Dapur Oma Poppy: Bisa Makan Enak Khas Suroboyo di Sini

Riska Fitria - detikFood Rabu, 26 Feb 2020 12:00 WIB
dapur oma poppy review kuliner Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Makanan khas Surabaya yang gurih pedas sering bikin kangen. Di tempat ini ada rawon, rujak cingur hingga bakwan Malang yang sedap mantap.

Makanan khas Jawa Timur mudah ditemui di Jakarta. Beberapa restoran justru sudah legendaris karena puluhan tahun menjual makanan jawa Timur. Bukan hanya restoran tetapi banyak rumah makan dan warung tenda yang punya sajian autentik Jawa Timur.

Di kawasan Dharmawangsa, ada restoran baru yang menawarkan menu berupa aneka makanan khas Jawa Timur. Namaya Dapur Oma Poppy. Meskipun tak menyandang nama Jawa, bahkan memakai nama bule, restoran ini menarik disinggahi.

Restorannya berada di lantai GF, The Dharmawangsa Square. Restorannya tampak cantik dengan dominasi warna pastel yang cerah. Semakin cantik dengan hiasan bunga yang menghiasi sudut restoran. Kesannya jauh dari gaya Jawa Timuran yang biasanya sarat dengan pernik kayu.

Dapur Oma Poppy: Bisa Makan Enak Khas Suroboyo di SiniSuasana di Dapur Oma Poppy Foto: dok. detikFood

Tawaran menu di daftar menunya banyak pilihan yang menggoda selera. Rupanya menunya merupakan cerminan masakan gaya Nyonya Suroboyo. Makanan khas Surabaya seperti rujak cingur, soto ayam, rawon, tahu telur, tahu campur hingga beragam brengkesan (pepes) tersedia.

Baca Juga: Uenake Poll! 5 Tahu Tek Legendaris Ini Wajib Dicicipi Saat Ke Surabaya

Sedangkan makanan gaya kolonial atau tempo doeloe juga tersedia. Mulai dari galatin komplet, sup merah, semur lidah dan bistik lidah. Ditambah beragam olahan telur asin. Ditambah aneka kue-kue kuno hingga jajan pasar, teh dan kopi. Wah, kok semuanya menggoda ya?

Kami mengawali santapan dengan Bakwan Surabaya Komplit (Rp. 79.000). Menu jajanan kaki lima populer ini tak lain adalah bakso kuah komplet. Bakwan adalah sebutan khas Malang untuk bakso. Satu porsi Bakwan Surabaya Komplit berisi empat buah bakso sapi, mie bihun, tahu bakso, tetelan, siomay udang ayam dan pangsit goreng.

Dapur Oma Poppy: Bisa Makan Enak Khas Suroboyo di SiniBakso Malang di Dapur Oma Poppy Foto: dok. detikFood

Baksonya kenyal gurih daging. Tahu baksonya lembut dengan olesan daging yang kenyal. Sedangkan siomay udang ayamnya yang paling juara. Teksturnya kenyal dan padat dengan rasa gurih udang dan ayam yang enak. Kaldunya yang bening dengan rasa gurih yang pas makin enak dengan tambahan minyak bawang putih yang wangi.

Menu khas nyonya Surabaya Nasi Keemoy (Rp. 69.000) pun menggoda untuk dicicipi. Makanan gaya peranakan Jawa ini terdiri dari nasi putih yang diberi topping cincangan kasar daging ayam kampung dan bakso udang serta telor kecap. Kalau biasanya nasi bakmoy hanya nasi diberi topping potongan ayam kecap dan telur kecap, di sini ditambah bakso udang.

Dapur Oma Poppy: Bisa Makan Enak Khas Suroboyo di SiniNasi Keemoy di Dapur Oma Poppy Foto: dok. detikFood

Bumbu kecap pada daging ayamnya terasa gurih dengan manis yang pas. Disiram kaldu yang bening rasanya jadi mantap. Yang paling enak adalah bakso udangnya yang kenyal dengan rasa udang segar yang padat. Porsinya juga pas mengenyangkan.

Hidangan khas nyonya lainnya adalah lontong cap go mey ala Oma Poppy (Rp 69.000). Racikan lontong opor gaya China Jawa ini disajikan dengan kuah melimpah. Ada sambal goreng jipang, opor ayam, potongan lontong lengkap dengan daging semur dan taburan kedelai bubuk.

Baca Juga: Cerita Di Balik 2 Sate yang Legendaris dan Inovatif di Kota Pahlawan

Lontongnya lembut, paduan sambal goreng, opor dan bubuk kedelai membuat rasa kuahnya manis, manis, pedas dan gurih, khas lontong cap go meh. Bisa dibilang racikannya autentik cap go meh.

Dapur Oma Poppy: Bisa Makan Enak Khas Suroboyo di SiniLontong Cap Gomeh di Dapur Oma Poppy Foto: dok. detikFood

Untuk menyegarkan tenggorokkan, kami memesan Es Campur Oma Poppy (Rp. 59.000). Es campur disajikan dengan gaya Surabaya. Dengan isian berupa es serut dengan buah-buahan seperti alpukat, kelapa, nangka, nata decoco, pacar cina, kolang kaling dan cincau.

Es campur tersebut kemudian dikucuri sirup tjampolay dan kental manis yang menambah kesegaran tersendiri. Warna-warni pada isian es campur juga membuat tampilannya menjadi cantik. Rasa manisnya pas buat membilas rasa gurih di tenggorokan.


Dapur Oma Poppy
The Darmawangsa Square Ground F
Jl. Darmawangsa VI
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telepon : (021) 72787050
Jam Buka : 10.30 - 20.30
6 Attachments



Simak Video "Cita Rasa Khas Surabaya di Resto Bergaya Kolonial "
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)