehat.

Meskipun makan roti tawar putih dan cokelat dianggap kurang sehat tetapi suasana keluarga yang nyaman membuat mereka lebih bahagia.

Lagi pula anak mana yang tak mau duduk manis dengan meja makan? Jika diberi sarapan hagelslag, roti bertabur cokelat manis. Bukan hanya jenis makanan yang penting tetapi juga bagaimana anak menikmati sarapannya. (lus/odi)