Raja Uduk : Gurihnya Nasi Uduk Pontianak dengan Iga Bakar Berdaging Tebal

Devi Setya - detikFood Selasa, 11 Des 2018 10:35 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Kalau biasanya nasi uduk populer dengan gaya Betawi maka di sini ada nasi uduk Pontianak yang gurih dan khas. Makin nikmat disantap dengan iga bakar dan ayam goreng.

Jangan kaget, nasi uduk bukan hanya kuliner khas Betawi saja. Di Pontianak juga ada nasi uduk khas yang tak kalah gurih. Tak perlu datang langsung ke Pontianak, cukup sambangi restoran yang ada di bilangan Tebet ini.

Namanya Raja Uduk Pontianak, dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau resto ini pastinya menawarkan sensasi rasa nasi uduk yang berbeda.

Raja Uduk : Gurihnya Nasi Uduk Pontianak dengan Iga Bakar Berdaging TebalFoto: Dok. detikFood

Resto nasi uduk ini terbilang besar, ada area smoking dan area berpendingin udara. Perkiraan kami, resto berkonsep kasual ini bisa menampu menampung hingga 100 pengunjung.

Aroma gurih yang keluar dari sela dapur membuat kami ingin segera memesan menu andalan di sini. Tak seperti nasi uduk Betawi yang disajikan bersama semur, maka nasi uduk Pontianak dihidangkan dengan berbagai lauk pilihan seperti iga bakar, ayam goreng, ikan nila atau ikan asin.

Kami tergoda menu andalannya yakni Paket Raja Iga Bakar (Rp 54.500) seporsi paket ini berisi dua nasi uduk yang dibungkus daun pisang, iga bakar, tahu dan tempe bacem serta sambal.

Raja Uduk : Gurihnya Nasi Uduk Pontianak dengan Iga Bakar Berdaging TebalFoto: Dok. detikFood

Nasi uduk terbungkus daun bentuk kerucut, begitu dibuka aroma gurih nasi uduk langsung tercium harum menggoda selera. Apalagi lamat-lamat berpadu dengan aroma bawang goreng dan harum daun pisang. Meskipun tersaji dua bungkus tapi porsi nasi uduk di sini terbilang sedang saja.

Tak sabar, kami langsung saja menyambar nasi uduk ini. Hmm gurih manis menjadi rasa dominan nasi uduk ini. Yang membuatnya berbeda ternyata dari penggunaan santannya.

Seorang pegawai menginformasikan pada kami kalau santan yang dipakai berasal dari kelapa yang ditanam di pesisir Pontianak. Jadi secara rutin resto ini mendatangkan kelapa Pontianak untuk menjaga kualitas rasanya. Mantap!

Oiya sebagai lauk pelengkap, iga bakar yang disajikan juga tak kalah juara. Dua potong iga sapi berdaging tebal ini punya rasa manis gurih dengan tekstur yang lembut. Tak perlu pakai emosi saat menggigit atau mengunyah dagingnya.

Selain iga, kami juga memesan paket nasi uduk dengan ayam goreng. Tak jauh berbeda dengan ayam goreng biasa, hanya saja ini bisa jadi pilihan makan siang yang lebih hemat. Seporsi paket ayam goreng ungkap ini harganya Rp 26.000.

Raja Uduk : Gurihnya Nasi Uduk Pontianak dengan Iga Bakar Berdaging TebalFoto: Dok. detikFood

Selain ayam goreng, paket ini juga dilengkapi dengan tahu dan tempe bacem serta sambal. Nah, ada lagi yang unik dari sambalnya. Rasanya pedas nendang dengan sensasi rasa terasi yang gurih.

Puas makan, kami memesan segelas es teh eksotis (Rp 9.000). Sluuurp! Teh manis ini disajikan dengan sebatang kayu manis, irisan jeruk lemon dan selasih. Rasa dan aromanya jadi lebih menggoda, paduan manis asam dan aromatik dari kayu manis membuat es teh ini cocok jadi pelega dahaga.

Raja Uduk : Gurihnya Nasi Uduk Pontianak dengan Iga Bakar Berdaging TebalFoto: Dok. detikFood

Selain menu tersebut, ada juga pilihan lainnya seperti nasi uduk dengan ayam penyet, tumis kangkung, ikan asin balado, nasi merah kampong dan segelas es lidah buaya. Gimana, tergoda dengan rasa nasi uduk Pontianak?

Raja Uduk Pontianak
Jl. Tebet Barat IV No. 6
Tebet, Jakarta Selatan
Telepon : 08118440101 (lus/odi)