Canteen Bintaro: Sedap Mengenyangkan Nasi Bali Komplet dan Mie Godok Jawa

Maya Safira - detikFood Rabu, 14 Des 2016 12:50 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Nasi Bali hingga Mie Godok Jawa jadi santapan enak untuk makan siang mengenyangkan. Semua bisa dinikmati di tempat ini.

Tidak sulit mencari makanan di Bintaro. Ada berbagai kafe dan resto di wilayah Tangerang Selatan ini. Salah satunya adalah Canteen Bintaro yang berlokasi di Sektor 7.

Saat sedang berada di Bintaro, kami mencari tempat makan yang punya sajian Indonesia yang mengenyangkan. Seorang temanpun mengajak mampir ke Canteen Bintaro. Letaknya di Ruko Kebayoran Arcade 2, masih satu area dengan IND.USTRIE.

Dari depan tampilannya tidak terlalu tampak seperti tempat makan. Apalagi pintunya tertutup. Baru ketika masuk ke dalam, nampak interior bergaya industrial dengan sentuhan unfinished.

Canteen Bintaro: Sedap Mengenyangkan Nasi Bali Komplet dan Mie Godok JawaFoto: Detikfood


Di bagian tengah terdapat mini bar yang disusun dari batu bata. Uniknya bagian luar meja bar itu dihias dengan coretan-coretan rumus kimia dan matematika. Memang dilihat dari susananya, tempat ini cocok untuk tempat nongkrong anak muda.

Menu makanan yang ditawarkan berupa menu populer yang cukup beragam. Misalnya saja Soto, Pecel Komplit, Tumis Kangkung, Lele Goreng, Bebek Goreng, Rawon, Nasi Timbel hingga Gurame Bakar. Kami tak menduga ada banyak makanan tradisional karena agak kontras dengan interior restoran.

Tersedia juga beberapa menu Barat. Seperti Rolade, Dory with French Fries, Mozzarella Stick Pasta dan Sandwich.

Kamipun memesan Nasi Bali (Rp 28.000) dan Mie Jawa Godok (Rp 22.000). Keduanya merupakan andalan restoran dan banyak jadi favorit.

Nasi Bali bisa dipesan memakai nasi putih maupun nasi merah. Racikan nasi rames khas Bali ini disajikan lengkap. Ada nasi merah, ayam bumbu Bali, urap, dan sate lilit. Tak ketinggalan pelengkap sambal matah.

Canteen Bintaro: Sedap Mengenyangkan Nasi Bali Komplet dan Mie Godok JawaFoto: Detikfood


Kami mulai menyantap sajian nasi campur ini dari olahan ayamnya. Sepotong dada ayam diberi bumbu berwarna kekuningan. Jejak ulekan cabai tampak pada permukaan ayam. Aromanya gurih sedap.

Ayam berbumbu pedas gurih dengan jejak sedikit manis. Rasa paduan santan, kunyit dan cabai menambah kenikmatan sajian. Daging ayamnya juga empuk. Sajian ini terasa nikmat. Agak mengingatkan kami akan gulai ayam.

Dua potong sate lilit juga jadi teman makan nasi Bali. Permukaannya agak kering dengan isi cincangan daging yang lembut. Terasa rasa kencur, ketumbar, kunyit, dan daun jeruk. Tapi bumbunya sedikit asin bagi lidah kami.

Pada permukaan sate lilit terdapat sambal matah. Ada irisan bawang merah, cabai rawit dan daun jeruk. Rasanya pedas segar. Menambah selera makan.

Nasi Bali makin komplet dengan urap. Di sini urap dibuat dari kacang panjang, tauge dan kangkung. Bumbunya mirip serundeng kelapa yang kering berwarna kecokelatan. Rasanya agak manis. Lauk-lauk tersebut terasa enak disuap bersama nasi hangat. Porsinya juga pas.

Selanjutnya kami mencoba semangkuk Mie Godok Jawa. Aroma gurih kaldu langsung terasa menghampiri hidung.

Mie godok kuah ini diberi aneka topping sayuran. Pada permukaannya menyembul telur orak-arik, kol, daun bawang, dan tomat. Terdapat juga suwiran ayam didalamnya.

Canteen Bintaro: Sedap Mengenyangkan Nasi Bali Komplet dan Mie Godok JawaFoto: Detikfood


Kuah kaldu yang berwarna putih agak keruh terasa begitu gurih. Cecapan rasa kemiri cukup kuat dari sajian ini. Mie telur yang digunakan juga terasa lembut mulur. Sedap dimakan bersama kuah hangat. Tapi lama kelamaan rasa kuah agak terlalu gurih bagi kami. Sehingga perlu diimbangi pemakaian pendamping acar segar. Terbuat dari potongan timun, wortel dan irisan cabai.

Bagi yang ingin menutup santapan dengan dessert, Canteen Bintaro punya beberapa pilihan. Antara lain Roti Bakar, Pisang Cokelat Keju, Pisang Bakar Cokelat Keju, Pisang Goreng Caramel, dan Roll Tape.

Jika sedang berada di Bintaro, Canteen bisa jadi tujuan makan siang yang mantap. Mampir yuk!

Canteen Bintaro
Ruko Kebayoran Arcade 2 Blok B2 No. 26
Bintaro Sektor 7
Tangerang Selatan
Telp: 021-29237880 (msa/odi)
Load Komentar ...