Alpukat dan Yogurt, Makanan Sehat yang Baik Diperkenalkan pada Bayi

Annisa Trimirasti - detikFood Senin, 05 Sep 2016 07:52 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Selain ASI bayi juga perlu diperkenalkan dengan makanan lunak. Pilihkan makanan sehat yang bisa menunjang tumbuh kembangnya.

Orangtua baru sering bingung dengan banyaknya pilihan makanan untuk si kecil. Selain saatnya harus tepat pemilihan jenis makanan yang sesuai dengan alat cerna bayi juga penting.

Jenis makanan bayi akan berubah selama tahun pertama,sesuai dengan pertambahan usia dan kebutuhan nutrisinya. Namun, ada beberapa konsisten dan dapat dijadikan panduan. Seperti dilansir dari thedailymeal.com (30/8/16) makanan ini bisa jadi pilihan sehat buat si kecil.

1.Alpukat
Lemak tak jenuh pada alpukat membantu perkembangan otak dan komposisi kimianya mirip ASI. Alpukat juga mudah ditumbuk dan aman untuk bayi mulai dari usia 4 atau 6 bulan. Sebagai bonus, jika alpukat untuk bayi Anda sisa, Anda bisa mengolahnya menjadi guacamole.

2.Ayam
Daging ayam, dalam potongan kecil atau cincang halus, merupakan sumber protein dan zat besi untuk bayi yang baru mulai makan makanan padat. Kadar zat besi alami menurun pada usia sekitar 6 bulan, dan daging tanpa lemak seperti ayam bisa menjadi pilihan tepat untuk perkenalkan mineral dalam asupan bayi.

3. Labu kuning
Labu kuning yang lembut dan manis sangat ideal untuk bayi. Bisa dipanggang atau dikukus. Dijadikan campuran sup, nasi tim atau bubur saring. Namun, karena punya kandungan nitrat tinggi, bayi baru boleh makan setelah usia 3 bulan.

4.Lentil

Kacang lentil mirip kacang hijau. Ada beragam jenis. Jika direbus kacang ini akan sangat lunak, mudah dilumatkan. Bisa dicampurkan dalam sup, nasi tim atau diblender halus sebagai bubur.

5.Prune
Sembelit umum terjadi pada bayi yang baru mulai makan makanan padat. Prune segar yang rasanya manis dapat membantu atasi sembelit. Karena lembut dan manis bayi akan menyukainya.

6.Yogurt
Yogurt dapat memberi kalsium, vitamin D, dan probiotik yang bermanfaat bagi saluran pencernaan bayi. Tunggu bayi hingga usia 6 bulan ke atas untuk diberi yogurt. Pilih yogurt original tanpa tambahan gula. (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com