Bekal Sekolah Sehat

Smoothies dan Infused Water Bisa Jadi Pilihan Pelengkap Bekal

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 22 Jul 2016 14:50 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Bekal Sekolah Sehat
Jakarta - Susu menjadi salah satu minuman yang sering diberikan pada anak. Campuran buah dan sayur juga bisa jadi minuman enak untuk bekal sekolah.

Minuman yang wajib diberikan selain susu adalah air putih. Karena hampir 80 persen tubuh terdiri dari cairan sehingga air mineral dibutuhkan sebagai penghidrasi tubuh yang optimal.

Mengonsumsi air mineral secara terus menerus dapat membuat anak merasa bosan. Sesekali, Anda bisa bantu menghidrasi tubuh si kecil dengan meracik minuman dari buah segar sebagai berikut ini.

1. Smoothies
Smoothies yang terbuat dari campuran aneka buah dan susu bisa jadi minuman favorit si kecil. Buah-buahan seperti strawberry, pisang dan ditambahkan dengan sedikit madu bisa menambah energi si kecil.

Tak harus diminum saat makan siang, smoothies yang juga mengenyangkan juga bisa diminum saat jam tanggung sekitar jam 10. Dengan mengonsumsi smoothies yang manis dan sehat ini bisa menambah daya konsentrasi si kecil saat belajar.

2. Jus buah
Jus buah 'ready to drink' tidak disarankan, akan tetapi untuk jus buah homemade yang terbuat dari buah asli boleh diberikan pada si kecil. Jus jeruk yang asam manis bisa dimasukkan ke dalam botol, selain itu juga jus semangka yang segar bisa dipadukan dengan perasan jeruk atau lemon dan ditambahkan madu sehingga rasanya lebih segar.

3. Air mineral
Sebaiknya bawakan bekal air putih. Selain menghilangkan dahaga secara optimal, air putih juga menjadi minuman yang tepat untuk menghidrasi tubuh. Air putih akan efektif menggantikan keringat dan air yang terbuang selama beraktivitas.

Air juga bebas kalori dan lemak, sehingga tak masalah jika si kecil meminumnya dalam jumlah banyak. Jika Anda ingin memberikan air pada anak, pastikanlah air tersebut merupakan air mineral yang terjamin kebersihannya. Atau air yang dimasak sendiri dari sumber air yang terjamin kebersihannya.

4. Infused water
Infused water bisa dipilih jika si kecil bosan dengan air yang tak berasa. Untuk membekali si kecil dengan infused water Anda bisa membuatnya pada malam sebelumnya. Potongan lemon, strawberry atau buah apel bisa dijadikan sebagai isian. (lus/odi)
FOKUS BERITA Bekal Sekolah Sehat

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com