Ragam Breakfast dan Brunch

Kentang Lumat Brokoli dan Burger, Sarapan si Kecil yang Enak Bernutrisi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 19 Okt 2015 17:18 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Menyiapkan sarapan untuk si kecil perlu trik khusus. Menu sarapan haruslah menarik seleranya sekaligus menyehatkan. DetikFood (19/10) telah merangkum aneka resep anak yang sehat seperti berikut.

Menu sarapan si kecil wajib mengandung 3 zat gizi yaitu karbohidrat, serat, dan protein. Pemenuhan zat gizi tersebut akan membuat si kecil lebih aktif dan konsentrasi saat belajar di sekolah.

1. Orak-arik makaroni daging

Jika si kecil bosan nasi, coba buat orak-arik makaroni daging sebagai menu sarapan. Karbohidrat dalam makaroni dapat menggantikan nasi. Paduan daging cincang dan keju memenuhi kebutuhan protein hariannya. Ada juga serat dan vitamin dari wortel dan buncis. Hmmm.. dijamin si kecil akan menyukainya! Intip resepnya di sini.

2. Mie kocok telur

Alih-alih menyajikan mie instan, coba buat mie kocok telur yang lebih sehat. Mienya merupakan mie telur yang dipadukan dengan telur, daging ayam cincang, dan sayuran. Rasanya sudah pasti lebih enak dan nutrisinya lebih lengkap. Cek bahan dan cara membuatnya di sini.

3. Bubur jagung dan hati ayam


Sajian ini menggunakan jagung manis sebagai pengganti nasi. Penambahan hati ayam dan buncis membuat bubur makin sehat. Untuk membuatnya diperlukan jagung manis, susu cair, bawang putih, cincangan hati ayam kampung, buncis, dan garam. Ikuti langkah pembuatannya di sini.

4. Kentang lumat brokoli

Si kecil doyan kentang? Coba buat kentang lumat brokoli. Kentang diolah bersama brokoli, daging ayam, dan wortel. Tak hanya enak, sajian ini sudah pasti bergizi. Untuk membuatnya, cukup siapkan kentang, brokoli, wortel, daging ayam cincang, bawang putih, dan susu formula. Cek resep lengkapnya di sini.

5. Ubi daging cincang



Selain kentang, ubi adalah umbi-umbian yang bisa diolah jadi sarapan lezat untuk si kecil. Ubi kuning yang sudah di rebus dapat diolah bersama wortel, bayam, dan daging sapi. Sajikan hangat agar si kecil makin lahap. Klik di sini untuk melihat resepnya.

6. Healthy kid's burger


Sekali-kali sajikan burger untuk menu sarapan si kecil. Patty burger diracik sendiri menggunakan daging sapi dan lemak sapi giling. Penambahan wortel dan sawi putih menambah kenikmatan burger ini. Lihat resep lengkapnya di sini.

(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com