Awang Kitchen: Mencicip Ayam Kremes dan Bakso "Rasa New York" Buatan Awang

Latif Harnoko - detikFood Selasa, 31 Okt 2017 11:45 WIB
Foto: Awang Kitchen Foto: Awang Kitchen
New York - Mendapat pujian dari The New York Times. Awang Kitchen sajikan menu Indonesia yang sudah terbukti kelezatannya. Ada ayam kremes hingga bakso yang gurih sedap!

Berkunjung ke New York, Anda dapat mengobati kerinduan masakan Indonesia di sini. Bernama Awang Kitchen, restoran Indonesia ini baru buka pada bulan Maret lalu di wilayah Elmhurst, Queens.

Baca juga: Ini 7 Restoran di Luar Negeri yang Jual Masakan Indonesia!

Awang Kitchen, restoran Indonesia yang ada di New York.Awang Kitchen, restoran Indonesia yang ada di New York. Foto: detikFood


Dari bagian depan restoran ini tampak sederhana dengan tulisan Awang Kitchen 'Indonesia Asian Fusion and Sushi Bar'. Interior bagian dalam tampak modern dengan paduan nuansa cokelat dan putih yang memberikan kesan hangat. Jika melihat menunya, pasti Anda akan merasa seperti berada di Indonesia. Soto tangkar, soto Betawi, coto Makassar, seblak jeletot, pisang bakar, bakso, batagor, combro, rujak juhi, ketoprak hingga sate kambing bisa dinikmati di sini.

Walaupun masih terbilang baru, namun restoran milik Siliwanga alias Awang ini sudah masuk dalam ulasan The New York Times yang berjudul "A Journey Through Indonesian Favorites at Awang Kitchen in Elmhurst, Queens" sebagai restoran Asia khas Indonesia yang enak.

Bukan hal yang mudah untuk bisa berada di posisi saat ini. Awang datang ke New York pada tahun 2000, ia adalah anak asli Betawi yang memulai karirnya sebagai pegawai restoran di Amerika. Awang pun pernah bekerja sebagai tukang cuci piring dan memiliki pengalaman kerja di restoran selama 14 tahun.

Siliwanga, pemilik restoran Awang Kitchen di New York.Siliwanga, pemilik restoran Awang Kitchen di New York. Foto: detikFood

Kerinduannya pada makanan Indonesia membuat bapak tiga anak ini akhirnya membuka sebuah katering makanan Indonesia rumahan. Usaha katering yang awalnya hanya diperuntukkan bagi keluarga dan komunitasnya di New York ini dimulai sejak delapan tahun lalu.

Awang tidak memiliki ilmu formal soal memasak. Ia mengenal dunia kuliner dari keluarga dan sang ayah yang mantan chef. Suami dari Herlianti Darmawan ini juga mahir membuat gado-gado dan ketoprak karena ibunya hobi memasak. "Bahan-bahan tidak sulit di sini dan mudah didapatkan. Hanya beberapa saja yang sulit seperti bumbu dapur temu mangga, apabila salah satu menu menggunakan bumbu dapur tersebut. Saya rasa kenikmatannya hanya 95 persen," jelas Awang.

Akan tetapi, menu lainnya Awang menjamin rasanya akan sama enaknya dengan aslinya. Nikmatnya tidak berkurang!

Ayam goreng kremes yang enak dinikmati bersama sambal.Ayam goreng kremes yang enak dinikmati bersama sambal. Foto: Awang Kitchen

Salah satu menu yang wajib Anda coba adalah ayam kremes dan bakso. Jika datang ke sini saat lapar, langsung saja pesan Ayam Goreng Kremes ($ 9,49 atau Rp 66.800). Ayam kremesnya menggunakan jenis hard chicken yang dimarinasi dengan beragam rempah dan di presto sehingga tekstur dagingnya empuk.

Disajikan hangat-hangat, daging ayamnya berwarna kecokelatan dengan paduan kremesan yang dihasilkan dari bumbu rebusan ayam yang disangrai. Makin pas dipadu dengan nasi hangat dan sambal yang diracik dengan cabai rawit merah dan terasi. Mantap!

Bakso tennis dengan paduan kuah gurih racikan Awang.Bakso tennis dengan paduan kuah gurih racikan Awang. Foto: Awang Kitchen

Butuh kehangatan? Semangkuk Bakso Tennis ($9.49 atau Rp 66.800) memang terbilang "Maknyus". Baksonya dibuat dengan adonan daging sapi yang komposisinya dibuat dengan 90 persen daging dan 10 persen lemak. Dipadu dengan lebih banyak daging sapi, bakso di sini terasa lebih 'daging' sehingga cocok dinikmati dengan mie telur, bihun, tahu goreng dan yu choy atau sawi hijau.

Sluurp! Apalagi disiram dengan kuah kaldu gurih dan dilengkapi dengan taburan bawang goreng dan daun seledri. Dijamin nikmat!

Menurut Edi, pengunjung sekaligus pengusaha transportasi asal Indonesia yang tinggal hampir 20 tahun di New York ini juga menjadi salah satu pelanggan setia restoran ini. Menurutnya, restoran ini cocok dilidahnya dan juga bisa sebagai obat rindu terhadap masakan Indonesia. Edi sangat menyukai rujak juhi, ayam kremes dan gado-gado di sini.

Nah, bagi anda yang rindu makanan khas Indonesia di New York, tak ada salahnya untuk mampir dan mencoba Resto Awang Kitchen. Mari mampir!

Baca juga: Nyuus! Gurihnya Kambing Bakar dan Dendeng Balado di Restoran Milik Bos First Travel di London

Awang Kitchen
8405 Queens Blvd #1C
Elmhurst, New York
Buka: 11.00-22.00
Telp: +1 347-492-9264

(lus/odi)