Soto Kebo WARSO: Uniknya Soto Daging Kerbau dan Mangut Manyung Super Pedas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 24 Mar 2021 12:00 WIB
Soto Kebo WARSO: Uniknya Soto Daging Kerbau dan Mangut Manyung Super Pedas Foto: detikfood

Cita rasa soto kerbau

Soto Kebo WARSO: Uniknya Soto Daging Kerbau dan Mangut Manyung Super PedasSoto Kebo WARSO: Uniknya Soto Daging Kerbau dan Mangut Manyung Super Pedas Foto: detikfood

Taugenya terasa renyah dan daging kerbaunya super empuk. Daging kerbau ini dipotong kotak-kotak dan agak tebal, namun jumlahnya sedikit mengingat porsinya yang memang kecil.

Menurut kami, cita rasa daging kerbau tak ubahnya daging sapi hanya saja sedikit lebih berserat. Rasa 'dagingnya' juga lebih kuat.

Setiap hari Soto Kebo WARSO bisa menghabiskan dua potongan daging kerbau berukuran besar yang didatangkan dari pemasok. Hal ini disampaikan salah satu pegawai rumah makan pada detikfood (20/3).

Pihaknya lalu membuat kuah soto kerbau dalam kuali super besar. Kuah ini direbus terus menerus dan bisa dijadikan stok dua hari.

Baca Juga: Tauto hingga Soto Kerbau, Kuliner Unik dan Sedap di Jalur Pantura

Kenikmatan mangut manyung

Soto Kebo WARSO: Uniknya Soto Daging Kerbau dan Mangut Manyung Super PedasSoto Kebo WARSO: Uniknya Soto Daging Kerbau dan Mangut Manyung Super Pedas Foto: detikfood

Tak hanya soto kerbau, rumah makan ini juga menawarkan berbagai masakan rumahan khas Jawa Tengah. Ada mangut manyung, opor ayam, gudeg, iga gongso, buntil, dan banyak lainnya.

Semua lauk sudah matang dan disajikan di baskom besar. Pengunjung yang tertarik mencoba bisa langsung mengambilnya sendiri secara prasmanan.

Begitupun dengan nasi hangat di rice cooker, bisa diambil sesuai selera. Kamipun tertarik mencicipi mangut manyung yang terkenal di sini.

Nasi ikan manyung dibanderol Rp 25 ribu. Ukuran ikan manyungnya cukup besar. Teksturnya agak keras karena melalui proses pengasapan.

Meski begitu, aroma dan rasa 'smoky' yang khas menambah kelezatan ikan manyung. Apalagi setelah disiram kuah santan yang pedas gurih.

Huahh! Rasa pedasnya nendang karena diselipi potongan cabai rawit merah di dalam kuah.

Seporsi nasi plus mangut manyung terasa nikmat karena kami memadukannya dengan sayur lodeh dan jengkol yang empuk pulen.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com