Chicking: Mantap! Paduan Ayam Panggang dan Nasi Biryani ​Khas​ Fast Food Dubai

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Jan 2018 12:30 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Resto fast food asal Dubai ini tawarkan ayam panggang dan nasi biryani sebagai menu andalan. Ada juga burger ayam tandoori yang sedap berempah. Nyamm!

Jika Amerika punya McDonald's atau KFC, di Dubai ada Chicking yang terkenal. Konsepnya fast food dengan menu andalan ayam panggang (grilled chicken), meski ada juga ayam goreng tepung (fried chicken).

Chicking didirikan tahun 2000 oleh pengusaha India, MR. A.K. Mansoor di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Resto bernuansa merah ini lalu membuka gerai di 8 negara lain dengan mengusung makanan halal sebagai keunggulan.

Pertengahan Mei 2017, Chicking buka gerai pertama di Indonesia tepatnya di Royal Plaza Surabaya. Menyusul pada 27 Oktober 2017, Chicking hadir di Qbig BSD. Menempati area yang sama dengan supermarket Timur Tengah, LuLu Hypermarket.

Seperti resto fast food lain, selain fried chicken di sini ada burger, chicken nugget dan kentang goreng. Namun diberi sentuhan Timur Tengah seperti burger dan chicken nugget tandoori. Menu lainnya ada kebab dan spaghetti.

Chicking: Mantap! Paduan Ayam Panggang dan Nasi Biryani Khas Fast Food DubaiFoto: Dok. detikFood

Untuk pilihan hemat, Chicking tawarkan menu paket beserta nasi/kentang goreng dan minum. Kami tak melewatkan Chicking Combo 1 (Rp 34.545) yang terdiri dari nasi biryani, ayam panggang dan kopi Arab. Menu ini diklaim sehat karena memakai nasi yang rendah gula dan menyertakan ayam yang dipanggang, bukan digoreng.

Nasi biryani menebar aroma harum berempah saat dibuka. Buliran beras basmati-nya terasa lembap dengan butiran cengkeh dan kapulaga terselip di antaranya. Soal cita rasa, tekstur Nasi Kuning Arab ini empuk tapi tidak pulen. Jejak rempahnya juga tak terlalu kuat sehingga cocok bagi kebanyakan lidah orang Indonesia.

Yang istimewa adalah ayam panggang Chicking. Sekilas tampilannya mirip ayam panggang gaya Minang. Warnanya cokelat gelap dengan banyak bumbu menempel. Huahh! Ayam panggang ini ternyata cukup pedas. Tak ada rasa rempah yang menonjol selain gurih.

Saat dilahap bersama nasi biryani, rasanya mantap! Oh iya, meski tersedia saus sambal dan saus tomat, menurut kami ayam panggang ini sudah enak tanpa cocolan.

Chicking: Mantap! Paduan Ayam Panggang dan Nasi Biryani Khas Fast Food DubaiFoto: Dok. detikFood

Tak lengkap ke Chicking tanpa cicip Tandoori Burger Sandwich (Rp 45.455). Nampak bun burger mengapit fillet ayam goreng tepung. Pelengkapnya ada bubuk tandoori berwarna kemerahan di permukaan fillet, cincangan selada, irisan tomat dan mayonnaise.

Nyamm! Roti burgernya empuk dengan fillet ayam goreng tepung yang renyah gurih. Pemakaian bubuk tandoori memberi cita rasa rempah yang khas dengan sengatan sedikit pedas. Namun rasa tandoori tak terlalu dominan sehingga jika Anda bukan pencinta bumbu India ini masih bisa melahap burger tandoori.

Chicking: Mantap! Paduan Ayam Panggang dan Nasi Biryani Khas Fast Food DubaiFoto: Dok. detikFood

Royal Wrap (Rp 23.636) tak ubahnya kebab. Lembaran tortilla mengapit potongan fillet ayam goreng tepung. Pelengkapnya ada cincangan selada dan mayonnaise. Gurih, padat dan empuk! Bisa jadi pilihan kalau Anda sedang tak ingin makan nasi.

Chicking: Mantap! Paduan Ayam Panggang dan Nasi Biryani Khas Fast Food DubaiFoto: Dok. detikFood

Santapan kami tutup dengan menyeruput Kopi Arab. Kopi hitam ini dicampur potongan kapulaga sehingga aromanya harum dengan rasa pahit kuat. Cocok bagi pencinta kopi hitam.

Chicking: Mantap! Paduan Ayam Panggang dan Nasi Biryani Khas Fast Food DubaiFoto: Dok. detikFood

Kalau mau yang segar ada Dubai Breeze (Rp 18.182). Mocktail ini memadukan segarnya soda, potongan jeruk nipis dan daun mint. Bisa pilih rasa apel atau markisa yang merujuk pada penambahan sirup Dubai Breeze.

Kami tak salah memilih markisa. Minuman ini benar-benar menyegarkan dengan perpaduan asam manis yang dominan. Sangat pas membilas mulut usai menyantap hidangan berempah.

Nah, kalau Anda mampir ke LuLu Hypermarket di BSD, jangan lewatkan makan di Chicking. Restoran ini juga punya cabang di Mall@Bassura City.

Chicking
QBig BSD City, Lantai Ground, Jl. BSD Raya Utama
Telepon: 021 80826726

(lus/odi)